Talenta Muda Ditantang Bangun Ekosistem Digital - Dorong Kontribusi Peran Pemuda

Kemajuan bangsa Indonesia di era digital tidak terlepas dari peran generasi muda sebagaidigital native. Mereka menjadi agen perubahan untuk mewujudkan pemerataan ekosistem digital di Indonesia dengan berbagai inovasi yang dihasilkan. Hal tersebut menginspirasi Telkomsel bersama generasi muda dalam mengakselerasikan negeri melalui implementasi teknologi digital secara luas. Komitmen tersebut kini ditunjukkan Telkomsel yang bersinergi sebagai bagian Telkom Group dengan mendukung perhelatan Indonesia Butuh Anak Muda (IBAM).

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin dalam siaran persnya di Jakarta, kemarinmengatakan, generasi muda bertalenta selalu menjadi inspirasi bagi Telkomsel dalam berkontribusi positif untuk negeri. “Kami terus bercermin dari mereka untuk merancang berbagai inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan yang salah satunya berfokus pada pengembangan talenta digital muda dalam negeri agar menjadi sumber daya unggul yang memiliki daya saing. “Kesamaan komitmen kami dengan tujuan penyelenggaraan IBAM membuat kami yakin bahwa IBAM menjadi tempat yang tepat bagi generasi muda untuk menyalurkan minatnya dan bertukar pikiran dengan orang lain yang memiliki spirit yang sama,”ujarnya.

IBAM sendiri merupakan gerakan dari Narasi yang menyediakan ruang dialog, interaksi, serta akses kolaborasi dan bertukar gagasan untuk mendorong anak muda ikut aktif sebagai bagian dari ekosistem solusi untuk membentuk Indonesia yang lebih baik. Sejumlah pembicara seperti Nadiem Makarim, Wishnutama, Erick Thohir, Pandji Pragiwaksono, Kunto Aji, hingga Fiersa Besari hadir untuk memberikan inspirasi kepada anak muda untuk memberikan aksi nyata bagi perkembangan bangsa. Pada perhelatan IBAM kali ini, Telkomsel menghadirkan showcase program The NextDev Hub dan Digital Creative Millenials (DCM) yang merupakan bagian kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) Telkomsel, yang terkait dengan segmen anak muda dalam mengembangkan kapasitasnya melalui pemanfaatan solusi berbasis teknologi digital.

Pada showcase The NextDev Hub, Telkomsel menggandeng pengembang aplikasi "Cakap" sebagai salah satu lulusan The NextDev 2018, yang aktif membantu generasi muda produktif di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) untuk memperoleh keterampilan bahasa asing. Pengunjun IBAM dapat melakukan konsultasi bisnis dan latihanpitchingserta mendaftarkanstartupyang didirikannya untuk program The NextDev Talent Scouting 2020 yang segera akan diluncurkan. Selain itu, pengunjung juga bisa mengetahui program pengajaran Bahasa Inggris gratis untuk anak-anak di daerah 3T yang sedang dijalankan oleh Cakap.

Selain itu, Telkomsel berkolaborasi dengan NAH Project untuk menghadirkanshowchase terkait program DCM di IBAM. NAH Project sendiri merupakan peserta program DCM dan sukses menjadi pelopor di Indonesia dalam menerapkan metodetransparency pricing. Pengunjung dapat mendaftarkan merek miliknya di program DCM secara langsung diboothuntuk mengembangkan bisnisnya melalui pelatihan dan asistensi yang diperlukan untuk mengubah pola usaha yang konvensional menjadi berbasis data.

Ciptakan Pemimpin

Sementara Founder & CEO Cakap, Tomy Yunusmengatakan,acara IBAM2020 memacu para generasi muda memimpin perubahan yang positif dan berani bertindak untuk membuat dampak sosial yang nyata bagi Indonesia, dimana semua itu bisa dimulai dari lingkungan sekitar dan bidang masing-masing. “Cakap bersama Telkomsel semakin termotivasi menggunakan teknologi kelas jarak jauh yang kami terus kembangkan untuk kemajuan bangsa Indonesia, khususnya dalam hal peningkatan kecakapan berbahasa Asing untuk seluruh penduduk Indonesia,”jelasnya.

Managing Director NAH.Project, Ifa Hanifahmengatakan, NAHProject brand sneakers lokal yg berdiri sejak 2017 dan bergerak dengan jiwa yang exploratif. Anak muda Indonesia harus berani explore karena Indonesia mempunyaairesourceyang banyak sekali. “Dengan berani explore kita bisa menghasilkan sebuah produk denganvalueyang jauh lebih besar. Jadi untuk kamu anak-anak muda Indonesia yang punya ide-ide kreatif, jangan pernah takut untuk mengambil langkah. Jangan pernah bingung karena sudah adaplatformyang bisa membantu kamu untuk mewujudkan itu, yaitu melalui program Telkomsel, Digital Creative Millennials,”tuturnya.

Oleh karena itu, melalui gerakan #IndonesiaButuhAnakMuda, Telkomsel optimis bahwa generasi muda sebagaidigital nativemampu membawa Indonesia menjadi negara dengan ekosistem digital yang merata dan berkelanjutan. Maka dari itu, Telkomsel sebagaidigital telco companyyang didukung sinergi aktif bersama Telkom Group secara konsisten akan terus bergerak maju mengakselerasikan negeri untuk mengembangan kapasitas anak-anak muda melalui inisiatif berbasis teknologi digital di berbagai bidang, baik itu memperkuat soft skill maupun harf skill. “Kami juga percaya kegiatan IBAM akan semakin memperluas kesempatan bagi generasi muda sebagai SDM Unggul untuk lebih aktif menjadi agen perubahan untuk Indonesia yang lebih baik,”kata Denny.

BERITA TERKAIT

Optimalkan Penggunaan Dana CSR - Peran BUMN dan Swasta Gotong Royong Tangkal Covid-19

Musibah penyebaran virus corona atau Covid-19 telah memberikan kekhawatiran bagi masyarakat. Bahkan dampak dari penyebaran virus tersebut, tidak hanya memberikan…

Berperan Melawan Misinformasi - Whatsapp Beri Pelatihan Literasi Digital Perempuan

Di era digital saat ini, segala sesuatunya bisa dilakukan dengan mudah, efisen dan cepat. Begitu juga dengan informasi, dalam hitungan…

Bantu Kesejahteraan Para Santri - Garuda Salurkan CSR Sektor Keagamaan di Aceh Jaya

Kehadiran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam operasional bisnisnya tidak hanya sekedar mencari untung, tetapi juga mampu memberikan pemberdayaan kepada…

BERITA LAINNYA DI CSR

Dukung Gaya Hidup Sehat - SCG Fasilitasi Pipa Air Bersih Bagi Warga Sukabumi

Pandemik Covid-19 tengah menjadi sorotan di seluruh penjuru dunia, pemerintah Indonesia telah menginstruksikan agar seluruh masyarakat mendukung upaya pencegahan sebaran…

Perangi COVID-19 - BCA Donasikan Alat Medis ke Sejumlah Rumah Sakit

Komitmen BCA untuk turut memerangi penyebaran COVID-19 terus digalakkan. Setelah memberikan bantuan berupa donasi alat medis kesehatan yang bekerjasama dengan…

Dukung Tenaga Medis Indonesia - Sharp Indonesia Donasikan Masker N-95

Sejak pertengahan bulan Februari sampai dengan saat ini, Indonesia semakin dibayangi oleh wabah virus COVID-19 atau yang biasa disebut virus…