Enam Mitra LPDB Dapat Penghargaan Koperasi Berprestasi

Enam Mitra LPDB Dapat Penghargaan Koperasi Berprestasi

NERACA

Tangerang - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memberikan penghargaan kepada 6 koperasi mitra Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM). Koperasi tersebut ditetapkan sebagai Koperasi Berprestasi Tahun 2018 bersama dengan 44 koperasi lainnya.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dalam rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Rabu (11/7) malam. Penyerahan simbolis disaksikan Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid dan Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Untung Tri Basuki.

Turut hadir antara lain Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring, sejumlah pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM, Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran KUKM Emilia Suhaimi dan para Kepala Dinas KUKM.

“Saya selaku Direktur Utama LPDB mengucapkan syukur alhamdulillah, karena dari 50 koperasi yang mendapat penghargaan Koperasi Berprestasi ada enam mitra LPDB,” kata Braman Setyo usai acara.

Keenam koperasi mitra LPDB-KUMKM dimaksud, yakni KSP Srinadi dan Koppas Kumbasari asal Provinsi Bali, KSP Pelita Makmur dari Provinsi Maluku, KSP Sarana Bhakti Provinsi Jawa Tengah, KUD Koto Salak dari Sumatera Barat dan Koperasi Harapan Jaya dari Provinsi Riau.

Braman berharap dengan pemberian penghargaan ini dapat mendorong koperasi berkinerja baik atau paling tidak bisa mempertahankan apa yang telah dicapai sebelumnya. Sebab kata Braman predikat Koperasi Berprestasi merupakan penghargaan tertinggi bidang koperasi yang hanya dinobatkan kepada koperasi pilihan.

Untuk itu, Braman memberi kesempatan kepada koperasi penerima penghargaan untuk mengakses kembali pinjaman dana bergulir kepada LPDB-KUMKM. Namun dengan syarat harus terlebih dahulu melunasi kewajibannya. Tujuannya agar usaha yang mereka jalani bisa lebih berkembang.

“Kami juga berharap kalau enam koperasi yang mendapatkan dana bergulir ini untuk mengembangkan usaha lebih lanjut, bisa mengajukan kembali kalau memang sudah lunas,” tukasnya.

Djafar Hatuina, selaku Ketua KSP Pelita Makmur menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Koperasi dan UKM atas penghargaan Koperasi Berprestasi yang mereka dapatkan. Penghargaan ini akan lebih memotivasi mereka berusaha lebih giat lagi dalam memperhatikan dan mensejahterakan anggotanya.

“Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan. Bagi kami penghargaan ini lebih memacu kami untuk ke depan berusaha lebih baik lagi, agar koperasi ini benar-benar memperhatikan dan mensejahterakan anggota di daerah di mana koperasi ini berada,” ucap Djafar.

Dirinya menambahkan bantuan dana bergulir dari LPDB-KUMKM yang pernah diterima oleh KSP Pelita Makmur sangat dirasakan manfaatnya baik oleh para anggota maupun masyarakat setempat.

Selain Koperasi Berprestasi, Kementerian Koperasi dan UKM juga memberikan Tanda Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM kepada kepala daerah, aparatur sipil negara (ASN), tokoh gerakan koperasi dan UKM, tokoh masyarakat, maupun instansi terkait yang telah memberikan perhatian dan kesungguhan dalam memberdayakan koperasi dan UKM. Mohar/Rin

BERITA TERKAIT

PDAM Tirta Asasta Depok Raih Penghargaan Terbaik

PDAM Tirta Asasta Depok Raih Penghargaan Terbaik NERACA Depok - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok, Jawa…

Kementerian Pertahanan Raih Penghargaan dari Ombudsman

Kementerian Pertahanan Raih Penghargaan dari Ombudsman NERACA Jakarta - Kementerian Pertahanan Republik Indonesia meraih penghargaan dari Ombudsman dengan kategori penganugerahan…

Kota Tangerang Raih Empat Penghargaan "TOP IT & TELCO 2018"

Kota Tangerang Raih Empat Penghargaan "TOP IT & TELCO 2018" NERACA Tangerang - Pemerintah Kota Tangerang meraih empat penghargaan pada…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Pemkot Sukabumi Terus Berikan Perhatian Kepada Penyandang Disabilitas

Pemkot Sukabumi Terus Berikan Perhatian Kepada Penyandang Disabilitas NERACA Sukabumi - Walikota Sukabumi Achmad Fahmi mengakui jika fasilitas khusus untuk…

Padi Organik jadi Sektor Unggulan, Petani Dilatih Metode System of Rice Intensification

Padi Organik jadi Sektor Unggulan, Petani Dilatih Metode System of Rice Intensification NERACA Jakarta - Dalam menjalankan program tanggung jawab…

OUE Lippo Healthcare Bangun Rumah Sakit Internasional di Shenzhen

OUE Lippo Healthcare Bangun Rumah Sakit Internasional di Shenzhen NERACA  Jakarta - Grup Lippo terus melebarkan ekspansi usaha. Tak lama…