Restoran Cepat Saji Turut Lestarikan Lingkungan

Isu yang paling di prioritaskan oleh perusahaan dalam melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka adalah isu lingkungan. Hal ini mencuat lantaran meningkatnya bukti-bukti bahwa perubahan iklim disumbangkan terutama oleh sebab-sebab antropogenik, dan perusahaan memainkan peran yang sangat signifikan di dalamnya.

Maka dari itu green sebagai way of life ramai digalakan oleh perusahaan. Upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk berkomitmen dunia bisnis dalam menjaga kelestarian lingkungan. Seperti aksi yang dilakukan oleh PT Sarimelati Kencana. Sebagai perusahaan yang menaungi Pizza Hut dan PHD (Pizza Hut Delivery), setidaknya ada 4 inisiatif yang sudah dilakukan oleh Pizza Hut dan PHD untuk membuat dunia yang lebih hijau.

“Kami menyadari bahwa lingkungan global saat ini berada dalam fase yang sangat kritis, dimana pemanasan global semakin terasa dampaknya. Oleh klarena itu, Pizza Hut dan PHD bertekad untuk terus melakukan sesuatu demi menyelamatkan lingkungan, kami juga berharap Pizza Hut Cinta Negeri ini dapat menyadarkan lebih banyak orang mengenai pentingnya usaha-usaha penyelamatan lingkungan,” kata President Direktur PT. Sarimelati Kencana Sthepen McCharty

Inisiatif-inisiatif yang dikemas dalam sebuah kampanye hijau yang bertajuk Pizza Hut Cinta Negeri ini adalah pengurangan carbon print dengan memaksimalkan penggunaan bahan-bahan dari dalam negeri seperti sayur masyur, daging, buah-buahan lokal. Aktivitas lain adalah dengan penggunaan kantong plastik ramah lingkungan.

Dalam tiga tahun terakhir, Pizza Hut dan PHD telah menggunakan plastik dengan bahan baku Oxium yang dapat terurai dalam waktu satu sampai dua tahun. PHD juga tengah mencoba untuk menggunakan polimer yang terbuat dari serat singkong dan glycerin bernama enviplast yang dapat terurai dalam waktu tiga hingga enam bulan.

Program menarik lainnya yang dilakukan adalah dengan mendukung CSR Danone Aqua dalam pemberdayaan pemulung di daerah Tangerang Selatan, Bandung, dan Bali, dimana mereka mengambil botol-botol plastik aqua hasil penjualan di restoran Pizza Hut yang nantinya didaur ulang. Pada tanggal 27 April 2013 lalu, PT. Sarimelati Kencana telah mengadopsi pohon di daerah Cidahu-Sukabumi. Sebanyak 250 pohon telah ditanam.

Upaya-upaya serupa dalam pelestarian lingkungan juga ditunjukkan oleh restoran cepat saji ternama asal Amerika Serikat, Kentucky Fried Chicken (KFC). KFC telah memberdayakan petani untuk menanam padi organik yang bebas kimia dan sehat. Hasil panen petani organik dapat dijual ke KFC di atas harga pasar (Lestari Tanah Sejahtera Petani Kecil).

Selain itu, KFC telah berusaha keras meminimalkan penggunaan barang-barang yang sekali pakai dan menggunakan packaging yang dapat di daur ulang (recycleable). Contohnya, KFC Indonesia masih menggunakan piring keramik (minimum wastage). Tidak menggunakan stereofoam Biodiesel, pengolahan minyak bekas menjadi bahan bakar ramah lingkungan.

Untuk mendukung program pemerintah dalam menghijaukan masyarakat perkotaan dan daerah kritis, KFC telah menanam 1000 Pohon Ketapang di Pantai Padang pada tahun 2011. Sejak 2008 telah menanam 1 Juta bibit pohon yang didistribusikan melalui program Chaki Peduli Lingkungan dan CSR Lingkungan.

Related posts