Alfamart Raih Superbrands Award 2012

Alfamart Raih Superbrands Award 2012

Neraca. Salah satu peritel besar di Indonesia yang berada di bawah naungan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk ini menyabet Superbrand setelah dinilai memiliki kekuatan brand yang mampu diterima oleh masyarakat. Superbrands merupakan sebuah badan Intenasional yang mengevaluasi sejumlah merek dan brand positioning di lebih dari 90 negara.

Alfamart kembali meraih prestasi dengan menerima penghargaan Superbrands 2012 dalam kategori minimarket sebagai minimarket paling diminati masyarakat. Sebelumnya, Alfamart juga meraih penghargaan CSR Award pada tahun 2011 dari salah satu media nasional terkemuka. Penghargaan ini tentu sebagai salah satu bukti bahwa program corporate social responsibility (CSR) yang selama ini dilakukan Alfamart dapat diterima masyarakat.

Kriteria penilaian seleksi Superbrands meliputi dominasi pasar dengan melihat apakah merek tersebut memegang pangsa pasar yang signifikan dari pasar barang dan jasa, bermur panjang dengan indikator apakah merek memiliki atau menampilkan kualitas dan atribut untuk membuatnya tahan terhadap pengaruh negatif pasar (minimal 5 tahun eksistensi). Niat Baik, apakah merek pada umumnya dirasakan baik oleh konsumen dan itu diterima tanpa pertanyaan atau pemesanan. 

CEO Superbrand International, Eamonn Sadler memberikan penghargaan tersebut ke Managing Director Alfamart Hans Prawira di Jakarta. Menurutnya, pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim di Alfamart serta loyalitas para konsumen Alfamart.

“Ini merupakan penghargaan Superbrand ketiga bagi Alfamart. Semoga penghargaan ini dapat dijadikan motivasi bagi seluruh personil Alfamart untuk mempertahankan eksistensi dan menciptakan brand image Alfamart di mata masyarakat,” katanya.

Dengan kemenangan ini, maka Alfamart berhak menggunakan dan menampilkan logo Superbrands yang merupakan simbol internasional untuk merek-merek bergengsi.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Nielsen dengan metode sampling acak sistematik dan terbuka pada pertengahan 2011, nama Alfamart menjadi merek yang dipilih konsumen dalam berbelanja di minimarket. Sekitar 200 merek ternama yang masuk dalam nominasi Superbrands 2012 salah satunya adalah Alfamart yang berada di kategori minimarket.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk ialah suatu perusahaan yang bergerak pada bisnis waralaba swalayan yang menjual barang-barang keperluan sehari-hari. Dengan trademark Alfa. yang kini sahamnya dimiliki oleh PT. Sigmantara Alfindo. Untuk menembus pasar di perkampungan, Alfa meluncurkan Alfamart yang mempunyai saingan utama Alfamidi, Alfa express, Indomaret dan Omi.

Ada 6 program CSR Alfamart yang bernaung dalam satu payung besar yakni Alfamart Sahabat Indonesia di antaranya Alfamart Care (bidang sosial), Alfamart Smart (bidang pendidikan), Alfamart Sport (bidang olahraga), Alfamart clean and green (bidang lingkungan hidup), Alfamart Vaganza (bidang seni dan budaya) serta Alfamart Smesh (small medium entrepreneurs/bidang kewirausahaan). (prima)

  

BERITA TERKAIT

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…