Mengantisipasi DBD Di Musim Hujan

NERACA

Sudah banyak sekali kasus angka kematian yang diakibatkan oleh serangan nyamuk atau yang biasa dikenal demam berdarah (DBD). Sehingga penyakit yang satu ini menjadi momok menakutkan bagi masyarakat.

Demam berdarah disebabkan oleh demam berdarah disebabkan oleh virus dengue, itulah sebabnya penyakit ini disebut juga dengan demam berdarah dengue yang disingkat menjadi DBD. Ada empat jenis virus demam berdarah, itulah sebabnya pada beberapa kasus penderita demam berdarah yang satu menunjukkan gejala yang berbeda dengan penderita demam berdarah lainnya.

Penyakit ini menular dari satu penderita ke penderita lainnya melalui nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini biasa menggigit pada siang hari. Nyamuk yang mengisap darah dari penderita DBD kemudian menggigit orang lain yang sehat membuat virus yang ada berpindah ke orang yang sehat dan akan menyebabkan orang tersebut menderita demam berdarah.

Demam berdarah biasanya menyerang pada pendarahan organ tubuh seseorang, serta ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah pada bagian tubuh, jika sudah sangat parah sekali pendarahan bisa menyerang seseorang pada organ-organ penting didalam tubuh sehingga bisa menyebabkan kematian pada seseorang.

Penyakit ini banyak ditemukan didaerah tropis seperti Asia Tenggara, India, Brazil, Amerika termasuk di seluruh pelosok Indonesia, kecuali di tempat-tempat ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan air laut.

Sedangkan, cara mengobati demam berdarah sebenarnya tidak ada obatnya pada kasus demam berdarah karena tidak ada vaksin untuk membunuh virus dengue. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga agar penderita tidak mengalami dehidrasi. Jika penderita tidak dapat makan dengan baik, mengalami diare atau muntah, ada baiknya penderita dirawat di rumah sakit agar dapat dibantu dengan infus sehingga daya tahan penderita lebih kuat. Pada penderita demam berdarah tidak ada pantangan makanan.

Untuk mencegah demam berdarah seperti yang telah diterapkan oleh pemerintah yaitu dengan cara menerapkan 3m. 3m yang dimaksut ialah Menguras bak mandi minimal satu minggu sekali, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang bekas yang tidak terpakai yang berpotensi menjadi tempat genangan air hujan.

Penyebab penyakit malaria

Penyakit malaria adalah suatu infeksi pada bagian dari sel darah yaitu infeksi pada sel darah merah. Ditularkan oleh nyamuk yang membawa parasit yang menyebabkan penyakit malaria. Penyakit malaria merupakan peyakit yang sangat dikenal oleh masyarakat dengan jumlah kasus yang cukup banyak.

Sedangkan, “berdasarkan data di dunia, penyakit malaria membunuh satu anak setiap 30 detik. Sekitar 300-500 juta orang terinfeksi dan sekitar satu juta orang meninggal karena penyakit ini setiap tahunnya, 90% kematian terjadi di Afrika, terutama pada anak-anak.”

Penyebaran penyakit Malaria

Saat ini, sekitar dua juta kematian per tahun di seluruh dunia karena infeksi Plasmodium. Sebagian besar terjadi pada anak di bawah usia lima tahun di negara-negara Afrika sub-Sahara. Penyebab penyakit malaria adalah infeksi oleh parasit Plasmodium yang ditularkan dari satu manusia yang lain dengan gigitan nyamuk malariayang dikenal dengan nyamuk Anopheles.

Penyebab penyakit malaria dari genus Plasmodium dimulai dengan gigitan dari nyamuk yang terinfeksi. Perjalanan parasit dari gigitan nyamuk ke hati, di mana parasit mulai bereproduksi berlanjut ke aliran darah.

Related posts