Gandeng Cisometric dan Hyperjump, Biznet Gio Tingkatkan Keamanan dari Ancaman Siber

 

NERACA

Jakarta - Seiring meningkatnya ancaman siber tiap tahunnya dan kerap berpotensi menyebabkan gangguan dan kerugian pada berbagai sektor industri, Biznet Gio sebagai penyedia layanan komputasi awan terdepan di Indonesia meluncurkan Solusi Keamanan Cloud dengan menggaet beberapa partner strategis seperti Cisometric dan Hyperjump. 

Kerjasama strategis tersebut berhasil menghadirkan beberapa produk layanan keamanan cloud terdepan untuk menjawab tingginya tantangan keamanan siber terkini, beberapa diantaranya: peluncuran fasilitas layanan Pusat Operasi Keamanan Digital atau Security Operations Center (SOC); sistem monitoring terpadu; hingga perolehan Sertifikasi Keamanan Global.  

SOC di Data Center Biznet Gio

Dalam kolaborasi bersama Cisometric, penyedia layanan konsultasi keamanan siber terkemuka, Biznet Gio meluncurkan Fasilitas SOC yang mengedepankan standar pengamanan tertinggi termasuk personil keamanan siber berpengalaman, perancangan proteksi menyeluruh, serta antisipasi serangan melalui deteksi dan identifikasi dini yang didukung teknologi kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) dan sistem pengolahan data/data analytics paling mutakhir. Biznet Gio kini menjadi penyedia layanan cloud pertama di Indonesia yang menyediakan fasilitas SOC terintegrasi pada layanan infrastruktur cloud dan data center miliknya. Seluruh pelanggan Biznet Gio semakin dimudahkan untuk memanfaatkan layanan keamanan secara berkesinambungan guna melindungi sistem dan layanan digital dari gangguan atau bahkan kelumpuhan total akibat serangan siber.

"Solusi keamanan tersebut merupakan komitmen kami untuk menghadirkan rasa aman kepada seluruh pelanggan serta menjadi inovasi dalam mengantisipasi potensi celah keamanan siber yang semakin kompleks," ujar Dondy Bappedyanto, CEO Biznet Gio dalam paparannya di Jakarta, Kamis (4/7).

"Selain menjawab tantangan keamanan siber di kalangan industri, rangkaian ekosistem keamanan yang kami hadirkan dapat memberikan perlindungan menyeluruh serta pemantauan secara proaktif pada sistem digital pelanggan," jelasnya.

Selain fasilitas SOC, berbagai pilihan layanan keamanan juga ditawarkan kepada pelanggan mulai dari peninjauan celah keamanan (Vulnerability Assessment), uji coba pembobolan (Penetration Testing), identifikasi dan deteksi potensi serangan, juga metode mitigasi dan pemulihan pasca serangan. Biznet Gio sebelumnya telah menerapkan fasilitas keamanan berlapis dalam melindungi sistem pelanggan seperti lapisan penangkal serangan Distributed Denial of Service (Anti DDoS) yang mampu mencegah kelumpuhan jaringan sistem, juga standar penerapan akses akun yang aman melalui Multi Factor Authentications (MFA).

Founder Cisometric, Hana Abriyansyah mengungkapkan “Kolaborasi SOC merupakan inisiatif untuk menghadirkan visibilitas pengamanan serta mitigasi cepat kepada pelanggan Biznet Gio. Pengalaman dan keahlian kami mengelola keamanan siber dikombinasikan dengan teknologi mutakhir serta SDM dari Biznet Gio akan memberikan solusi perlindungan terbaik bagi aset dan sistem krusial pelanggan, serta mengelola risiko keamanan secara efektif," tegas Hana dalam peluncuran SOC terintegrasi Biznet Gio.

Berbagai manfaat penting yang bisa didapatkan oleh pelanggan dengan menggunakan fasilitas SOC yakni tersedianya tim analis SOC dan tim respon terhadap insiden siber/CSIRT (Cyber Security Incident Response Team) selama 24 jam tanpa perlu membangun tim keamanan siber khusus yang tentunya membutuhkan biaya persiapan dan operasional tinggi. Cepatnya proses mitigasi dan pemulihan pasca serangan juga akan menjadi pendukung pemenuhan/compliance terhadap regulasi keamanan termasuk dalam hal penyediaan kontrol keamanan, pelaporan, hingga investigasi forensik digital.

Peluncuran Sistem Monitoring Terpadu

Sebagai bagian dari ekosistem solusi keamanan tersebut, Biznet Gio juga meluncurkan layanan pemantauan/monitoring server bernama NEO Sense. Layanan yang merupakan kolaborasi Biznet Gio bersama Hyperjump ini mampu memberikan laporan mengenai kondisi sebuah server atau sistem secara terkini/real-time, termasuk laporan historisnya sehingga proses identifikasi kendala dapat dilakukan lebih cepat.

Ari Awan, Managing Partner dari Hyperjump mengungkapkan “Kerja sama strategis dengan Biznet Gio, didukung oleh pengalaman kami dalam mengembangkan sistem monitoring, memungkinkan kami untuk menghadirkan solusi yang proaktif dan responsif. Dengan NEO Sense, pelanggan dapat mendeteksi masalah sejak dini dan menyelesaikannya dengan lebih cepat, baik selama tahap pengembangan maupun saat sudah masuk ke tahap produksi. Ini membantu memastikan performa dan kestabilan layanan yang optimal.”

Pelanggan yang menggunakan NEO Sense juga secara otomatis akan mendapatkan notifikasi melalui email, telegram, dan banyak kanal komunikasi lainnya jika terjadi anomali pada server maupun sistem pelanggan sehingga dapat meminimalisir risiko kerugian yang dapat terjadi. Layanan NEO Sense dapat dengan mudah diaktifkan seperti produk layanan lainnya melalui portal Biznet Gio yaitu http://portal.biznetgio.com

Sertifikasi Keamanan untuk Industri Kesehatan

Komitmen Biznet Gio terhadap solusi keamanan di tahun 2024 semakin diperkuat dengan keberhasilan meraih dua sertifikasi keamanan yakni ISO 27799 yang merupakan standar internasional keamanan informasi untuk industri kesehatan, serta ISO 20000, standar manajemen keamanan pada layanan teknologi informasi. 

Tambahan sertifikasi keamanan tersebut menambah rentetan sertifikasi keamanan yang telah dikantongi sebelumya mulai dari ISO 27001 (keamanan data sensitif pelanggan); ISO 27701 (sistem manajemen keamanan informasi); ISO 27017 (standar keamanan informasi penyedia layanan cloud); ISO 27018 (standar privasi dan perlindungan data di cloud); ISO 9001 (sistem manajemen mutu); SOC 2 Type II (standar keamanan audit dan kontrol organisasi); hingga PCI-DSS (keamanan sistem pembayaran).

Seiring dengan peluncuran berbagai solusi keamanan ini, Biznet Gio sekaligus akan segera menghadirkan beberapa layanan terbarunya seperti: Layanan Pemulihan Bencana atau Disaster Recovery as a Service (DRaaS); Virtual Private Server (VPS) berskala enterprise dengan SSD NVMe (penyimpanan super cepat) Enterprise Grade; GIO Enterprise Cloud – layanan virtual data center untuk komputasi tingkat tinggi; proteksi Endpoint; Sertifikat Keamanan Digital; hingga solusi antivirus sebagai bagian dari Ekosistem Keamanan Cloud. “Tentunya kami akan terus fokus mengedepankan user experience tidak hanya melalui teknologi dan perangkat infrastruktur terbaru, tetapi juga solusi keamanan yang lengkap dan terjangkau bagi seluruh pelanggan,” tutup Dondy. 

BERITA TERKAIT

LG Kenalkan TV Canggih dan Pintar OLED Evo G4

  LG Kenalkan TV Canggih OLED Evo G4 NERACA Jakarta - LG Electronics Indonesia (LG) mengenalkan lini produk terbarunya yakni…

Sharp Unjuk Gigi Produk Unggulan di ASEAN SYNC UP 2024

Menunjukkan eksistensi untuk menjadi leader market di Asia dan termasuk kawasan ASEAN, Sharp Corporation terus menghadirkan inovasi teknologi dan juga…

Avanade Dinobatkan sebagai Best AI Consulting Service Provider

  Avanade Dinobatkan sebagai Best AI Consulting Service Provider Avanade mengumumkan telah terpilih sebagai pemenang penghargaan “Best AI Consulting Service…

BERITA LAINNYA DI Teknologi

LG Kenalkan TV Canggih dan Pintar OLED Evo G4

  LG Kenalkan TV Canggih OLED Evo G4 NERACA Jakarta - LG Electronics Indonesia (LG) mengenalkan lini produk terbarunya yakni…

Sharp Unjuk Gigi Produk Unggulan di ASEAN SYNC UP 2024

Menunjukkan eksistensi untuk menjadi leader market di Asia dan termasuk kawasan ASEAN, Sharp Corporation terus menghadirkan inovasi teknologi dan juga…

Avanade Dinobatkan sebagai Best AI Consulting Service Provider

  Avanade Dinobatkan sebagai Best AI Consulting Service Provider Avanade mengumumkan telah terpilih sebagai pemenang penghargaan “Best AI Consulting Service…