Buruh Berkontribusi Majukan Industri - Pemkot Tangerang

NERACA

Tangerang - Wakil Wali Kota Tangerang, Banten, Arief R Wismansyah, mengatakan buruh beperan penting dalam kemajuan sektor industri. \"Kemajuan industri di Kota Tangerang, tidak lepas dari peran buruh yang begitu besar hingga dikenal sebagai kota seribu industri,\" kata Arief R Wismansyah saat menghadiri acara Peringatan Buruh di Karawaci, Tangerang, Rabu (1/5). Sebagai timbal balik, Pemkot Tangerang memberikan perhatian terhadap kesejahteraan buruh dengan meningkatkan upah minimum hingga fasilitas dan sarana seperti berobat gratis, pendidikan gratis sampai 12 tahun, infrastruktur dan lainnya.

Selain itu, Pemkot juga akan terus melakukan pengawasan terhadap perusahaan untuk melaksanakan kewajibannya dalam memenuhi hak para buruh. “Upah buruh di kota ini paling tinggi dibandingkan dengan kota lainnya dan itu merupakan salah satu bentuk perhatian terhadap kesejahteraan buruh,\" katanya. Untuk itu, diharapkan agar peringatan buruh se-dunia ini dapat dirayakan dengan tertib dan aman serta tidak menimbulkan anarkis. Lalu, buruh juga diajak untuk dapat merawat seluruh infrastruktur yang ada di Kota Tangerang. \" Pemkot akan terus membangun kesejahteraan buruh dan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, peringatan buruh di Kota Tangerang berpusat di Puspemkot Tangerang dan kawasan Bandara Soekarno - Hatta. Buruh dari Kabupaten Tangerang akan bergerak ke kawasan Bandara Soekarno - Hatta yang dijadikan sebagai tempat orasi utama penyampaian tuntutan. \"Kita akan bergabung dengan rekan di kota tangerang,\" kata Koswara. Adapun tuntutan yang disampaikan dalam peringatan May Day yakni penghapusan sistem kerja kontrak, menolak upah murah dan PHK secara mendadak, mendesak pemerintah untuk melakukan nasionalisasi aset asing. Menolak kekerasan terhadap pekerja perempuan, menolak penghapusan serikat pekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa syarat. [ardi]

Related posts