Calon Guru dapat Merasakan Pengalaman Mengajar Yang Sesungguhnya di Sekolah - School Experience Program

Demi menciptakan Pendidik Generasi Baru yang memiliki kompetensi mengajar dengan standar internasional dan kemampuan memimpin untuk mengembangkan generasi muda masa depan, Sampoerna School of Eduction tingkatkan kemampuan serta pengalaman calon guru melaluiSchool Experience Program.

Menurut data UNESCO tahun 2011, Indonesia memiliki lebih dari 3,4 juta orang guru. Namun, berdasarkandataKementerian Pendidikan Nasional, hanya 16,9% atau 575.000 orang guru di Indonesia yang merupakan guru profesional atau telah memiliki sertifikasi.

HasilUji Kompetensi Awal (UKA) guru 2012 yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang dilaksanakan pada bulan Februari lalu, diketahui bahwa hasil rata-rata UKA guru secara nasional masih rendah. UKA guru 2012 diikuti oleh lebih dari 280.000 guru dari jenjang TK sampai SMA menunjukkan nilai rata-rata yaitu 42,25 dengan nilai tertinggi 97,0 dan nilai terendah 1,0.

Menanggapi hal tersebut, Dekan Sampoerna Schoolof Education (SSE), Prof. Dr. Paulina Pannen menilai peningkatanmutu tenaga pendidikharus dimulai saat mereka masih berada dalam jenjang pendidikan. Meski demikian, pendekatan yang diambil tidak hanya terbatas melalui kuliah-kuliah keguruan, namun juga membuka kesempatan praktik mengajar langsung di sekolah-sekolah,dalam hal ini masih diperlukan kerjasama yang erat antaraLembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)dengan sekolah.

Dalam kaitan itu, Sampoerna School of Education sebagai salah satu sekolah tinggi keguruan nasional mengambil inisiatif denganmengimplementasikanSchool Experience Program(SEP). SEP bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para calon guru di SSE untuk merasakan pengalaman mengajar yang sesungguhnya di sekolah-sekolahsejak awaldengan mengadopsi modelConcurrent Educationyang dijalankan secara berkelanjutandan terdistribusi dalam waktu4 tahun.

“Seiring dengan perubahan global,SEP memberikan kesempatan bagiparacalonguru dan tenaga pendidik, untuk menciptakan tradisi belajar-mengajar yang barudan langsung melakukan uji-coba di sekolah-sekolah,”tutur Paulina Pannen.

Model inimerupakansatu-satunya modelpraktek pembelajaranyang dijalankan di Indonesia. SEP dibagi ke dalam empat jenjang yang mencakup School Observationuntuk Tahun 1,Teaching Assistance andResearch Capacity Buildinguntuk Tahun 2,Teaching and Classroom ActionResearch untuk Tahun 3, andProfessionalTeaching and Educational Researchuntuk Tahun 4.

School Experience Program memiliki manfaat di dua sisi. Mahasiswa keguruan akan memperoleh pengalaman nyata mengajar di sekolah-sekolah dan didampingi oleh guru-guru yang berpengalaman sebagai mentor. Pada saat yang sama, guru-guru di sekolah akan bertemu dengan calon guru muda, yang telah dibekali dengan berbagai pendekatan terbaru dalam sistem belajar-mengajar.

Lulusan Sampoerna School of Education diharapkan akan menjadi guru kreatif yangsecara profesionalmampu melaksanakan pembelajaran berkualitas dengan menggunakan beragam sumber belajar, teknologi dan media, serta melaksanakan strategi pembelajaran yang inovatif dalam situasi kegiatan belajar-mengajar yang beragam.

BERITA TERKAIT

Taiwan Ikut Sukseskan Program Industri 4.0 - Lewat Teknologi Mesin

      NERACA   Jakarta - Pemerintah Indonesia tengah bersiap untuk memasuki revolusi industri 4.0. Berbagai program disiapkan baik…

Dukung Program OJK Lewat Literasi Keuangan

Dukung Program OJK Lewat Literasi Keuangan  NERACA Jakarta - Sebanyak 50 guru yang tergabung dalam Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia (AGEI)…

Kado Presiden RI untuk Guru Honorer

  Oleh: Anisa Medina, Pemerhati Ekonomi Politik Perkembangan dunia cukup pesat. Digitalisasi pendidikan membawa perubahan besar yang menyebabkan ruang kelas…

BERITA LAINNYA DI CSR

Kolaborasi Kitabisa.com dan Baznas - Gojek Gotong Royong “Bangun” Palu dan Donggala

Peduli atas nama kemanusiaan untuk korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Gojek bersama mitra driver dan konsumennya ikut ambil…

Peduli Dunia Pendidikan - PetroChina Salurkan Beasiswa Pelajar Berprestasi

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) pada dunia pendidikan, SKK Migas-PetroChina Internasional Jabung Ltd menyalurkan…

Bersama Rumah Zakat - Pertamina Tanam 10 Ribu Pohon Magrove di Aceh Besar

PT Pertamina (Persero) MOR I Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, bersama Rumah Zakat Aceh menanam…