"Tiket Promo" Merpati Capai Rp60 Miliar

Kamis, 13/09/2012

NERACA

Jakarta--PT Merpati Nusantara Airlines Persero memproyeksikan penjualan tiket promo “Terbang Hemat Bertiga” mencapai Rp60 miliar. Promo ini berlangsung 19 September 2012 hingga 18 September 2013 dengan menggandeng Bank Mandiri. "Kita berharap penjualan tiket promo ini Rp5 miliar per bulan," kata EVP Commercial Merpati, Sutan Banuara, di Jakarta,12/9

Lebih jauh Sutan memaparkan, kerja sama dengan PT Bank Mandiri dapat mendongkrak pertumbuhan penjualan tiket Merpati hingga akhir tahun sekitar 20 persen. Sinergi dua BUMN ini akan terus dilanjutkan sebab keduanya berencana memasarkan objek wisata yang tersebar di Tanah Air. "Selama kita memerlukan Bank Mandiri, maka kerja sama ini akan terus dilanjutkan. Karena kita punya satu tujuan untuk mengembangkan kawasan eksotis di Indonesia," tuturnya.

Bahkan Sutan optimistis kerja sama tersebut dapat mendongkrak penjualan tiket "non cash" Merpati. Saat ini, penjualan tiket dari "non cash" sekitar 10%. Terpilihnya Bank Mandiri sebagai mitra karena bank ini memiliki jaringan yang luas sehingga mempermudah penjualan tiket Merpati.

Untuk penjualan tiket Merpati dalam delapan bulan pertama 2012, ia mengakui sudah mengalami pertumbuhan 10%-15%. Pada Agustus 2012, Merpati telah mengantongi penjualan Rp170 miliar. Merpati juga berhasil mengangkut penumpang hingga Agustus 2012 sebanyak 1,6 juta orang. Diharapkan sampai akhir tahun ini dapat mengangkut 2,5 juta orang.

Menyoal rencana sewa delapan pesawat Boeing 737-800 NG, ia mengungkapkan saat ini, pihaknya masih melakukan negosiasi harga, serta mempelajari komponen-komponen dari pesawat tersebut. Dipastikan, tiga pesawat akan didatangkan Oktober 2012 hingga kuartal pertama tahun depan. "Pesawat ini akan melayani rute penerbangan ke Bali, Nusa Tenggara, Makassar, Palu, Kendari, serta Papua. Kita berharap, satu rute akan dilayani minimal tiga frekuensi," ungkapnya.

Sementara itu, Executive Vice President Coordinator Consumer Finance Bank Mandiri, Mansyur S Nasution, mengungkapkan melalui kerja sama ini, pemegang kartu kredit Mandiri dapat menikmati promo “Terbang Hemat Bertiga” untuk seluruh tujuan penerbangan jika melakukan pembelian melalui kantor penjualan Merpati.

Mansyur menambahkan, perkembangan uang plastik yang saat ini tinggi dan menjadi gaya hidup masyarakat, mendorong Bank Mandiri terus menciptakan terobosan baru untuk memberi kenyamanan dan kemudahan bagi nasabah dalam memenuhi kebutuhan sehingga semakin sering bertransaksi dengan kartu kredit Mandiri.

Handayani mengutarakan, volume pemakaian kartu kredit Mandiri pada segmen ritel akan terus meningkat. Untuk jumlah kartu kredit Mandiri yang diterbitkan telah mencapai lebih dari 2,6 juta dengan nilai transaksi sampai dengan Agustus 2012 lebih dari 11 triliun atau lebih dari 22 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.**cahyo