Presiden Klaim Rehabilitasi 3 Juta Hektar Saluran Irigasi

NERACA

Blitar - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah sudah merehabilitasi saluran irigasi primer untuk mengairi areal persawahan seluas tiga juta hektare dalam lima tahun terakhir. "Ini perbaikan irigasi primer yang ditargetkan dalam rencana kita seluas tiga juta hektare. Ini salah satunya," kata Presiden Joko Widodo ketika meninjau rehabilitasi saluran irigasi primer Lodoyo di Kelurahan Jegu, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jatim, Kamis (3/1).

Presiden menyebutkan lahan persawahan seluas tiga juta hektare merupakan target dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) dalam lima tahun. "Ini target yang harus kita selesaikan dalam lima tahun," tegas Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Seskab Pramono Anung, dan Gubernur Jatim Soekarwo. Presiden menyebutkan saluran irigasi primer Lodoyo dibangun pada 1982 dan setelah itu belum ada rehabilitasi lagi yang signifikan. "Ini direhabilitasi agar air yang mengalir tidak hilang di tengah jalan. Kita rehabilitasi semuanya," katanya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan perbaikan saluran irigasi primer untuk lahan tiga juta ha, sesuai target RPJMN, sudah tercapai. "Khusus yang di sini ( Lodoyo) panjangnya 16 km untuk 12.000 ha sawah. Ini dari Waduk Wlingi di Blitar juga," katanya.

Presiden Jokowi juga mengatakan Menteri PUPR ingin menunjukkan seperti apa dan di mana rehabiltasi irigasi. "Ini contohnya, ada yang dibangun saluran sekundernya, ada saluran primernya yang baru, tapi yang namanya rehabilitasi seperti ini, artinya dulunya sudah ada, kemudian diperbaiki karena sudah lama tidak ada pemeliharaan," katanya.

BERITA TERKAIT

Punya 737 Gerai, SiCepat Ekspres Targetkan Kirim 1Juta Paket Perhari

    NERACA   Jakarta – PT SiCepat Ekspres Indonesia telah ingin terus menambah kapasitas gerai yang diakhir tahun 2019…

2020, PLN Fokus Listriki 78.000 Rumah di Papua

      NERACA   Jakarta – Jadi tugas besar bagi PT PLN Direktorat Bisnis Regional Maluku dan Papua untuk…

Kendalikan Impor, Pemerintah Dorong Pemanfaatan PLB E-Commerce

  NERACA   Jakarta - Untuk dapat mengendalikan maraknya peredaran produk-produk impor yang membanjiri Indonesia, pemerintah mendorong pengusaha importir dan…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Piko Hidro Disiapkan untuk Bantu Terangi Papua

      NERACA   Jakarta - Dibandingkan 32 provinsi lain yang ada di Indonesia, rasio elektrifikasi di Papua dan…

Tarif LRT akan Dibanderol Rp12 ribu

    NERACA   Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengemukakan bahwa perkiraan tarif tiket kereta layang ringan…

Program PKH Dinilai Ubah Perilaku Hidup

    NERACA   Jakarta - Program Keluarga Harapan (PKH) berdasarkan survei independen MicroSave Colsulting Indonesia berdampak signifikan mengubah perilaku…