Memilih Atap Hunian

Sabtu, 08/09/2012

Atap rumah atau biasa disebut genteng rumah memang memiliki fungsi yang sangat penting. Apalah artinya sebuah hunian bila tidak memiliki atap, sengatan matahari yang panas akan langsung jatuh diatas kepala kita, belum lagi bila hujan, seisi rumah kita bisa banjir dan basah semua. Namun memang hampir tidak mungkin ada rumah tanpa atap. Memilih atap yang tepat pun tidak mudah, selain jenis dan modelnya yang banyak, cara pemasangan genteng ini pun berbeda-beda, daari yang sangat mudah dipasang oleh siapa saja, sampai yang harus dipasang oleh ahlinya. Begitu pula dengan ketahanannya pun berbeda-beda, ada yang mudah rapuh dan hancur dan ada pula yang sangat tahan terhadap panas dan hujan.

Masyarakat masa kini memang mayoritas memakai genteng yang terbuat dari tanah atau keramik. Padahal sesungguhnya genteng ini memiliki beban yang cukup berat dibandingkan menggunakan genteng metal. Namun sebagian orang percaya bahwa menggunakan genteng dari tanah liat dapat menciptakan suasana yang sejuk didalam rumah. Genteng metal memang memiliki beban yang lebih ringan dibandingkan genteng tanah liat, namun untuk pemasangan dan instalasi nya memang cukup rumit dan membutuhkan orang yang benar-benar ahli untuk memasangnya. Selain itu juga, genteng metal memang memiliki harga yang relatif lebih tinggi.

Memilih gentng tanah liat memang tidak begitu sulit, kita hanya harus teliti saja. Pilihlah genteng dengan warna kuning kemerahan,lebih tepatnya mengarah ke warna orange, karena genteng yang berwana tersebut menandakan telah di bakar dengan keadaan benar-benar matang. Karena hanya genteng yang memiliki pembakaran baik saja yang akan kuat dan tahan lama. Ketuk genteng hingga berbunyi sedikit nyaring, genteng yang bersuara nyaring berarti memiliki pembakaran yang baik dan merata. jatuhkan genteng di tanah dengan ketinggian kurang lebih 1 meter dari atas tanah, jika genteng pecah maka belum di kategorikan genteng berkualitas.