Cara The Body Shop Perlakukan Sampah Plastik - Green Month Campaign

Kebiasaan masyarakat Indonesia memakai kantong plastik yang didapatnya secara gratis sudah sangat mengkhawatirkan. Setiap tahun masyarakat Indonesia dilaporkan memakai 100 miliar kantong plastik. Berdasarkan perhitungan tersebut, setiap orang di Indonesia menggunakan sekitar 700 tas plastik per tahun atau kira-kira dua kantong plastik dalam sehari. Ironisnya, banyak dari sampah kantong plastik tersebut tidak sampai ke tempat pembuangan sampah dan hanya sedikit yang akhirnya dapat didaur ulang.

Untuk mengajak masyarakat Indonesia memulai gaya hidup baru dengan menolak penggunaan kantong plastik, 7 April lalu The Body Shop menggelar Aksi Rampok Plastik, serta mendukung gerakan Diet Plastik dan Petisi Kantong Plastik Jangan Gratis. Melalui aksi kegiatan dengan tema Say No to Plastic di area Car Free Day Jakarta ini, The Body Shop berusaha mengedukasi masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik saat berbelanja melainkan menggantinya dengan tas belanja yang ramah lingkungan dan dapat digunakan lebih dari satu kali.

CEO The Body Shop Indonesia, Suzy Hutomo mengatakan, The Body Shop sebagai role model dalam dunia bisnis dengan motto Discover Beauty with Heart melalui salah satu nilai yang dianutnya, Protect Our Planet, memiliki komitmen untuk melindungi bumi kita. Misi dari Protect Our Planet ini adalah untuk mengurangi pengrusakan lingkungan dengan beragam aktivitas dari menanam pohon hingga mengurangi sampah plastik. Sampah plastik terutama kantong menjadi isu utama yang diangkat The Body Shop dalam Green Month Campaign karena sampah plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk dapat terurai.

Bayangkan jika kita menggunakan tas belanja milik sendiri kemanapun kita berbelanja, sambung dia, maka kita dapat menghemat 6 kantong plastik selama seminggu, atau 288 kantong plastik selama setahun, atau sekitar 22.176 kantong plastik selama hidup kita. Jika satu dari lima orang di negara kita melakukan penghematan kantong plastik, artinya kita menghemat sebanyak 1.330.560.000.000 kantong plastik selama hidup kita. Karena itu, peran masing-masing individu sangat penting untuk dapat mengurangi sampah plastik yang ada di bumi ini.

Ya, penghematan kantong plastik sangat penting untuk melestarikan lingkungan karena 100 miliar kantong plastik diproduksi menggunakan 12 juta barel minyak bumi dan 14 juta pohon setiap tahunnya. Selain itu, daur ulang plastik dapat hemat energi listrik. Hasil penelitian menunjukkan satu botol plastik daur ulang akan menghemat energi yang cukup untuk sebuah bola lampu 60 watt selama tiga jam.

“Sampah kantong plastik memiliki konsekuensi lingkungan yang sangat mahal, tetapi ironisnya kantong plastik diberikan secara gratis oleh pedagang. Karena gratis, perlu usaha yang lebih dari sekadar kesadaran diri konsumen untuk melakukan diet kantong plastik. Supermarket merupakan penyumbang terbesar kantong plastik dan memiliki posisi yang kuat untuk mendorong konsumen mengubah kebiasaan,” kata Suzy.

Related posts