Aksi Rumah Zakat Untuk Kesehatan Masyarakat

NERACA

Rumah zakat cabang Pekanbaru mengadakan kegiatan “Pegadaian Peduli Kesehatan” sekaligus launching program “Peduli Gizi Balita”.

PERUM Pegadaian Wilayah II yang membawahi area Riau daratan, Riau Kepulauan dan Sumatera Barat Mengadakan Siaga Gizi Balita bersama Rumah Zakat dengan tema “Pegadaian Peduli Kesehatan Siaga Gizi Balita”. Program Siaga Gizi Balita adalah salah satu program Rumah Zakat dibidang kesehatan (rumpun Program Senyum Sehat). Program ini dilaksanakan secara intensif selama 1 bulan dan dilanjutkan pemantauan berkala perkembangan Gizi Balita yang terindikasi Gizi Kurang sedikitnya selama 3 bulan.

Acara ini sekaligus menutup rangkaian kegiatan Hari Gizi Nasional 2012 yang dilaksanakan mulai 10 Februari 2012 oleh Rumah Bersalin Sehat keluarga. Total penerima Manfaat yang telah dilayani sebanyak 3.800 orang, yaitu 3.600 penerima manfaat rangkaian Hari Gizi Nasional dan 200 peserta yang hadir hari ini.

Acara diawali dengan Senam bersama Instruktur dari yayasan Asma Indonesia Pekanbaru. Pukul 09.20 WIB 9 maret 2012 Bp. Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi,S.Si datang ke lokasi bersama jajarannya, pada saat peserta sedang mendengarkan ceramah “Pentingnya Berbakti Kepada Orangtua khususnya ibu” dari Siswi Kelas 5 SD Juara Binaan Rumah Zakat yang baru saja menjadi Juara 2 Lomba Pildacil se-Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Masjid Nurul Iman Al Khairat Jl. Nenas, Kelurahan Wonorejo Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Wilayah ini adalah lokasi Rumah Bersalin Sehat Keluarga (RBSK) binaan Rumah Zakat sekaligus Lokasi salah satu kantor cabang layanan Pegadaian.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Pemimpin Wilayah II PERUM Pegadaian (Bp. Syamsul Bahri,SH. MM) yang menjelaskan bahwa PERUM Pegadaian secara Nasional dan khususnya Pegadaian Wilayah II yang beliau pimpin memang senantiasa berkomitmen memberikan penyaluran seluruh dana PKBL dalam berbagai bidang, salah satunya di bidang kesehatan. Sambutan kedua oleh Bp. Wakil Wali Kota Pekanbaru sekaligus meresmikan Launching Program “Peduli Gizi Balita” Pekanbaru yang ditaja oleh Rumah Bersalin Sehat Keluarga. Dalam sambutannya Bapak Wakil Wali Kota Pekanbaru menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru sangat menyambut baik sinergi PERUM Pegadaian Wilayah II bersama Rumah Zakat. Dalam acara ini juga dilaksanakan pemberian paket berisi Multivitamin Tumbuh Kembang Balita, Susu sesuai umur Balita, dan Kornet Superqurban sebagai intervensi awal pemulihan Balita Gizi Kurang. Penerima manfaat sebanya 62 balita berasal dari kelurahan Sri Meranti Kecamatan Rumbai.

Di akhir acara Bapak Wakil Wali Kota, Pemimpin Wilayah II PERUM Pegadaian, Kepala Puskesmas Umban Sari dan seluruh undangan juga berksempatan melakukan kunjungan program ke Rumah Bersalin Sehat Keluarga di Jl. Nenas no.11 Sukajadi dan berbincang-bincang dengan tim medis, pasien poli umum, dan pasien rawat inap persalinan yang baru melahirkan. Beliau salut dengan tim Rumah Zakat yang telah berkontribusi memberikan layanan kepada masyarakat kurang mampu dengan model penyaluran produktif dibidang kesehatan selama 3 tahun di kota Pekanbaru.

Related posts