Bank Harus Selalu Terapkan Inovasi Tanpa Henti

NERACA

Jakarta - Sering kali kita mendengar aspirasi dari nasabah maupun kerabat yang ingin menikmati layanan perbankan sesuai gaya hidup saat ini, yqng mudah, cepat dan simpel. Sudah saatnya tidak lagi harus ke kantor cabang untuk bertransaksi, tidak perlu lagi mengisi formulir aplikasi yang panjang untuk membuka rekening baru, hingga adanya fitur-fitur canggih yang dapat mendukung aktivitas keuangan kapan saja dan dimana saja.

"Saya memahami kebutuhan tersebut adalah dampak dari perkembangan teknologi yang telah mengambil peranan besar dalam segala aspek kehidupan kita, termasuk dalam urusan perbankan. Technology is moving very fast, dan pelaku bisnis harus siap menghadapi tantangan serta beradaptasi dengan perubahan yang ada", papar Direktur Operations & IT PT Bank CIMB Niaga TbkRita Mas’Oen, dalam rilisnya di Jakarta, kemarin.

Rita mengungkapkan, pihaknya terus berupaya untuk merangkul dan menyesuaikan diri dengan keberadaan teknologi. Salah satunya dengan memperkuat infrastruktur Information Technology (IT). "Strategi ini kami wujudkan melalui implementasi sistem core banking baru bernama 1Platform (1P) yang kami luncurkan pada 2016 lalu", tukas Rita.

Rita percaya, membangun infrastruktur IT tak ubahnya seperti mendirikan sebuah rumah. Hal utama yang harus disiapkan sejak awal adalah pondasi yang kokoh untuk menopang pilar-pilar bangunan yang berdiri di atasnya. "Dalam hal ini, sistem core banking 1P adalah pondasi dasar bagi pengembangan infrastruktur IT CIMB Niaga ke depan yang tangguh, agile, aman, nyaman, dan inovatif", tandas Rita.

Core banking 1P tidak hanya memungkinkan CIMB Niaga untuk menerapkan enam lapis keamanan guna memastikan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. Platform tersebut juga memberikan ruang untuk lebih aktif berinovasi mengembangkan fitur-fitur baru, serta meningkatkan kemampuan digital banking CIMB Niaga secara berkelanjutan. "Terbaru, kami telah menghadirkan The New Go Mobile, yakni pembaruan dari mobile banking CIMB Niaga. Beragam fitur terus ditambahkan, seperti pembayaran menggunakan QR Code serta fitur e-KYC untuk pembukaan rekening tabungan pertama bagi calon nasabah Go Mobile," kata Rita.

Tak hanya itu, dengan sistem core banking yang unggul, CIMB Niaga juga dapat memanfaatkan teknologi robot bernama Neo Robotics (Nero) untuk melakukan pekerjaan repetitif. Sebaga contoh, pada bidang operations dalam report generation to billers, kini prosesnya menjadi lebih cepat dan akurat selama 24 jam nonstop. "Teknologi robotik ini akan terus kami kembangkan menjadi Centre of Excellence yang akan diimplementasikan dalam bidang teknologi informasi, operations, finance, human resources (HR), serta beragam unit bisnis inti di CIMB Niaga," ujar Rita.

Di sisi lain, lanjut Rita, teknologi hanyalah tools yang tidak dapat bekerja sempurna bila tidak didukung sumber daya manusia (SDM) yang excellence. Menurut Rita, membangun infrastruktur tanpa diimbangi investasi SDM ibarat membangun rumah di atas pasir. "Karenanya, mempertahankan SDM yang handal menjadi tantangan tersendiri," tegas Rita.

Rita pun menekankan, tugas untuk mengelola SDM bukan hanya menjadi tanggungjawab Direktur maupun unit Human Resources, namun juga berada di tangan masing-masing leader. "Berbekal pengalaman berinteraksi dengan banyak orang, saya mengerti bahwa kita perlu menyentuh hati rekan kerja dengan memahami pemikiran mereka dan berupaya untuk menjalaninya secara terbuka," kata Rita.

Harapannya, mereka tetap nyaman dan dapat mengembangkan talenta selama bekerja. "Saya juga selalu memotivasi tim bahwa kita tidak hanya sekadar karyawan IT yang berperan sebagai support, melainkan menjadi business enabler yang terus memaksimalkan inovasi teknologi untuk menghasilkan produk dan layanan yang mumpuni kepada nasabah," jelas Rita.

Menggabungkan keunggulan teknologi serta SDM berkualitas, Rita optimis dapat mewujudkan aspirasi CIMB Niaga menjadi perusahaan perbankan digital terdepan di Indonesia. "Dua kata kunci yang terus kami pegang agar mampu menghadapi beragam tantangan di era pesatnya teknologi saat ini yaitu Agile dan berinovasi tanpa henti," pungkas Rita.

BERITA TERKAIT

Laba OCBC NISP Tumbuh 11%

  NERACA Jakarta - Bank OCBC NISP membukukan laba bersih di 2019 sebesar Rp2,9 triliun atau naik 11% bila dibandingkan…

LinkAja Gandeng JNE untuk Permudah Transaksi

  NERACA Jakarta - LinkAja berkolaborasi dengan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dalam rangka mempermudah pembayaran jasa pengiriman logistik…

Prudential Beri Perlindungan Tambahan Hadapi Virus Corona

  NERACA Jakarta – Perusahaan asuransi PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memberikan perlindungan tambahan terhadap ancaman virus corona jenis…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Laba OCBC NISP Tumbuh 11%

  NERACA Jakarta - Bank OCBC NISP membukukan laba bersih di 2019 sebesar Rp2,9 triliun atau naik 11% bila dibandingkan…

LinkAja Gandeng JNE untuk Permudah Transaksi

  NERACA Jakarta - LinkAja berkolaborasi dengan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dalam rangka mempermudah pembayaran jasa pengiriman logistik…

Prudential Beri Perlindungan Tambahan Hadapi Virus Corona

  NERACA Jakarta – Perusahaan asuransi PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memberikan perlindungan tambahan terhadap ancaman virus corona jenis…