Mahasiswa UI Raih Juara Pertama Kompetisi PR Nasional

 

Mahasiswa UI Raih Juara Pertama Kompetisi PR Nasional  
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Spill the Tree dari Program Studi Humas, Program Pendidikan Vokasi berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi “Bandung Public Relations Convergence: Strategy Marketing Communication National Competition”. Tim Spill the Tree terdiri atas Zachra Putrinardhany, Tibr Aisyah, dan Nadia Almira.
Tim Spill the Tree berhasil memenangkan juara berkat kampanye edukasi bertajuk #BatasiGGL dalam program NutriRoad: One Step Closer to a Healthier Life. Aqsath Rasyid Naradhipa, CEO NoLimit, yang merupakan juri kompetisi ini, di Depok, Jumat mengatakan bahwa salah satu keunggulan kampanye ini adalah maskot edukatif Gugu, Lala, dan Rara (Gulara) yang dinilai unik dan mudah diingat masyarakat. “Tim Spill the Tree memiliki pemahaman yang baik mengenai strategi penggunaan data yang jauh lebih tepat sasaran. Ini merupakan langkah awal yang bagus bagi teman-teman untuk menciptakan komunikasi yang hebat,” ujar Aqsath.
Kampanye edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih. Melalui pendekatan komunikasi berbasis data, mereka menggagas program NutriRoad yang meliputi education roadshow dan local media roadshow.
Edukasi #BatasiGGL diberikan secara langsung kepada siswa di 30 sekolah yang tersebar di 10 provinsi, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Papua, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Lampung, Riau, dan Sulawesi Selatan. Selain sosialisasi secara langsung, kampanye ini juga melibatkan media lokal untuk memperluas jangkauan edukasi.
Dengan pendekatan local media roadshow, Tim Spill the Tree mengadakan kompetisi liputan media untuk meningkatkan pemberitaan tentang kampanye #BatasiGGL. Langkah ini dinilai efektif dalam membangun hubungan dengan media dan memperkuat eksposur kampanye secara nasional. Tibr Aisyah mengatakan timnya ingin masyarakat lebih sadar akan pentingnya pola makan sehat. Melalui pendekatan kehumasan berbasis framework Paid, Earned, Shared, Owned (PESO) dan metode SMART Objective, edukasi pada anak usia sekolah dilakukan untuk membantu menciptakan pola makan sehat yang berkelanjutan. "Upaya preventif ini harus digalakkan agar anak-anak Indonesia terhindar dari makanan yang tinggi garam, gula, dan lemak,” kata Tibr.

 

 

 

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Spill the Tree dari Program Studi Humas, Program Pendidikan Vokasi berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi “Bandung Public Relations Convergence: Strategy Marketing Communication National Competition”. Tim Spill the Tree terdiri atas Zachra Putrinardhany, Tibr Aisyah, dan Nadia Almira.

Tim Spill the Tree berhasil memenangkan juara berkat kampanye edukasi bertajuk #BatasiGGL dalam program NutriRoad: One Step Closer to a Healthier Life. Aqsath Rasyid Naradhipa, CEO NoLimit, yang merupakan juri kompetisi ini, di Depok, Jumat mengatakan bahwa salah satu keunggulan kampanye ini adalah maskot edukatif Gugu, Lala, dan Rara (Gulara) yang dinilai unik dan mudah diingat masyarakat. “Tim Spill the Tree memiliki pemahaman yang baik mengenai strategi penggunaan data yang jauh lebih tepat sasaran. Ini merupakan langkah awal yang bagus bagi teman-teman untuk menciptakan komunikasi yang hebat,” ujar Aqsath.

Kampanye edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih. Melalui pendekatan komunikasi berbasis data, mereka menggagas program NutriRoad yang meliputi education roadshow dan local media roadshow.

Edukasi #BatasiGGL diberikan secara langsung kepada siswa di 30 sekolah yang tersebar di 10 provinsi, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Papua, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Lampung, Riau, dan Sulawesi Selatan. Selain sosialisasi secara langsung, kampanye ini juga melibatkan media lokal untuk memperluas jangkauan edukasi.

Dengan pendekatan local media roadshow, Tim Spill the Tree mengadakan kompetisi liputan media untuk meningkatkan pemberitaan tentang kampanye #BatasiGGL. Langkah ini dinilai efektif dalam membangun hubungan dengan media dan memperkuat eksposur kampanye secara nasional. Tibr Aisyah mengatakan timnya ingin masyarakat lebih sadar akan pentingnya pola makan sehat. Melalui pendekatan kehumasan berbasis framework Paid, Earned, Shared, Owned (PESO) dan metode SMART Objective, edukasi pada anak usia sekolah dilakukan untuk membantu menciptakan pola makan sehat yang berkelanjutan. "Upaya preventif ini harus digalakkan agar anak-anak Indonesia terhindar dari makanan yang tinggi garam, gula, dan lemak,” kata Tibr.

BERITA TERKAIT

Rayakan Hari Pendidikan Nasional, TikTok Ajak Kreator Sajikan Konten Edukasi yang Seru dan Informatif

  NERACA Jakarta - Dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, TikTok Indonesia meluncurkan kampanye…

Jadikan Buku Sebagai Sumber Industri Kreatif Berbasis Konten

  Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Arys Hilman Nugraha menyatakan Indonesia International Book Fair (IIBF) yang diselenggarakan pada 24-28 September 2025…

Tren Paternity Leave dan Pentingnya Peran Perusahaan Terapkan Budaya Kerja Inklusif

  Setiap tahunnya, perjalanan perempuan Indonesia meraih kesetaraan dan merasa lebih berdaya dicerminkan dari perayaan semangat di Hari Kartini Era…

BERITA LAINNYA DI

Rayakan Hari Pendidikan Nasional, TikTok Ajak Kreator Sajikan Konten Edukasi yang Seru dan Informatif

  NERACA Jakarta - Dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, TikTok Indonesia meluncurkan kampanye…

Jadikan Buku Sebagai Sumber Industri Kreatif Berbasis Konten

  Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Arys Hilman Nugraha menyatakan Indonesia International Book Fair (IIBF) yang diselenggarakan pada 24-28 September 2025…

Tren Paternity Leave dan Pentingnya Peran Perusahaan Terapkan Budaya Kerja Inklusif

  Setiap tahunnya, perjalanan perempuan Indonesia meraih kesetaraan dan merasa lebih berdaya dicerminkan dari perayaan semangat di Hari Kartini Era…

Berita Terpopuler