Upaya Atasi Kesulitan Konsumsi Beras - “One Day No Rice” Kota Depok

Depok - Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI bersama Walikota Depok diskusikan tentang gerakan One Day No Rice (ODNR) atau upaya menghimbau masyarakat khususnya PNS Kota Depok agar “Makan Tanpa Nasi” satu hari pada hari Selasa setiap minggunya.

Upaya Walikota untuk penghematan konsumsi beras yang belakangan ini mencuat ke publik menimbulkan adanya pro dan kontra. Apalagi, adanya Surat Edaran tentang himbauan bagi para pengelola kantin di Balaikota Depok tidak menyediakan makanan dari beras setiap Selasa. Demikian keterangan yang diperoleh NERACA dari Humas Setda Kota Depok.

Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Ahmad Suryana mendiskusikannya dengan intensif dengan narasumber Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Ir Gayatri beserta jajaran pejabat dari Badan Ketahanan Pangan dan P2KP, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat, Sekretaris Daerah dan Asisten Ekbangsos Kota Depok, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok, Kabag Humas Protokol, Kabag Umum, dan Kabag Ekonomi Setda Kota Kota Depok, dan PMKP Kota Depok.

Ahmad memaparkan tentang latar belakang percepatan penganekaragaman konsumsi pangan, situasi konsumsi pangan, kebijakan dan program, serta kegiatan prioritasnya. “Apresiasi atas keberanian Walikota Depok untuk tampil ke depan mengkampanyekan gerakan ODNR yang berhasil mencuri perhatian para awak media dan masyarakat”, kata dia.

ODNR merupakan gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan sesuai dengan Perpres No.22 Th. 2009 tentang Kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal. Program ini ditujukan untuk memasyarakatkan pola makan 3BA (beragam, bergizi, berimbang, dan aman).

Menurut Walikota, banyak dampak positif yang dirasakan dari gerakan ini, yakni membuka lapangan kerja baru bagi para petani non beras, memanfaatkan produk lokal sebagai sumber karbohidrat, menjaga ketahanan pangan nasional, dan menjaga stabilitas ekonomi.

ODNR adalah gerakan untuk mengajak masyarakat agar tidak terhambakan oleh beras dan supaya lebih cerdas dan kreatif lagi dalam mendiversifikasikan menu karena tidak selalu nasi itu bersumber dari beras. (dasmir)

Related posts