Starbucks Komit Jaga Keberlangsungan - Berdayakan Petani Kopi Lokal Lewat Benih Berkualitas

Dukung pemberdayaan masyarakat, khususnya petani kopi dalam meningkatkan kualitas hasil yang baik dan laku di pasar, PT Sari Coffee Indonesia (Starbucks Indonesia) melalui The Starbucks Foundation memberikan benih biji kopi berkualitas kepada petani sebagai upaya menjaga keberlangsungan industri kopi di tanah air.

Public Relation & CSR Division Manager Starbucks Indonesia, Kiki Mochamad Rizki mengatakan bahwa upaya tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2018 dengan menyumbangkan setengah juta ton bibit kopi kepada petani yang berada di tanah air.“Sudah dari tahun 2018 menyumbangkan setengah juta ton benih di Sumatera dan Jawa Barat,”ujarnya di Ciwidey, Jawa Barat pekan lalu.

Disampaikannya, ada dua macam bibit yang diberikan, yaitu Gayo dan Komasti. Bibit kopi yang diberikan tersebut adalah hasil penelitian dari Starbucks Farmers Support Center (FSC) di Brastagi, Sumatera Utara untuk membantu petani agar lebih produktif dengan fokus terhadap penyediaan benih berkualitas.

Pada kesempatan yang sama, Coffee and Partner Engagement Division Manager Starbucks Indonesia Mirza Luqman Effendy mengatakan hal tersebut dilakukan FSC murni untuk mengedukasi demi keberlangsungan kopi di tanah air.“FSC itu utamanya mendukung penuh petani di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Sifatnya ‘open agronomis’, jadi fokus mereka tidak ada tujuan untuk pemaksaan atau pengarahan penjualan petani yang dibina itu ke Starbucks. Jadi kita hanya mengedukasi untuk kelangsungan hidup kopi,” ungkap Mirza.

Kerja sama itu tidak hanya memberikan dampak positif bagi petani, tetapi juga memengaruhi cara mereka bercocok tanam dan hasil panen yang didapat. Sebelum adanya kerja sama ini, petani biasanya tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang teknik bercocok tanam yang tepat. Mereka hanya menanam kopi tanpa mengetahui tekniknya secara pasti.

Namun, sekarang, Starbucks memberikan dukungan yang signifikan kepada petani. Mulai dari pemberian bibit kopi, pelatihan, hingga percontohan praktik bercocok tanam yang efektif. Manfaat pemberian bibit kopi ini sudah turut dirasakan oleh para petani, seperti Dana dan Suryani, petani asal Ciwidey, Jawa Barat.“Iya ada dikasih bibit kopi dan pelatihan juga,” kata Suryani yang sudah menekuni pekerjaan sebagai petani kopi sejak 8 tahun yang lalu.

Berikutnya, sudah sepuluh tahun Dana bekerja sebagai petani kopi dengan hasil 1,7 ton pertahun (sekali masa panen) dari satu hektare perkebunan kopi.“Sebelumnya, belum tahu cara budidaya yang baik. Jadi kita tanam asal-asalan lah. Kalau sekarang, ada pelatihan dari Starbucks udah dikasih tahu lah cara jarak tanamnya, cara pupuknya, cara pemangkasan,” ungkap Dana.

Tak sampai di situ, para petani juga diarahkan lebih produktif saat menunggu masa panen pohon kopinya datang dengan cara melakukan penanaman tanaman lain secara tumpang sari untuk dapat dipanen lebih cepat, dan melindungi tanaman kopinya. Kerja sama ini tidak hanya berhenti pada pemberian bibit dan pelatihan awal. Starbucks juga terlibat dalam membantu petani selama proses pertumbuhan tanaman.

 

Bantu Akses Air Bersih

Dukungan berkelanjutan ini menjadi kunci keberhasilan bagi banyak petani untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen kopi mereka. Masih dalam program tanggung jawab sosial perusahaan, The Starbucks Foundation berkolaborasi dengan Planet Water Foundation membangun “Water Station” untuk menyediakan akses air bersih dan program pendidikan higienitas kepada masyarakat.

Pembangunan stasiun air bersih tersebut dilakukan di sekolah-sekolah, karena sekaligus ingin memberikan edukasi kepada anak-anak soal kesehatan paling sederhana, yaitu mencuci tangan.“Salah satunya ketika kita membangun “Aqua Tower” ini, selain membangun secara fisik, kita juga memberikan edukasi dasar bagaimana mencuci tangan. Ini airnya juga bisa langsung diminun dan tidak perlu dimasak,” kata Kiki

Cara kerja dari “Aqua Tower” tersebut dimulai dari pemompaan air dari tanah, kemudian air akan naik untuk difilter, sebelum akhirnya masuk ke penampungan dan airnya dapat dimanfaatkan. Hingga saat ini, sudah terdapat sekitar 17 “Aqua Tower” yang dibangun langsung oleh para barista Starbucks dengan target sasaran per lokasinya mencapai 2.000-2.500 penerima manfaat yang terbantu mendapatkan akses air bersih.”Sekarang ini tersebar di 17 titik dari Deli Serdang sampai Lombok. Kenapa di daerah-daerah tersebut? Misal Deli Serdang itu di daerah yang sulit air, dan Lombok itu juga karena berkaitan dengan gempa dahsyat saat itu,” ungkapnya.

Sekolah Dasar Negeri Panundaan, Kelurahan Rancabali, Kecamatan Ciwidey, Bandung Jawa Barat menjadi lokasi ke 17 pembangunan “Aqua Tower” pada 12 Oktober tahun 2023 dalam rangka menyambut ‘Global Hand Washing Day’.“Kalau dulu sebelum ada bantuan ini "Aqua Station" anak-anak bawa minum sendiri, dan kami tidak tahu sumber airnya dari mana. Setelah ada kam jadi tidak perlu membawa lagi, sudah ada dan disediakan. Biasanya setiap minggu beli minum, semenjak ada “Aqua Tower” kita ikut menggunakan juga. Jadi lebih irit,” kata Kepala Sekolah SDN Panundaan Yati Resnawati.

Yati mengungkapkan kalau masyarakat sekitar juga diperbolehkan untuk mengambil air di sekolah asal tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar, dan hanya diperbolehkan setelah waktu pulang sekolah. Sekitar 100 kepala keluarga di sekitar SDN Panundaan telah terbantu mendapatkan akses air bersih tersebut.

Selanjutnya, pada tahun ini “Aqua Station” lainnya juga direncanakan kembali dibangun di daerah pantura, tepatnya di Subang, Jawa Barat.

 

 

BERITA TERKAIT

Telkom Kampanyekan Go Zero - Bergerak Bersama Masyarakat Bawa Perubahan Untuk Bumi

Dalam menjalankan bisnisnya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tidak hanya mencari untung semata tetapi terus meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan…

Inspirasi dari Kartini - FWD Insurance Dukung Pemberdayaan Perempuan

Masih dalam memperingati hari Kartini yang selalu menjadi inspirasi perempuan Indonesia untuk terus berkarya dan terus berdaya dalam berbagai aspek…

Dorong Pemberdayaan Perempuan - Indosat Perkuat Peran di Teknologi dan Inovasi

Dukung pemberdayaan perempuan, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bersama dengan entitas Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk kesetaraan jender dan pemberdayaan…

BERITA LAINNYA DI CSR

Telkom Kampanyekan Go Zero - Bergerak Bersama Masyarakat Bawa Perubahan Untuk Bumi

Dalam menjalankan bisnisnya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tidak hanya mencari untung semata tetapi terus meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan…

Inspirasi dari Kartini - FWD Insurance Dukung Pemberdayaan Perempuan

Masih dalam memperingati hari Kartini yang selalu menjadi inspirasi perempuan Indonesia untuk terus berkarya dan terus berdaya dalam berbagai aspek…

Dorong Pemberdayaan Perempuan - Indosat Perkuat Peran di Teknologi dan Inovasi

Dukung pemberdayaan perempuan, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bersama dengan entitas Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk kesetaraan jender dan pemberdayaan…

Berita Terpopuler