PATRIA Raih Penghargaan The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award

NERACA

Jakarta - Sebagai perusahaan engineering & manufacturing yang fokus akan inovasi, PT United Tractors Pandu Engineering (PATRIA) selalu berusaha mengembangkan bisnisnya dengan masuk ke sektor-sektor baru yang belum pernah digelutinya. Dalam setiap pengembangannya PATRIA selalu berusaha melahirkan produk baru yang benar-benar inovatif, Patria Cane Core Sampler & Cane Analyzer (Patria Core Sampler) adalah produk inovasi karya PATRIA masuk ke sektor bisnis perkebunan tebu.

Atas pengembangan inovasi produk yang mulai dikembangkan sejak 2016 ini, PATRIA mendapatkan apresiasi penghargaan “The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award”. Penghargaan ini merupakan kerjasama antara Majalah SWA, PPM Manejemen, dan PDMA Indonesia.

“Kami melihat industri gula di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan dan kami siap untuk memberikan inovasi disana”, ucap Hilman Risan selaku Komisaris PATRIA, seperti dikutip dalam keterangannya.

Patria Core Sampler merupakan solusi untuk mempercepat proses penghitungan rendemen atau tingkat kualitas tebu dan mendapatkan hasil yang lebih akurat. Produk ini pun menjadi yang pertama dalam revolusi digitalisasi industri gula di Indonesia, karena menerapkan smart data communication system sehingga output nilai rendemen tersebut dapat langsung di-upload ke server kantor pusat user dan digunakan dalam menentukan nilai rendemen secara real time.

Dengan begitu, setiap petani tebu akan mendapatkan pembayaran yang lebih cepat untuk setiap tebu yang mereka kirim. Sistem ini pun akan mencegah terjadinya manipulasi data nilai rendemen karena bersifat single database.

Selain waktu yang cepat, Patria Core Sampler akan memberikan penilaian rendemen yang lebih akurat dan sesuai dengan kualitas tebu yang dikirim tiap petani. Pada proses sebelumnya nilai rendemen dihitung secara rata-rata dari keseluruhan tebu yang masuk dalam setiap periode produksi tanpa melihat kualitas tebu dari masing-masing petani, sehingga dengan Patria Core Sampler ini diharapkan setiap petani akan mendapatkan bayaran yang lebih sesuai dengan kualitas tebu yang mereka kirim.

Semakin baik kualitas tebunya maka akan semakin tinggi pula bayaran yang mereka dapat dan sebaliknya. Perubahan-perubahan ini akan mendorong setiap petani untuk berusaha memberikan tebu dengan kualitas terbaiknya, dimana ini akan berimbas pada naiknya produktivitas pabrik gula. Kelebihan lainnya, Patria Core Sampler ini didesain untuk moveable dan mudah dioperasikan karena dilengkapi teknologi Programmable Logic Controller (PLC) dan Human Machine Interface (HMI).

“Patria Core Sampler ini merupakan produk karya anak bangsa yang sangat inovatif dan berpotensi untuk dipasarkan ke kancah dunia”, tutup Teguh Patmuryanto selaku Deputy Director of Engineering & Production PATRIA.

BERITA TERKAIT

Adhi Commputer Properti (ACP) Kenalkan 3 Proyek

    NERACA   Jakarta - PT Adhi Commuter Properti (ACP) sebagai terus mengembangkan kawasan yang berkonsep Transit Oriented Development…

Pengusaha Dukung Pemerintah Jembatani Gap Harga EBT

    NERACA   Jakarta - Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM, F.X Sutijastoto…

Persiapan MotoGP di Mandalika, ITDC Bentuk MGPA

    NERACA   Jakarta - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Badan Usaha Milik…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Pemerintah Serap Rp23 Triliun dari Lelang SUN

      NERACA   Jakarta - Pemerintah menyerap dana Rp23 triliun dari lelang tujuh seri Surat Utang Negara (SUN)…

MRT Kembangkan Pembayaran Tiket Lewat QR Code

    NERACA   Jakarta - PT Mass Rapid Transit Jakarta mengembangkan sistem pembayaran tiket baru dengan menggunakan QR Code…

Motor Penyumbang Polusi Terbesar di Jakarta

    NERACA   Jakarta - Direktur Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) Ahmad Safrudin mengatakan bahwa sepeda motor masih menjadi…