Perusahaan Harus Beri CSR untuk Hidupkan Ekonomi Daerah - Masih Sekedar Aksi Charity

Seharusnya CSR itu bukan sekedar aksi philantropydan charity semata. Tetapi corporate harus melakukan inisiasi penguatan ekonomi lokal melalui program-programnya, sekaligus menjadi basis penguatan ekonomi nasional.

NERACA

Fenomena tanggung jawab sosial perusahaan atau yang sering disebut sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) dewasa ini begitu gencar dilakukan. Apalagi, dengan dicantumkannya CSR dalam UU Perseroan Terbatas, corporate atau perusahaan berlomba-lomba mengadakan berbagai program sosial dengan mengucurkan dana yang tidak sedikit.

Konsep CSR menurut Bank Dunia adalah komitmen perusahaan untuk berperilaku etis dan memberikan kontribusi bagi pembangunan berkelanjutan melalui kerjasama dengan segenap pemangku kepentingan yang terkait untuk memperbaiki hidup mereka dengan cara-cara yang baik bagi kepentingan bisnis, agenda pembangunan berkelanjutan, dan masyarakat pada umumnya.

Sementara menurut ISO 26000 Karakteristik dari CSR adalah kemauan sebuah organisasi untuk mempertimbangkan aspek sosial dan lingkungan dalam pengambilan keputusan dan bertanggung jawab atas dampak dari keputusan sarta aktivitas yang mempengaruhi masyarakat dan lingkungan. Dalam ISO 26000 Social Responsibility mencakup 7 aspek utama CSR, yaitu tata kelola organisasi, hak asasi manusia, ketenagakerjaan, lingkungan, praktek bisnis yang adil, isu konsumen serta keterlibatan dan pengembangan masyarakat.

Jika dimaknai demikian, tentunya CSR tidak hanya sekedar charity yang dipublikasikan, dimana perusahaan tidak bertujuan hanya pada keuntungan ekonomi semata. Tetapi perusahaan yang beroperasi secara legal dan menerapkan Good Business Ethic. Selain itu juga sebagai bagian dari penerapan Good Corporate Governance (GCG), dimana dengan program CSR yang diimplementasikan oleh organisasi bisnis tersebut dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

"Corporate berkontribusi aktif dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat agar dapat hidup mandiri dan berpenghasilan layak. Pasalnya, banyak perusahaan yang memiliki pabrik di daerah perdesaan atau remote area," ujar Pakar sosial Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr H Soni A Nurhaqim.

Seperti diketahui, dalam mencapai misi profitabilitas dan kesinambungan pertumbuhan, perlu terjalin keselarasan untuk tumbuh bersama. Upaya pemberdayaan ekonomi lokal melalui program CSR adalah suatu keniscayaan. Untuk itu perlu kolaborasi antara seluruh stakeholder guna mendapatkan hasil yang optimal dalam konteks pengembangan ekonomi lokal. Sehingga program CSR bermanfaat bagi seluruh stakeholder, dilain pihak CSR juga tidak mengganggu tujuan perusahaan itu sendiri.

Program CSR yang berpotensi sebagai instrumen pemberdayaan ekonomi lokal tentulah program yang menjalankan konsep dan teknik implementasi yang berorientasi pada penguatan daya saing ekonomi masyarakat. Program tersebut mendorong insiatif penguatan ekonomi lokal dengan memperbaki kondisi lingkungan persaingan usaha, fokus dan sinergis pada perbaikan lingkungan usaha yang mengoptimalkan kelompok industri usaha kecil dalam satu jaringan mata rantai nilai tambah yang terhubung baik melalui hubungan bisnis maupun non bisnis.

Seperti yang dilakukan oleh PT. Unilever yang memiliki program CSR berupa pendampingan terhadap petani kedelai. Bagi kepentingan petani, adanya program CSR ini berperan dalam meningkatkan kualitas produksi, sekaligus menjamin kelancaran distribusi. Sedangkan bagi Unilever sendiri, hal ini akan menjamin pasokan bahan baku untuk setiap produksi mereka yang berbasis kedelai, seperti kecap Bango, yang telah menjadi salah satu andalan produknya. Demikian juga dengan PT. Bogasari, misalnya memiliki program CSR yang terintegrasi dengan strategi perusahaan, melalui pendampingan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbasis terigu.

Dengan pelaksanaan CSR ini semua lini diuntungkan. Bagi perusahaan, praktik CSR akan membuat reputasi citra perusahaan memiliki citra positif bagi para calon investor akibat perlakuan perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Kemudian dari segi adanya penerimaan secara social tempat beraktivitasnya perusahaan secara langsung dapat menjamin operasional dari perusahaan, dimana gangguan-gangguan terhadap aset-aset perusahaan dapat ditekan seminimal mungkin.

Sedangkan bagi masyarakat sendiri, program CSR akan memberi memberi dampak terhadap kenaikan tingkat kesejahteraan. Melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat, perusahaan menjadi trigger untuk mengembangkan daerah serta menjadikan masyarakat sebagai komunitas yang mandiri, tanggap terhadap perubahan serta mampu mensikapi dampak positif dan negatif dari perubahan.

Maka dari itu, sudah seharusnya CSR tidak hanya bergerak dalam aspek philantropy, melainkan harus merambat naik ke tingkat pemberdayaan masyarakat dan harus merupakan salah satu bagian policy dari pihak manajemen perusahaan.

BERITA TERKAIT

Ciptakan Lingkungan Bersih - Allianz Beri Pelatihan Bank Sampah Gusling

Persoalan pengelolaan sampah masih menjadi masalah yang belum tertangani secara optimal, bahkan sebagian belum tertangani dengan baik. Alhasil, memberikan dampak…

Ford Rencanakan Teknologi Nirkabel Baru Untuk Mobil

Ford Motor Co mengatakan pada Senin (7/1) bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan teknologi nirkabel untuk model kendaraan baru di Amerika…

Impack Pratama Beri Pinjaman Anak Usaha

Dukung pengembangan bisnis anak usaha, PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) melakukan perjanjian hutang piutang dengan anak usahanya PT Impack…

BERITA LAINNYA DI CSR

Bersama Pemerintah Kota Tangerang Selatan - Indah Kiat Salurkan Bantuan Korban Tsunami Selat Sunda

Masih dalam rangka peduli kemanusiaan terhadap korban musibah tsunami di Selat Sunda akhir tahun 2018 kemarin, industri Asia Pulp &…

Peringati Hari Sejuta Pohon Sedunia - Sharp Mengajak Siswa di Jember Peduli Lingkungan

Menanamkan budaya tanggung jawab dan peduli pada lingkungan sejak dini merupakan cara yang tepat agar hal tersebut menjadi kebiasaan positif…

Ciptakan Lingkungan Bersih - Allianz Beri Pelatihan Bank Sampah Gusling

Persoalan pengelolaan sampah masih menjadi masalah yang belum tertangani secara optimal, bahkan sebagian belum tertangani dengan baik. Alhasil, memberikan dampak…