Wamendag AS Akan Lobi Komisi VI DPR

Wamendag AS Akan Lobi Komisi VI DPR

NERACA

Jakarta---Komisi VI DPR didekati Amerika Serikat guna mengembangkan dan meningkatkan kerjasama bidang pendidikan. Alasanya peningkatan kerjasama bidang pendidikan dinilai AS sebagai hal yang strategis selain misi perdaganga di Indonesia.

"Ya, Wakil Mendag AS, Dr. Jane Lubchenco (untuk Bidang Kelautan dan Atmosfir yang juga menjabat sebagai kepala Badan Kelautan dan Atmosfir Nasional (National Oceanic and Atmosphere Administration-NOAA), akan mengunjungi Indonesia, dan akan menemui Komisi VI DPR,"kata Ketua Komisi VI DPR, Ir H Airlangga Hartarto kepada wartawan di Jakarta,20 Maret 2011.

Ditanya kapan kepastian kedatangan ke Komisi VI DPR, Airlangga mengatakan kemungkinan besar sekitar tanggal 4 April 2011. "Jadwal saya diterima, Komisi VI DPR akan menerima Wamendag AS, 4 April 2011, mudah-mudahan tak ada perubahan," tambahnya.

Namun saat ditanya apakah dibalik lobi Wamendag AS ke Komisi VI terkait untuk membendung barang-barang produk China yang menyerbu Indonesia, Airlangga membantahnya. "Tak ada pembicaraan soal itu. Yang jelas, kunjungannya ingin lebih mendayagunakan aspek pendidikan,"paparnya.

Lebih jauh saat disinggung soal kemungkinan AS memberikan kesempatan bea siswa lebih besar untuk mahasiswa Indonesia ke Amerika, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ini mengatakan secara diplomatis pemberian bea siswa tidak hanya dari pemerintah AS. Namun juga berasal dari organisasi-organisasi dan institusi internasiona. "Beasiswa diberikan oleh berbagai organisasi internasional,"ungkapnya.

Yang jelas, ketika ditanya masalah kemungkinan lobi Wamendag AS terkait pemulihan ekonomi AS, Airlangga mengaku belum tahu agenda rencana pertemuan tersebut. “Kita belum tahu apa saja agendanya. Kita lihat saja nantilah,”tegasnya. **cahyo

Related posts