E-Ticketing Busway Segera Diluncurkan

E-Ticketing Transjakarta Segera Diluncurkan

NERACA

Jakarta – Minggu depan, Transjakarta akan meluncurkan lima kartu untuk pembayaran tiket bus armadanya. “Selasa depan, kami akan launching lima kartu untuk realisasie-ticketing.Hari itu juga, pembayaran tiket bus Transjakarta bisa menggunakan kartu-kartu itu” kataKepala Badan Layanan UmumTransJakarta BuswayM.Akbar, kepadaNeraca, Selasa (15/1).

Kartu-kartu elektronik tersebut nantinya akan dijadikan media pembayaran tiket bus Transjakarta yang selama ini masih memakai kertas. Penumpang tinggal menempelkan kartu tersebut ke mesin sensor yang akan disediakan di halte-halte bus. Dengan sendirinya, saldo kartu tersebut akan berkurang seharga tiket bus Transjakarta, yaitu Rp 3.500, atau Rp 2.000 untuk keberangkatan pukul 5 pagi sampai 7 pagi.

“Kami telah menggandeng lima bank untuk merealisasikane-ticketingini, yaitu Bank DKI, BCA, Mandiri, BRI, dan BNI 46,” kata Akbar. Kelimanya memiliki nama kartu yang berbeda. Kartu dari Bank DKI bernama Jakcard. BCA akan menggunakan kartu Flazz. Bank Mandiri menggunakan kartu e-toll card-nya yang juga dapat digunakan untuk membayar tarif tol. BRI akan menggunakan kartu Brizzi dan BNI 46 akan menggunakan kartu BNI 46 Card.

Sebetulnya, e-ticketing bukanlah hal baru bagi Transjakarta. Sebelumnya, Transjakarta sudah menggunakan Jakcard yang dikeluarkan oleh Bank DKI. Hanya saja, setelah kontrak habis, belum diperpanjang lagi. Baru minggu depan akan dilanjutkan berbarengan dengan empat kartu lainnya.

Penggunaan e-ticketing tidak serta-merta menggusur penggunaan tiket kertas. Penumpang akan diberi pilihan, bisa membeli tiket kertas atau menggunakane-ticketing.

Meskipun begitu, tetapi arah Transjakarta ke depannya adalah menggunakane-ticketing. Banyak manfaat digunakannyae-ticketingsebagai media pembayaran. Dengane-ticketing, data akan lebih akurat, lebih rapi, lebih cepat, dan lebih efisien ketimbang tiket kertas.

E-ticketingmemanfaatkan teknologichipdalam bentuksmart card. Dalam kartu prabayar tersebut, penumpang dapat memakainya dalam beberapa kali perjalanan. Kartu tinggal ditempelkan atau didekatkan padamesin card readeryang akan tersedia di seluruh halte Transjakarta. Jika saldo sudah tidak mencukupi, pintubarriertidak akan terbuka.

Fungsi kartu-kartu tersebut bukanlah hanya untuk pembayaran tiket Transjakarta, tetapi juga untuk keperluan yang lain. Misalnya Brizzi dari BRI, selain nantinya bisa untuk membayar tiket bus Transjakarta, juga bisa untuk bertransaksi di setiapmerchantyang menyediakan mesin CDMA. Demikian juga kartu Flazz dari BCA. Saat ini, kartu Flazz dapat digunakan untuk berbelanja di supermarket atau minimarket dan membayar di SPBU meskipun dengan nominal kecil.

BERITA TERKAIT

13 Tol dengan Panjang 468 Kilometer Segera Beroperasi

      NERACA   Jakarta - Sebanyak 13 ruas jalan tol baru dengan total panjang mencapai 468,1 kilometer ditargetkan…

Layanan Perbankan Palu Diharapkan Segera Pulih

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara (Sulutgomalut) Elyanus Pongsoda mengharapkan layanan perbankan di Kota Palu, Sulawesi…

DPR Minta Tanggul Roboh Di Bekasi Segera Diperbaiki - Antisipasi Musim Hujan

    NERACA   Bekasi - Anggota Komisi V DPR RI, Intan Fauzi meninjau langsung lokasi tanggul yang roboh di…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Tarik Investor Dengan Insentif Perpajakan

      NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan memperkuat insentif perpajakan guna pendalaman pasar keuangan…

Sejak Revisi PMK, Delapan Perusahaan Terima Tax Holiday

    NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sebanyak delapan perusahaan atau wajib pajak sudah menerima…

Bantu Petelur, Pemerintah Cari Bahan Baku Pakan

    NERACA   Blitar - Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH)…