APBN Anggarkan Dana Bencana Rp4 T

NERACA

Jakarta---Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Perubahan Tahun Anggaran 2012 terungkap anggaran dana penanggulangan bencana alam mencapai Rp4 triliun. Berdasarkan data Nota Keuangan yang dirilis oleh Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, Rabu (11/4/2012), dalam anggaran belanja bantuan sosial RAPBN-P 2012 direncanakan sebesar Rp55,377 triliun. Jumlah ini berarti meningkat sebesar Rp7.613,7 miliar atau 15,9% dari pagunya dalam APBN tahun 2012 sebesar Rp47.763,8 miliar.

Adapun kenaikan pagu anggaran belanja bantuan sosial dalam RAPBN-P tahun 2012 tersebut, terutama untuk melaksanakan program-program dalam rangka mengurangi beban masyarakat terkait dengan adanya kebijakan pengendalian subsidi BBM melalui penyesuaian harga BBM bersubsidi.

Alokasi anggaran belanja bantuan sosial dalam RAPBN-P tahun 2012 tersebut, terdiri atas alokasi anggaran melalui Kementerian Lemabga (K/L) sebesar Rp51,377 triliun, dan alokasi dana cadangan penanggulangan bencana alam melalui BA/BUN sebesar Rp4 triliun.

Selain itu, dana tersebut juga dikucurkan untuk program kompensasi kenaikan biaya tidak langsung angkutan umum dan program subsidi siswa miskin (SSM) yang diperuntukkan bagi perluasan cakupan SSM, untuk mempertahankan agar siswa tidak putus sekolah dan mengurangi beban biaya pendidikan yang harus ditanggung orang tua siswa.

Di samping itu, kenaikan anggaran belanja bantuan sosial dalam RAPBN-P tahun 2012 juga terkait dengan adanya realokasi program pengawasan penyelenggaraan pemilu sebesar Rp1,6 miliar dari belanja lain-lain ke dalam belanja bantuan sosial. **cahyo

Related posts