Korsel Minati Proyek Perkotaan di Indonesia

NERACA

Jakarta - Melihat perkembangan ekonomi di Indonesia yang bisa melampaui 6%, perusahaan konstruksi asal Korea Selatan (Korsel) Doosan Group tertarik untuk memperluas investasi di Tanah Air. Proyek yang sedang berjalan saat ini adalah listrik di Cirebon yang dikerjakan oleh Marubeni Cooperation asal Jepang.

Perusahaan asal Korsel tersebut, Doosan Group, akan melakukan ekspansi melalui proyek-proyek di perkotaan, terutama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Deputi Menko Bidang Kerjasama Internasional Rizal Afandi Lukman mengatakan, ada 2 proyek utama di DKI Jakarta di bidang infrastruktur yang ditawarkan ke Doosan Group. "Secara garis besar, infrastruktur yang ditawarkan yaitu listrik dan air. Tetapi juga ada energi yaitu pembangkit listrik yang ditawarkan oleh Menko kepada mereka. Ini teknologi yang dimiliki yang dia (Doosan Group) bisa menghasilkan air bersih karena ini keahlian mereka," katanya di kantor Kementerian Perekonomian, Rabu (16/1).

Doosan Group adalah perusahaan tertua di Korsel tetapi tidak termasuk perusahaan terbesar di negara tersebut. Doosan Group sangat berniat untuk bertemu langsung denga Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). "Belum sempat hari ini ketemu Pak Jokowi. Baru bisa ketemu Pak Menko. Perusahaannya (Doosan Group) tertarik untuk bertemu Jokowi," imbuhnya.

Mengenai besaran investasi, Rizal belum dapat memberikan keterangan. Tetapi dibandingkan dengan Marubeni, proyek ang ditawarkan Doosan masih terbatas karena lebih melihat perkembangan ekonomi Indonesia. “Mereka mau lihat apakah pertumbuhan ekonomi kita stabil tumbuh setiap tahunnya 6% sehingga timbul kepercayaan dari pengusaha Doosan ini untuk masuk ke Indonesia. Jadi saya kira ini sinyal positif,” terangnya.

Sekadar diketahui, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa telah bertemu dengan dua perusahaan besar asal Korsel dan Jepang yang diwakilkan oleh CEO kedua perusahaan itu. Inti dari pembicaraan adalah mengenai ketertarikan kedua perusahaan tersebut untuk berinvestasi di Indonesia.

"Mengenai perkembangan ekonomi di Indonesia, kita diapresiasi oleh Korsel. Mereka tertarik untuk investasi termasuk sudah melakukan di Pembangkit Listrik Cirebon (Marubeni) dan tertarik proyek di perkotaan dan air (Doosan). Marubeni, ini sudah banyak proyeknya di Indonesia. Mereka ingin tetap melakukan bisnis di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, tambah Rizal, Hatta Rajasa juga menawarkan kepada Doosan untuk membangun kawasan industri di Indonesia. Sejauh ini, baru Jepang yang mempunyai kawasan industri untuk perusahaan-perusahaannya. Agar dapat melakukan pengembangan investasi, pemerintah diharapkan memberikan bantuan dalam hal pembebasan lahan.

BERITA TERKAIT

Antam Garap Proyek Senilai US$ 320 Juta - Gandeng Kerjasama OENI

NERACA Jakarta - Geliat bisnis PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) makin agresif, terlebih perseroan belum lama ini telah menandatangani Head…

Jadi Tuan Rumah INAPG 2018, Prestasi Atlet Indonesia Melesat

  Oleh : Yurika Prastika, Mahasiswa UIN Bandung Sukses menyelenggarakan Asian Games, Indonesia kembali ditunjuk menjadi tuan rumah untuk pesta…

Sejumlah Negara Afrika Tertarik Pesawat Buatan Indonesia

NERACA Jakarta – Sejumlah negara Afrika; Madagascar, Kongo dan Sudan tertarik dengan dua jenis pesawat produksi PT Dirgantara Indonesia (PT…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

PII Yakin Target Penjaminan Tercapai

      NERACA   Jakarta – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) merasa yakin target penjaminan infrastruktur senilai Rp210 triliun…

Garap Proyek Serpong Garden, HAP Gandeng Creed Group

      NERACA   Jakarta - PT Hutama Anugrah Propertindo (HAP) menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Jepang, Creed Group.…

Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Keuangan Terbaik

      NERACA   Bali - Sri Mulyani Indrawati memperoleh penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik di kawasan Asia Timur…