Tokoon.com: Mall Online dari IM2

Dorong UKM pada Era Digitalisasi

Sabtu, 07/07/2012

NERACA

PT Indosat Mega Media (IM2), selaku penyedia layanan internet dan multimedia terkemuka, pekan lalu meluncurkan mall belanja online bernama Tokoon.com. Tokoon.com memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan untuk berbelanja online. IM2 melalui Tokoon.com, berharap bisa ikut membantu sektor Usaha Kecil Menengah di Indonesia untuk tumbuh dan berkembang bisnisnya.

“Tren belanja melalui internet memperlihatkan peningkatan dari waktu ke waktu,” ujar Ridwan F. Karsa, Direktur Utama IM2.

Di sisi lain, katanya, online shopping membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi mengingat transaksi terjadi tanpa bertemu. Di Tokoon.com.

“IM2 menjamin keamanan dan kemudahan transaksi bagi penjual dan pembeli sehingga belanja online pun lebih nyaman,” tambahnya.

Keamanan dan kemudahan bertransaksi merupakan dua hal yang menjadi fokus Tokoon.com. Dalam hal keamanan, katanya, dilakukan verifikasi terhadap merchant yang produknya tampil di Tokoon.com.

Tokoon.com juga memiliki fasilitas sistem pembayaran yang mudah dan aman, di mana setiap transaksi harus melewati rekening yang ada di Tokoon.com. Untuk pembeli, jelas ini lebih aman karena ada pihak yang akan menjamin keamanan transaksi.

“Pembayarannya pun fleksibel karena dilakukan melalui transfer bank dan kartu kredit, dan juga mobile wallet,” katanya..

Transaksi di Tokoon.com juga lebih nyaman karena tersedia fasilitas otomatisasi penghitungan ongkos kirim dan tracking no resi pengiriman. Jadi setiap kali pembeli memasukkan alamat pengiriman maka secara otomatis mengikuti biaya kirim JNE dari produk yang dibelinya.

Bagi penjual, hal ini sangat praktis karena penjual cukup menyediakan akses internet saja. Jika ada pembelian, maka akan ada pihak jasa pengiriman barang yang akan datang untuk mengambil barang ke tempat penjual dan kemudian mengirimkan ke pembeli.

Tokoon.com juga sudah terhubung dengan tracking JNE, jadi pihak pembeli dan penjual dapat mengetahui melalui online posisi produk berada di mana selama proses pengiriman produk.

“Sementara settlement pembayaran akan dikembangkan menjadi hanya dalam waktu H + 1 setelah pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang,” ujarnya.

Dia berharap konsumen semakin nyaman berbelanja di Tokoon.com dengan adanya tim layanan pelanggan yang siaga 24 jam. Shopping cart yang tersedia memberikan kemudahan karena proses pembelian dapat dilakukan hanya dalam 2 – 3 kali klik saja.

Serunya lagi, Tokoon.com akan senantiasa menyediakan berbagai program promosi, diskon menarik dan lain sebagainya untuk meningkatkan membantu penjualan.

“Agak berbeda dengan penyedia e-commerce lainnya, tokoon.com menyediakan dan mengintegrasikan antara toko online dengan subdomain pilihan pemilik toko sendiri (freemium.tokoon.com) dengan aggregator toko yang akan dipromosikan melalui digital marketing dan social media,” ujar Thalhah Fakhrizal, General Manager Adjacent Business Development IM2.

Menurut dia, siapa saja dapat melakukan transaksi di tokoon.com, namun calon pembeli diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Proses registrasinya mudah dan cepat dengan mengikuti petunjuk yang diberikan di Tokoon.com. “Syarat lainnya, cukup memiliki rekening atau kartu kredit yang masih aktif,” katanya.

Perbedaan lainnya adalah adanya pendampingan terhadap para pelaku UKM yang dilakukan di 8 kota besar di Indonesia bekerjasama dengan Kementrian UKM dan Indosat. Kerjasama ini menitikberatkan pada usaha pengembangan koperasi dan usaha kecil dan menengah melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

“Bagi pelaku industri dari kalangan Usaha Kecil Menengah, kehadiran tokoon.com akan menjadi angin segar bagi bisnis mereka karena memberikan kesempatan untuk membuka toko online yang mudah dan aman,” ujar Emilia Suhaemi, Asisten Deputi Produktivitas Mutu Kementerian Koperasi dan UKM. (agus)