Penting, Petunjuk Pemakaian Berbahasa Indonesia

NERACA

Jakarta – Saat produk-produk dari luar diimpor ke Indonesia, konsumen Indonesia tidak semuanya paham dengan bahasa asing. Ambillah contoh Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional. English First (EF) sebagai lembaga pendidikan yang mendunia pernah mengumumkan laporan tentang EF English Proficiency Index (EF EPI) atau bisa juga disebut indeks kemampuan berbahasa Inggris. Negara-negara yang dijadikan bahan studi adalah 44 negara yang bahasa ibunya bukan Bahasa Inggris atau Bahasa Inggris bukanlah bahasa yang digunakan pertama kali di negara tersebut.

Hasil studi menyebutkan bahwa Indonesia masuk dalam urutan ke-34. Padahal negara tetangga Malaysia sudah bisa menduduki peringkat ke-9.

Dengan demikian, petunjuk pemakaian produk berbahasa Indonesia menjadi bernilai penting untuk melindungi konsumen Indonesia dari penipuan. Hal ini sudah diatur dalam regulasi. Salah satunya adalah Pasal 8 ayat 1 huruf J Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang: tidak mencantumkan informasi dan/atau petunjuk penggunaan barang dalam bahasa Indonesia sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Kalau memang produsen yang akan memasukkan barangnya ke Indonesia serius memasarkan produk di Indonesia, secara otomatis dia akan melengkapinya dengan manual berbahasa Indonesia. Produsen juga sejatinya mempunyai kepentingan agar produknya digunakan sesuai prosedur untuk menghindari klaim atau image negatif.

Dengan membuat petunjuk penggunaan berbahasa Indonesia juga berarti produk tersebut sudah disesuaikan dengan infrastruktur di Indonesia. Karena terkadang meskipun sama-sama perangkat telekomunikasi, tetapi sistem yang dipakai antarnegara target produk tersebut berbeda-beda.

BERITA TERKAIT

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…