Korsel Minati Proyek Perkotaan di Indonesia

NERACA

Jakarta - Melihat perkembangan ekonomi di Indonesia yang bisa melampaui 6%, perusahaan konstruksi asal Korea Selatan (Korsel) Doosan Group tertarik untuk memperluas investasi di Tanah Air. Proyek yang sedang berjalan saat ini adalah listrik di Cirebon yang dikerjakan oleh Marubeni Cooperation asal Jepang.

Perusahaan asal Korsel tersebut, Doosan Group, akan melakukan ekspansi melalui proyek-proyek di perkotaan, terutama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Deputi Menko Bidang Kerjasama Internasional Rizal Afandi Lukman mengatakan, ada 2 proyek utama di DKI Jakarta di bidang infrastruktur yang ditawarkan ke Doosan Group. "Secara garis besar, infrastruktur yang ditawarkan yaitu listrik dan air. Tetapi juga ada energi yaitu pembangkit listrik yang ditawarkan oleh Menko kepada mereka. Ini teknologi yang dimiliki yang dia (Doosan Group) bisa menghasilkan air bersih karena ini keahlian mereka," katanya di kantor Kementerian Perekonomian, Rabu (16/1).

Doosan Group adalah perusahaan tertua di Korsel tetapi tidak termasuk perusahaan terbesar di negara tersebut. Doosan Group sangat berniat untuk bertemu langsung denga Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). "Belum sempat hari ini ketemu Pak Jokowi. Baru bisa ketemu Pak Menko. Perusahaannya (Doosan Group) tertarik untuk bertemu Jokowi," imbuhnya.

Mengenai besaran investasi, Rizal belum dapat memberikan keterangan. Tetapi dibandingkan dengan Marubeni, proyek ang ditawarkan Doosan masih terbatas karena lebih melihat perkembangan ekonomi Indonesia. “Mereka mau lihat apakah pertumbuhan ekonomi kita stabil tumbuh setiap tahunnya 6% sehingga timbul kepercayaan dari pengusaha Doosan ini untuk masuk ke Indonesia. Jadi saya kira ini sinyal positif,” terangnya.

Sekadar diketahui, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa telah bertemu dengan dua perusahaan besar asal Korsel dan Jepang yang diwakilkan oleh CEO kedua perusahaan itu. Inti dari pembicaraan adalah mengenai ketertarikan kedua perusahaan tersebut untuk berinvestasi di Indonesia.

"Mengenai perkembangan ekonomi di Indonesia, kita diapresiasi oleh Korsel. Mereka tertarik untuk investasi termasuk sudah melakukan di Pembangkit Listrik Cirebon (Marubeni) dan tertarik proyek di perkotaan dan air (Doosan). Marubeni, ini sudah banyak proyeknya di Indonesia. Mereka ingin tetap melakukan bisnis di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, tambah Rizal, Hatta Rajasa juga menawarkan kepada Doosan untuk membangun kawasan industri di Indonesia. Sejauh ini, baru Jepang yang mempunyai kawasan industri untuk perusahaan-perusahaannya. Agar dapat melakukan pengembangan investasi, pemerintah diharapkan memberikan bantuan dalam hal pembebasan lahan.

BERITA TERKAIT

Produk Unggulan Indonesia Dipromosikan di Australia

NERACA Jakarta – Produk usaha kecil menengah (UKM) unggulan Indonesia dipromosikan di pasar Australia melalui kerja sama Smesco Indonesia dengan…

Deddy Mizwar: Proyek Meikarta Bermasalah Sejak Awal

Deddy Mizwar: Proyek Meikarta Bermasalah Sejak Awal NERACA Jakarta - Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013-2018 Deddy Mizwar menyatakan proyek…

LIPI: Oligarki Parpol Perburuk Kualitas Demokrasi Indonesia

LIPI: Oligarki Parpol Perburuk Kualitas Demokrasi Indonesia NERACA Jakarta - Kepala Pusat Penelitian Politik pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Membaiknya Ekonomi, Penerimaan Pajak Hampir Capai Target

        NERACA   Jakarta - Lembaga riset perpajakan DDTC menilai bahwa penerimaan pajak pada 2018 yang hampir…

Presiden Minta PKH Tak Digunakan untuk Konsumtif

      NERACA   Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) mengarahkan warga penerima…

DataOn Bentuk Perusahaan Baru GreatDay HR

      NERACA   Jakarta - DataOn (PT. Indodev Niaga Internet) meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi…