Jasa Marga Usulkan Tol Baru

NERACA

Jakarta---PT Jasa Marga (persero) Tbk (JSMR) mengaku memiliki rencana mengajukan proyek prakarsa pembangunan jalan tol baru kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) pada tahun ini. Ruas tol baru yang diusulkan pengerjaannya adalah Daan Mogot hingga Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 3 kilometer (km). "Ini untuk subsidi silang kurangnya tingkat kelayakan tol Semarang–Solo,” kata Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman di Jakarta,27/2

Menurut Adityawarman, proyek prakarsa itu merupakan satu dari dua ruas tol yang akan diajukan sebagai bentuk kompensasi kesediaan perusahaan menanggung dana dukungan pemerintah pada pembangunan tol Semarang–Solo sebesar Rp1,9 triliun. Satu proyek tol baru lainnya yakni rute Kalibaru–Marunda.

Jasa Marga sedang menyusun studi kelayakan terkait proyek jalan tol tersebut,untuk diajukan kepada BPJT.Studi tersebut mencakup trase yang akan dilewati, kebutuhan biaya konstruksi, serta tingkat kelayakan ekonomi dan finansial proyek tol.

Nantinya, tol baru tersebut akan menghubungkan wilayah Daan Mogot dengan ruas tol Prof Dr Ir Sedyatmo yang dikelola Jasa Marga.Adityawarman memperkirakan, pelaksanaan konstruksi ruas tol itu membutuhkan dana sekitar Rp150–250 miliar.

Kepala BPJT Ahmad Gani Gazali mengatakan pihaknya belum menerima usulan proyek tersebut. Namun jika usulan pembangunan itu disetujui oleh Kementerian PU, Jasa Marga akan mendapatkan hak keistimewaan sebagai pemrakarsa.

Sebelumnya, Adityawarman sempat mengungkapkan agar pemerintah tidak selalu mengandalkan pembangunan jalan tol sebagai solusi untuk masalah kemacetan seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan setiap tahunnya. "Jangan hanya mengandalkan jalan tol saja dong. Jalan tol kan hanya salah satu alternatif saja. Kemacetan tidak akan selesai begitu saja hanya dengan pembangunan jalan tol," paparnya

Lebih lanjut Adityawaran menambahkan, alangkah baiknya jika pemerintah dapat membangun sarana transportasi lainnya sebagai alternatif untuk mengurangi kemacetan seperti subway (kereta bawah tanah) atau sebuah MRT (Mass Rapid Transit). "Lihat saja seperti negara lainnnya yang sudah memiliki sarana transportasi seperti itu Jepang, dan Singapura kan jadi tidak terlalu macet," paparnya.

Aditywarman berpendapat bahawa pemerintah harus benar-benar memikirkan hal tersebut. "Saya rasa pemerintah harus benar-benar memikirkan hal tersebut. Kalau tidak apa yang benar-benar diprediksikan oleh para pengamat bahwa lalu lintas Jakarta akan stagnan benar-benar akan terjadi," pungkasnya. **cahyo

BERITA TERKAIT

Hari Ini Penyampaian Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi yang Baru

Hari Ini Penyampaian Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi yang Baru NERACA Sukabumi - Ketua Badan Musyawarah (Banmus)…

Pelaku Pasar Usulkan Porsi Investor Ritel 10% - Skema Penjatahan Saham IPO

NERACA Jakarta – Menyadari pentingnya keberadaan investor ritel di pasar modal, pelaku pasar menyabut baik rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK)…

Jasa Utama Capital Bawa Tiga Perusahaan IPO

Minat perusahaan untuk mencatatkan saham perdananya di pasar modal hingga akhir tahun cukup besar, meskipun saat ini kondisi pasar saham…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Kampanye Negatif Masih Jadi Tantangan Energi Terbarukan

  NERACA   Tangerang - Kampanye negatif berkait isu lingkungan masih menjadi tantangan utama pengembangan pembangkit listrik berbasis energi baru…

WTP Pemda Punya Korelasi Kinerja Pembangunan

  NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan laporan keuangan pemerintah daerah dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP)…

Taiwan Pamerkan Produk Unggulannya di Indonesia - Taiwan Excellence Day

      NERACA   Jakarta – Taiwan External and Trade Development Council (Taitra) menyelenggarakan Taiwan Excellence Day atau pameran…