BUMN dan Swasta Turun Tangan Kembangkan Sepak Bola Indonesia

Kepedulian dan sumbangsih BUMN/swasta dalam mendukung penuh perkembangan sepak bola Indonesia terus berdatangan, dengan program CSR dan pembinaan yang lebih tertata dengan baik, diharapkan Indonesia akan kembali menjadi Macan Asia

Ya, tim nasional sepak bola Indonesia pernah memiliki kebanggaan tersendiri, menjadi tim Asiapertama yang berpartisipasi di Piala Dunia FIFApada tahun 1938. Saat itu mereka masih membawa nama Hindia Belandadan kalah 6-0 dari Hongaria, yang hingga kini menjadi satu-satunya pertandingan mereka di turnamen final Piala Dunia.

Ironisnya, Indonesia yang jumlah penduduknya sangat banyak dan memiliki masyarakat dengan minat yang sangat tinggi terhadap olahraga sepak bola, menjadikan sepak bola olahraga terpopuler di Indonesia (selain bulu tangkis), namun Indonesia tidaklah termasuk jajaran tim-tim kuat di Konfedersi Sepak Bola Asia.

Dalam rangka mencetak bibit unggul pesepak bola tanah air, PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Milan Junior Camp mendirikan Pertamina Soccer School (PSS), sekolah yang berada di bawah naungan Pertamina Foundation di Jakarta.

Selain itu, Pertamina juga kerja sama dengan sejumlah sekolah sepak bola di beberapa kota seperti Jakarta, Makassar, Balikpapan, Palembang, dan Papua, serta pihak Kemenpora, dan PSSI. Hasilnya, 24 perwakilan dari beberapa kota terpilih untuk mengikuti pendidikan yang berlangsung sejak 1 September lalu.

Di tempat tersebut, 24 murid PSS akan mendapatkan beasiswa penuh untuk mengikuti pendidikan sepak bola, tempat tinggal, serta homeschooling selama 3 tahun ke depan. Selama masa pendidikan, para murid juga akan dilatih dengan sistem sport science.

Teknik sepak bola dan pelatih dipercayakan sepenuhnya kepada AC Milan Junior Camp. Selain itu, PSS juga melibatkan Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta terkait pendidikan akademik.

Tak mau ketinggalan, PT. Suzuki Indomobil Sales juga turut berkontribusi dalam komitmennya memajukan perkembangan sepak bola di Indonesia. Suzuki Indonesia mendonasikan 1000 Bola untuk Sekolah Sepak Bola (SSB) di seluruh Indonesia. Ini merupakan langkah awal dari kontribusi dan sumbangsih Suzuki Indonesia dalam mendukung pembinaan sepak bola usia dini di Indonesia.

Program donasi ini merupakan salah satu aktivitas CSR dari Suzuki Indonesia dalam komitmennya memajukan perkembangan sepak bola di Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari turnamen sepak bola dua tahunan di kawasan Asia Tenggara, AFF Suzuki Cup 2012 yang akan berlangsung dari 24 November – 22 Desember 2012.

AFF Suzuki Cup adalah turnamen sepakbola paling bergengsi Asia Tenggara. Pada perhelatannya AFF Suzuki Cup 2008 yang diadakan di Indonesia dan Thailand serta AFF Suzuki Cup 2010 di Indonesia dan Vietnam, animo serta euforia masyarakat Indonesia adalah yang tertinggi dibandingkan kawasan lainnya di Asia Tenggara.

Head of Public Relations 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Dimelza Sharindradini mengatakan, pendidikan sepak bola sejak usia dini yang berkelanjutan adalah faktor terpenting dalam menciptakan Tim Nasional yang kuat di masa depan. Adalah sebuah kebanggaan bagi Suzuki untuk dapat ikut berkontribusi dalam proses pendidikan dan pembangunan tersebut.

Bantuan yang diberikan oleh Suzuki Indonesia merupakan dukungan yang luar biasa bagi perkembangan sepak bola di tanah air yang memiliki pemain-pemain muda berbakat dan tersebar di seluruh penjuru Nusantara.

BERITA TERKAIT

Data BPS - Ekspor Industri Pengolahan Turun 6,92 Persen di Desember 2018

NERACA Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melansir ekspor industri pengolahan pada Desember 2018 mengalami penurunan 6,92 persen jika dibandingkan…

Kinerja BUMN dalam 4 Tahun Kepemimpinan Jokowi-JK

  Oleh:  Aditya Ihsan, Pemerhati Kebijakan Publik Salah satu urusan pemerintahan yang harus diselenggarakan oleh Presiden RI Jokowi yakni bidang…

Tiga Bank BUMN Syariah jadi Mitra Pertamina

NERACA Jakarta - PT Pertamina (Persero) menggandeng tiga bank Syariah anak BUMN sebagai mitra dalam pembayaran gaji dan sejumlah pembayaran…

BERITA LAINNYA DI CSR

Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda Greol - Allianz Bantu Program Budidaya Lele Organik

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR), Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli, dan EDU Foundation…

Peduli Korban Tsunami Selat Sunda - Chandra Asri Bantu Dana Kemanusiaan Rp 2 Miliar

Peduli korban tsunami Selat Sunda, perusahaan petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang terkena…

Ciptakan Kemandirian Ekonomi - Citi Gelar Literasi Keuangan Bagi Anak Muda

Memacu pertumbuhan literasi keuangan di kalangan anak muda untuk kemandirian finansial, Citi Indonesia bersama Indonesia Bussiness Link (IBL) menggelar program…