Mendesain Garasi yang Nyaman

Jadi Tempat Serba Guna

Sabtu, 22/09/2012

Memiliki rumah dengan fasilitas yang banyak memang menjadi idaman setiap orang. Rumah kini tidak lagi menjadi tempat sekadar berlindung dan beristirahat saja, sebagian orang menjadikan rumahnya sebagai tempat bermacam-macam kegiatan dilakukan, entah berolah raga, bermain, bahkan bekerja.

NERACA

Karena itulah rumah dibuat senyaman mungkin dan semenarik mungkin agar siapa saja yang datang bisa merasa senang dan nyaman. Setiap orang memang ingin rumahnya memiliki kenyamanan yang baik, meski setiap orang memiliki penilaian yang berbeda-beda dalam sebuah kenyamanan, namun kenyamanan tetap saja memiliki standar penilaian yang bisa dirasakan setiap orang.

Berbicara tentang kenyamanan memang akan membicarakan banyak aspek, salah satunya ketersediaan fasilitas yang cukup baik, di antaranya lahan parkir yang baik. Garasi memiliki fungsi yang cukup penting, selain melindungi kendaraan-kendaraan kita, terakadang garasi juga dijadikan tempat untuk menyimpan barang-barang yang pada dasarnya mudah diambil atau dikeluarkan dari rumah jika dibutuhkan.

Garasi memang menjadi tempat yang sangat serba guna, namun terkadang penataan garasi tidak dilakukan dengan baik, begitu pula dengan pembuatannya atau pendesainannya, dari letaknya yang kurang stategis hingga penggunaannya yang kurang maksimal.

Garasi sering kali dilupakan dalam mendesin sebuah rumah, padahal dalam sebuah hunian peran garasi memiliki fungsi yang cukup penting, tidak melulu mengenai tempat kendaraan saja. Lebih dari itu garasi memiliki fungsi yang cukup banyak, seperti menyimpan barang-barang kendaraan kita, atau alat-alat kendaraan kita.

Terkadang sering kali garasi dibuat dengan ukuran yang pas dengan ukuran mobil atau kendaraan kita, padahal hal inilah yang sebenarnya membuat diri kita menjadi tidak nyaman, selain terkadang susah untuk memasuki dan keluar dari mobil, garasi yang dibuat pas dan sangat sempit membuat sirkulasi menjadi buruk dan membuat bagian dalam mobil kita menjadi pengap atau kepanasan, dan ini kurang baik untuk kendaraan kita.

Karena pembangunan garasi tidak lepas dari pembangunan sebuah hunian, oleh sebab itu kita harus merencanakan sejak lama bersamaan dengan perancangan rumah kita, hal ini akan memudahkan kita dalam membangunnya.

Namun bila kita ingin membuat garasi ketika rumah kita sudah jadi, tetap saja kita bisa membangunnya, namun sedikit lebih merepotkan karena kita harus menyatukan bangunan lama dengan bangunan baru, bangunan lama pun harus ada yang sedikit diubah atau dibongkar. Karena itu sebaiknya kita pikirkan terlebih dahulu dalam memilih atau membangun hunian, jangan sampai akhirnya kita mengeluarkan uang lebih banyak lagi karena kita salah dalam mendesain sebuah rumah di saat awal.

Hal yang terpenting dalam membangun sebuah garasi adalah kita harus mengetahui dulu fungsinya. Menjadikan garasi sebagai tempat menyimpan barang atau menyimpan kendaraan, namun memang umumnya garasi digunakan untuk menyimpan sebuah kendaraan.

Selain itu pikirkan juga berapa ukurannya, pikirkan berapa kendaraan yang nantinya akan letakkan di sana, selain itu barang apa saja yang nantinya akan kita letakkan disana, dengan begitu kita barulah bisa menentukan ukuran dari garasi kita. Jadikan pula garasi kita sebagai tempat yang multi fungsi.

Selain itu pikirkan pula desain sebuah garasi yang kita inginkan, dari segi materialnya kah atau dari segi fungsionalnya. Mendesain garasi tidak ada bedanya seperti mendesain sebuah hunian, keamanan dan kenyamanan menjadi nilai yang sangat penting. Salah satunya dengan pemilihan bahan bangunan yang baik, aman, sehat dan kuat.

Karena tidak hanya nyawa kita saja yang pantas dilindungi, namun barang-barang kita yang berada dalam garasi juga penting untuk kita jaga. Pemilihan pintu yang terutama, di sinilah biasanya kita harus memilih dengan tepat, selain ketahanannya, pintu garasi juga harus dipilih yang memiliki kemudahan dalam penggunaannya, entah dilipat, digulung ke atas ataupun ke samping, selain itu keamanannya pun harus diperhatikan dengan baik.