Perlindungan Investor Jadi Kunci Sukses - Bursa Kian Berkembang

Minat dari investor baik lokal maupun asing dalam mengembangkan bisnisnya di Indonesia terlihat semakin besar belakangan ini, karena itu diperlukan perlindungan investor, upaya ini untuk mensukseskan pasar modal Indonesia.

NERACA

Investor merupakan kunci sukses pasar modal, karena perlindungan investor menjadi sangat penting, karena beberapa negara telah mengambil langkah-langkah penting untuk melindungi investor dari skema produk dan praktik pelanggaran hukum, dan membawa transparansi pasar modal ke tingkat yang lebih tinggi.

Direktur Utama Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Ananta Wiyogo mengatakan, sebagai regulator pasar modal, pihaknya yakin bahwa setiap investor berhak mendapatkan perlindungan yang layak. Pihaknya terus mendasari layanan dan jasa KSEI pada perlindungan investor dan menyediakan informasi dan fasilitas yang membantu investor dalam menghindari kesalahan. Apalagi dalam kondisi sekarang, di mana pasar modal Indonesia menjadi semakin berkembang.

"Untuk melindungi investor langkah-langkah yang kami akan lakukan adalah meningkatkan standar broker-dealer untuk selalu mendahulukan kepentingan investor. Kami menyadari begitu pentingnya melindungi investor kita," katanya.

Bukan hanya itu saja, pihaknya juga akan melakukan pantauan pertumbuhan investor di negara-negara Asia Pasifik, melalui asosiasi The Asia-Pacific Central Securities Depository Group (ACG) perlu membuat dan mendukung kerja sama internasional yang positif dalam mengembangkan dan mempromosikan pertukaran informasi antarnegara.

ACG General Meeting ini akan memfasilitasi diskusi penting dalam membantu regulator dalam usahanya membangun pasar modal yang efisien dan transparan. Perlindungan investor merupakan alasan utama untuk meraih kepercayaan investor yang dapat meningkatkan investasi mereka di pasar modal demi suksesnya industri pasar modal di suatu negara.

Pentingnya perlindungan investor yang harus dikembangkan oleh regulator dan pelaku pasar modal. Perbandingan mengenai program-program perlindungan investor di beberapa negara Asia Pasific, seperti skema pengembangan perlindungan nasabah dengan studi kasus di Hong Kong.

Untuk menjaga investor kita juga diperlukan pemantauan pada perlindungan yang dilakukan oleh pasar modal di negara-negara lain. Ini diupayakan akan membandingkan dengan belajar bagaimana cara yang baik untuk melindungi investor.

Pertumbuhan Investor

Minat dari investor baik lokal maupun asing dalam mengembangkan bisnisnya di Indonesia terlihat semakin besar belakangan ini. Hal itu tercermin dari mulai maraknya proyek-proyek berskala internasional yang akan dibangun di Jakarta dalam periode 5 sampai 10 tahun ke depan.

“Kota Jakarta akan terus berevolusi menjadi kota megapolitan seperti kota-kota besar lain di dunia dengan gedung-gedung pencakar langit yang akan mewarnai skyline kota,” tambahnya.

Sementara Country Head Jones Lang LaSalle Indonesia, Todd Lauchlan menjelaskan sektor perkantoran dan kawasan industri masih merupakan sektor yang paling tinggi pertumbuhannya dibanding sektor-sektor lain.

“Ekspansi perusahaan berbagai industri di Indonesia seiring pertumbuhan ekonomi dan bisnis memberikan kontribusi yang besar dalam perkembangan kedua sektor ini," terangnya.

Di sisi lain, penyerapan ruang kantor di daerah segitiga emas dalam kuartal II-2012 meningkat sebesar 18% dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Sementara itu, harga sewa ruang kantor meningkat antara 5-8% dalam periode ini. Gedung berkualitas grade A meningkat paling tinggi akibat makin menipisnya ruang yang tersedia sementara permintaan masih cukup besar.

Kepercayaan Investor

Meningkatnya minat kalangan usaha terhadap Indonesia menunjukkan mulai pulihnya kepercayaan pelaku bisnis dan investor di UAE kepada Indonesia..

Para investor dan pelaku ekonomi UEA sedang khawatir akan bisnis dan investasinya akibat kondisi politik, ekonomi dan keamanan di kawasan Teluk yang diwarnai oleh gejolak serta krisis global di Eropa dan Amerika.

hubungan yang semakin membaik antara Indonesia dan UEA senantiasa dimanfaatkan semaksimal mungkin, terutama oleh para pelaku usaha agar para investor lebih bergairah dan semakin percaya untuk masuk ke Indonesia.

Meningkatnya minat kalangan usaha terhadap Indonesia ini menunjukkan mulai pulihnya kepercayaan pelaku bisnis dan investor di UAE kepada Indonesia.

BERITA TERKAIT

Wika Bitumen Perkuat Bisnis Pengolahan Aspal - Gandeng Investor Asal Cina

NERACA Jakarta – Melengkapi bisnis di sektor konstruksi dan infrastruktur, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) melalui anak usahanya PT…

Survei: Irjen Fakhrizal Sukses Pimpin Polda Sumatera Barat

Survei: Irjen Fakhrizal Sukses Pimpin Polda Sumatera Barat NERACAJakarta – Tingkat keamanan dan ketertiban masyarakat  di Sumatera Barat menjadi salah…

7.000 Lowongan Tersedia di Bursa Kerja Sukabumi

7.000 Lowongan Tersedia di Bursa Kerja Sukabumi NERACA Sukabumi - Sebanyak 7.000 lowongan pekerjaan tersedia di Bursa Kerja 2018 yang…

BERITA LAINNYA DI KEUANGAN

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…

Obligasi Daerah Tergantung Kesiapan Pemda

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai penerbitan obligasi daerah (municipal bond) tergantung pada kesiapan pemerintahan daerah karena OJK selaku regulator hanya…

Bank Mandiri Incar Laba Rp24,7 T di 2018

PT Bank Mandiri Persero Tbk mengincar pertumbuhan laba 10-20 persen (tahun ke tahun/yoy) atau sebesar Rp24,7 triliun pada 2018 dibanding…