Operator Seluler Perang Paket Bundling - Penjualan iPhone 5

Harga yang dipatok masing-masing operator sangat beragam. Yang kesemuanya itu, diserahkan sepenuhnya pada pembeli. Apakah ingin memilih biaya awal yang kecil, tetapi harus membayar cicilan yang besar atau sebaliknya?

NERACA

Teknologi telekomunikasi belakangan ini terus berkembang, nah yang paling dinanti adalah teknologi terbaru iPhone 5. Tak heran sebelum produk ini beredar,publik sudah diramaikan dengan segala ramalan mulai prediksi bentuk, hingga kemampuannya.Maklum, peluncuran pendahulunya ditanggapi dengan baik oleh pasar.

Sementara itu, secara resmi peluncuran di Indonesia memang belum ada, namun saat itu produk iPhone 5 sudah banyak beredar di Indonesia, tentunya dengan harga yang selangit. Selain itu, jumlahnya pun masih sangat terbatas.

Meski demikian, nyatanya iPhone 5 di Indonesia kini telah dipaketkan dengan operator-operator di Indonesia, atau yang biasa disebut paket bundling. Hal ini spontan membuat sebagian pecinta iPhone di Indonesia bergembira, karena pada umumnya dengan paket bundling, harga ponselnya bisa lebih murah dan terjangkau.

Ya, iPhone 5 kini mulai dipasarkan di Indonesia dan negara lainnya, termasuk China, Malaysia, dan Filipina. Tiga operator seluler besar di Indonesia kini tengah sibuk menyiapkan cara penjualan perdana di tempat yang telah mereka tentukan.

Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata telah menyiapkan paket bundel layanan seluler dan data (internet) dari kartu perdana pascabayar ataupun prabayar. iPhone 5 dijual dengan kontrak selama setahun. Harga yang dipasang masing-masing operator pun beragam.

Pertanyaannya, benarkah paketan iPhone 5 ini benar-benar murah atau hanya akal-akalan operator saja agar bisa meraup untung besar? Maklum, dalam paketannya, setiap operator berlomba-lomba memberikan program-program kredit.

Seperti Simpati misalnya, pada paket pascabayarnya iphone 5 dengan kartu Halo harga angsuran terendahnya sebesar Rp330.000, dengan sebelumnya membayar Rp5.099.000 untuk yang tipe iPhone 16GB, Rp6.329.000 untuk 32GB dan Rp7.599.000 untuk yang 64 GB. Nah, bila dihitung-hitung, untuk iPhone 16GB saja kita mengeluargan uang sekitar Rp9 juta.

Operator lainnya seperti Indoset memberikan paket kartu pascabayar Matrixnya, dengan cicilan perbulan Rp400.000 perbulan, tentunya konsumen diharuskan membayar terlebih dahulu sebesarRp4.369.000, untuk iPhone 5 16GB dengan demikian kita harus mengeluarkan uang sebanyak Rp9 juta rupiah.

Sedangkan operator XL axiata, dengan kartu XL prabayarnya, XL memberikan cicilan dengan harga Rp328.900 dengan pembayaran diawal seharga Rp3.999.000, dalam hal ini, untuk iPhone 5 dengan memori 16GB kita mengeluarkan uang sekitar 8 juta rupiah.

Bila dilihat dan dihitung-hitung, dari ketiga operator ini, Simpati, Indosat dan XL Axiata. XL axiata masih memegang harga terendah. Karena bila dilihat dari semua fasilitas yang diberikan tidak jauh berbeda, fasilitas seperti internet, telepon, dan sms pada kenyataannnya tidak jauh berbeda.

Nah, untukpaket prabayar, dari ketiga operator ini tidak jauh berbeda,berikut ini perbandingan harga iPhone 5 versi prabayar, Simpati 16GB Rp7.999.000, 32GB Rp8.999.000 dan 64GB Rp9.999.000. Indosat 16GB Rp8.199.000, 32GB Rp9.499.000 dan 64GB Rp10.799.000. Sedangkan XL Axiata 16GB Rp7.999.000, 32GB Rp8.999.000, 64GB Rp9.999.000.

BERITA TERKAIT

Efektivitas 16 Paket Deregulasi, Menunggu Godot?

Oleh: Pril Huseno Menarik investasi asing (FDI) ke dalam negeri memang bukan perkara mudah. Apalagi di tengah iklim ketidakpastian global…

PTBA Targetkan Penjualan Ekspor 12 Juta Ton

NERACA Jakarta – Sepanjang tahun 2019, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan menggenjot pertumbuhan pendapatan dari penjualan ekspor batu bara.…

Dongkrak Penjualan - Passpod Gandeng Tokopedia dan LOKET

NERACA Jakarta - Perluas penetrasi pasar untuk mengerek pertumbuhan penjualan, PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) atau lebih dikenal Passpod…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Xiaomi Redmi Note 7 Resmi Diluncurkan

Xiaomi Redmi Note 7, smartphone pertama buatan sub-brand 'Redmi by Xiaomi' baru saja meluncur di Tiongkok. Dari segi desain, Redmi…

Kominfo Targetkan Kebijakan 5G Rampung Tahun Ini

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan akan merampungkan kebijakan 5G tahun ini. “Tahun ini harus sudah keluar kebijakannya karena kita…

Oppo R17 Pro Resmi Diluncurkan

Oppo akhirnya resmi memperkenalkan smartphone perdananya yang rilis tahun ini untuk pasar Indonesia, yakni R17 Pro. Sesuai namanya, smartphone ini…