NERACA
Jakarta – Guna memberikan kenyamanan bagi pengunjung mall dan juga para tenan yang ada, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) terus melakukan inovasi dan pengembangan sarana dan prasarana, termasuk menggandeng kerjasama PT Samsung Electronic Indonesia untuk pengadaan barang fasilitas bagi hunian dan trade mall yang dikembangkan perusahaan.”Kami memilih Samsung karena merupakan salah satu perusahaan yang telah membangun negaranya menjadi negara maju melalui teknologi, ini selaras dengan komitmen APLN membangun Indonesia melalui properti khususnya pengembangan hunian dan trade mall," kata Wakil Direktur Utama APLN, Indra W. Antono di Jakarta, kemarin.
Penandatangan nota kesepakatan (MOU) dilakukan oleh Cosmas Batubara (Direktur Utama APLN) dan Indra W. Antono (Wakil Direktur Utama APLN) dengan Kwon Jae Hoon (President of Samsung Electronics Indonesia) dan Lee Kang Hyun (Vice President of Samsung Electronics Indonesia). Samsung yang dikenal sebagai pemimpin pasar ponsel dan consumer electronics dunia melalui MOU ini diharapkan akan meningkatkan keamanan dan kenyamanan penghuni residensial serta pengunjung trade mall.
Samsung saat ini dikenal memiliki teknologi terdepan di dunia dengan konsep Internet of Things (IOT) dimana seluruh produknya terintegrasi dengan fitur Smart Home. Penghuni residensial APLN nantinya dapat menikmati teknologi Smart Home dimana operasi peralatan rumah tangga sehari-hari terintegrasi dengan jaringan internet, sehingga akan memudahkan penghuni ke depannya untuk mengontrol dari jauh peralatan rumah tangganya melalui perangkat telepon pintar.”Samsung senang dapat bermitra dengan Agung Podomoro Land sebagai salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia yang sangat memperhatikan kebutuhan gaya hidup konsumen baik saat ini maupun masa depan," kata Lee Kang Hyun.
APLN dan Samsung menyepakati untuk menyediakan produk-produk gadget dan consumer electronics, termasuk Samsung Smart Home untuk pemilik Residensial APLN dan penyediaan outlet Samsung di beberapa TM Agung Podomoro, melalui distributor yang ditunjuk Samsung.”Kami percaya bahwa kerjasama dengan Samsung dengan pembukaan gerai atau outlet penjualan Samsung di TM Agung Podomoro dapat semakin memperkokoh Trade Mall Agung Podomoro sebagai salah satu pusat perdagangan terbesar di Indonesia, sehingga pengunjung dan tenant semakin beruntung menjalankan bisnisnya dan Samsung juga dapat memperluas pangsa pasarnya dengan hadir di semua TM Agung Podomoro lainnya,”kata Assistant Vice President Marketing Trade Mall Agung Podomoro, Ho Mely Surjani.
Untuk tahun 2017 Trade Mall Agung Podomoro akan bertambah dengan kehadiran TM Harco Glodok. TM lainnya yang telah dikenal masyarakat seperti: TM Blok B Tanah Abang, TM Blok M Square, TM Thamrin City, TM Plaza Kenari Mas, TM Seasons City, TM Mangga Dua Square, TM Lindeteves Trade Center, dan TM Plaza Balikpapan. Sedangkan produk Samsung untuk residensial APLN pilihannya berupa AC, televisi, kulkas, handphone, tablet, smart phone, mesin cuci, microwave, televisi monitor, vacum cleaner, dan audio visual.
Kerja sama ini akan melibatkan residensial Agung Podomoro yaitu Bukit Mediterania Samarinda, Podomoro Golf View, Metro Park Residences, Green Permata, Vimala Hills, Vimala View, Orchard Park Batam, Grand Taruma, Grand Madison, Madison Park, Borneo Bay, Podomoro City Deli Medan, Podomoro Park, Taruma City, Green Bay Pluit dan proyek residensial lainnya yang akan disepakati oleh kedua belah pihak.
Menjadi Daya Tarik
Residensial APLN dan TM Agung Podomoro nantinya akan diramaikan juga dengan event-event Samsung seperti launching, pameran maupun trade-in serta semakin semarak dengan adanya Marketing Gallery Samsung. Selain itu, APLN juga akan menggandeng Samsung untuk melakukan co-branding dan co-marketing berupa iklan bersama, pameran bersama, gathering bersama, Billboard dan bentuk promosi lainnya yang akan dikembangkan.
Sebagai informasi, guna mendongkrak penjualan dan transaksi mall yang di kelola Agung Podomoro Group (APG), perseroan aktif menggelar program promosi Trade Mall Vaganza dan berhasil meraup transaksi hingga Rp50 milyar dari sepuluh pusat perbelanjaan di Jakarta sejak tujuh bulan, Mei 2016 lalu. Sementara, omzet rata-rata di toko pada kisaran Rp 1 milyar.
Kata Mely, transaksi tertinggi pada saat Ramadhan dan Lebaran lalu. "Saat lebaran kemarin meningkat jumlah pengunjung ke TM APG. Umumnya mereka membeli busana muslim, batik dan peralatan sholat. Jika dikalkulasikan selama 3 bulan terakhir, jumlah pengunjung TM APG mencapai 20.000-150.000 per hari. Pengunjung paling banyak adalah TM Blok B Tanah Abang,"ungkapnya.
Lebih lanjut Mely menambahkan, sejak Mei 2016 APG meluncurkan TM atau brand sinergi TM APG dan Agung Podomoro Land (APL) yang menaungi sepuluh pusat perbelanjaan. Kesepuluh TM tersebut, terdiri dari sembilan di Jakarta dan satu berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur. APG membagi TM dalam empat tema yakni mall umum seperti Mangga Dua Square, Plaza Balik Papan, Blok M Square, tetapi ada juga mall peralatan seperti LTC Glodok dan Harco Glodok, serta mall tren untuk Season City, Kalibata City, dan Thamrin City, serta tekstil untuk Blok B Tanah Abang.”Konsep TM berbeda dengan mall. Konsep TM berupa kumpulan kios-kios milik pedagang yang umumnya UKM (Usaha Kecil Menengah) tetapi dibuat dengan kenyamanan seperti mall, sedangkan mall lebih banyak menghadirkan tenant-tenant besar dengan brand-brand terkenal," kata Mely.
Mely menambahkan program TM Vaganza memiliki tujuan untuk mempromosikan sinergi perusahaan dengan memberikan apresiasi pada masyarakat yang berbelanja mulai 1 Mei 2016-22 Februari 2017 nanti. Promosi ini berbentuk program undian belanja pada sepuluh TM dengan berbagai hadiah, seperti satu mobil New Fortuner VRZ, delapan unit Toyota Agya, 10 Sepeda motor, 27 peralatan elektronik dan voucher belanja senilai Rp45 juta.
Melaui program ini, dirinya mengharapkan bisa meningkatkan okupasi ruang ritel di TM APG semakin tinggi dari saat ini yang mencapai rata-rata sekitar 80%. Jumlah pengunjung pun diharapkan semakin bertambah jika nanti peritel besar asal Malaysia bergabung di TM APL. Sementara demi mengembangkan dan memperluas bisnisnya, kata Mely, di tahun 2017 akan meluncurkan e-commerce dengan menggandeng salah satu pendiri e-commerce ternama.”Masuknya Trade Mall ke e-commerce untuk menyasar pembeli potensial dari dalam negeri maupun luar negeri.”ungkapnya. (bani)
NERACA Jakarta -Pengusaha properti asal Indonesia, Iwan Sunito melalui perusahaan barunya, One Global Capital menggelar roadshow bertajuk “Invest Like a…
NERACA Jakarta – Meski dihadapkan masih lemahnya daya beli masyarakat, namun emiten pariwisata PT Bayu Buana Tbk. (BAYU) mengaku optimis…
NERACA Jakarta- Di kuartal pertama 2025, PT Bank Seabank Indonesia berhasil membukukan laba sebelum pajak sebesar Rp124 miliar dengan laba…
NERACA Jakarta -Pengusaha properti asal Indonesia, Iwan Sunito melalui perusahaan barunya, One Global Capital menggelar roadshow bertajuk “Invest Like a…
NERACA Jakarta – Meski dihadapkan masih lemahnya daya beli masyarakat, namun emiten pariwisata PT Bayu Buana Tbk. (BAYU) mengaku optimis…
NERACA Jakarta- Di kuartal pertama 2025, PT Bank Seabank Indonesia berhasil membukukan laba sebelum pajak sebesar Rp124 miliar dengan laba…