KKP Raih Penghargaan Tertinggi HTCA 2019 dari BSN

NERACA

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) senantiasa melakukan peningkatan standar mutu produk kelautan dan perikanan. Atas upaya ini, KKP berhasil meraih penghargaan tertinggi Herudi Technical Committee Award (HTCA) 2019 dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Penghargaan HTCA 2019 tertinggi diberikan kepada Komite Teknis 65-05: SNI Produk Perikanan dari Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP) KKP sebagai Komite Teknis Perumusan SNI dengan kinerja terbaik. Selain itu, penghargaan lainnya juga diberikan kepada Komite Teknis 65-08: SNI Produk Kelautan/Perikanan Non-Pangan.

Kepala BSN Bambang Prasetya menyerahkan langsung penghargaan HTCA 2019 untuk Komite Teknis 65-05 kepada Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Innes Rahmania dalam kegiatan Temu Komite Teknis Perumusan SNI di Gedung BPPT II, Jakarta, Rabu (20/11). Sedangkan penghargaan untuk Komite Teknis 65-08 diserahkan kepada Direktur Pemasaran Machmud.

HTCA merupakan penghargaan yang diberikan oleh BSN kepada Komite Teknis Perumusan SNI yang memiliki kinerja terbaik. Tahun ini, HTCA mengambil tema “SDM Unggul untuk Pengembangan Standar Mendukung Pembangunan Berkelanjutan”.

Kriteria yang digunakan dalam penilaian adalah komite teknis dengan kinerja sekretariat yang baik; dapat merumuskan SNI yang sesuai dengan kebutuhan pasar; telah menerapkan tahapan proses perumusan standar sesuai dengan Program Nasional Perumusan Standarisasi (PNPS); serta mampu menyelesaikan program kerjanya sesuai target yang telah ditetapkan.

Ini merupakan kali kelima KKP menerima penghargaan HTCA. Tercatat, KKP secara berturut-turut menerima penghargaan HTCA pada tahun 2014-2019, menjadikannya Kementerian/Lembaga pertama yang berhasil menerima penghargaan ini sebanyak lima kali secara beruntun.

Dalam tahun ini, Komite Teknis 65-05 Produk Perikanan berhasil menggungguli 148 Komite Teknis dari Kementerian/Lembaga lainnya. “Dari 11 komite teknis yang memperoleh nilai di atas 70, KKP mendapatkan penilaian tertinggi,” ujar Ines.

Ia pun menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BSN karena telah memberikan kepercayaan dalam pemberian penghargaan HTCA selama 5 tahun secara beruntun kepada KKP dalam 12 kali penyelenggaraanya. “Penghargaan ini memacu KKP untuk terus berkomitmen dan menjadikan standarisasi sebagai program prioritas. Dalam implementasinya, SNI yang telah disusun mendukung percepatan ekspor produk perikanan melalui Sertifikasi Kelayakan Pengolahan (SKP), Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP), dan Pengembangan Lembaga Sertifikasi Produk Hasil Perikanan di daerah untuk menerbitkan SPPT SNI,” jelas Innes.

Hingga saat ini, kinerja pengembangan SNI produk kelautan dan perikanan menunjukkan tren yang positif. Terdapat 226 SNI produk kelautan dan perikanan yang telah diterbitkan. Dua di antaranya yaitu SNI Wajib untuk Produk Tuna dan Produk Sarden/Makarel dalam Kemasan Kaleng.

Direktur Jenderal PDSPKP Agus Suherman di tempat terpisah menyatakan, KKP akan selalu berkomitmen tinggi dalam kegiatan perumusan dan penerapan SNI.

“Hal ini kita lakukan dengan selalu memperhatikan penguatan regulasi di bidang standardisasi, komitmen manajemen/organisasi, komitmen pengelolaan kepada anggota komite teknis, dan komitmen pengelolaan sekretariat komite teknis menjadi SDM unggul di bidang standardisasi,” tuturnya.

BERITA TERKAIT

Kementan Optimis 2020 Mengekspor Beras

NERACA Jakarta – Kementerian Pertanian optimis akan mengekspor beras disamping memenuhi kebutuhan dalam negeri. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden…

Cargill Komit Mendukung Masyarakat dalam Pelestarian dan Perlindungan Hutan

 NERCA Jakarta - Cargill yang merupakan perusahaan memproduksi minyak sawit berkelanjutan memberikan pendanaan sebesar Rp 49 miliar (US$ 3,5 juta)…

Sinergi Kemendag dan Pemerintah Papua Barat Pastikan Harga Bapok Stabil

Sorong - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersinergi dengan pemerintah daerah dan pelaku usaha di Papua Barat untuk memastikan stabilitas harga dan…

BERITA LAINNYA DI INDUSTRI

Mendag Pastikan Harga Bapok di Solo Jelang Nataru Aman

NERACA Kementerian Perdagangan Kemendag menjamin bahwa pasokan bahan pokok di Solo, Jawa Tengah menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020…

Presiden Ingin Impor Petrokimia Ditekan

Presiden Ingin Impor Petrokimia Ditekan   NERACA Cilegon - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik baru polyethylene (PE) PT Chandra…

Kemenperin Komit Mendorong Sektor IKM

NERACA Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong perkembangan peranan perempuan dalam bidang usaha, termasuk industri kecil menengah (IKM).…