Suzuki Jangkau Pelanggan Sampai ke Rumah

NERACA

Jakarta – Menyadari pentingnya memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) terus mempertahankan komitmennya dalam memberikan pelayanan purna jual yang prima. Pertumbuhan Service Activity sebesar 2,4% per tahun sejak tahun 2020 turut didukung dengan 191 outlet Bengkel Resmi dan 52 outlet Service Point di seluruh Indonesia, Suzuki terus menjangkau pelanggan baik di perkotaan hingga berbagai wilayah sampai dengan pelayanan ke rumah untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam perawatan mobil Suzuki. Nilai tambah dari layanan purna jual tersebut menjadi faktor yang patut diperhitungkan oleh pelanggan baik yang membeli mobil baru di diler maupun pada ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

"Selain layanan purna jual seperti bengkel resmi dan Halo Suzuki 24 Jam di nomor 0800-1100-800, Suzuki juga menjangkau berbagai kebutuhan perawatan pelanggan lewat cara lain seperti Service Point Outlet, Home Service, Moving Service dan Fleet Service. Salah satu bentuk layanan yang cukup intensif dimanfaatkan oleh pelanggan masa kini yaitu Home Service, dimana kami melihat kebutuhan pelanggan untuk mendapatkan kemudahan dan kepraktisan juga menjadi prioritas yang harus kami jaga dengan baik,” ungkap Asst. to Dept. Head Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi.

Sekitar 61% dari total service outlet Suzuki atau 123 outlet berada di 60 kota besar dan menengah. Sedangkan 39% lainnya merupakan 79 outlet tersebar di 75 wilayah sub-urban. Berdasarkan data yang dipantau oleh SIS, sebanyak 12% pelanggan di wilayah urban dan 12% pelanggan di wilayah sub-urban belum melakukan service rutin di Bengkel Resmi Suzuki, sehingga ada potensi service harus dipenuhi melalui bentuk layanan yang lain, yaitu Service Point Outlet, Home Service, Moving Service dan Fleet Service.

Melengkapi keberadaan Bengkel Resmi, Suzuki juga menyediakan 52 outlet Service Point yang menjadi pengembangan jaringan agar dapat menjangkau daerah luar perkotaan yang didominasi unit commercial seperti New Carry, namun tetap bisa menerima unit passenger. Masih untuk menjangkau pelanggan yang berada di daerah yang jauh, Suzuki juga menyediakan Moving Service dimana Suzuki bisa menyambangi wilayah seperti perkebunan atau pedesaan yang berjarak lebih dari 30 km atau membutuhkan durasi berkendara lebih dari 1 jam untuk bisa sampai ke Bengkel Resmi terdekat.

Selain itu, Suzuki juga memfasilitasi pelanggan dalam kategori perusahaan melalui layanan Fleet Service, dimana terdapat kondisi seperti banyaknya unit inventaris milik perusahaan-perusahaan yang menggunakan mobil Suzuki dan mobilitasnya tinggi sehingga memerlukan perawatan yang rutin dan tepat. Tim Service dari Bengkel Resmi Suzuki akan menyambangi pelanggan sesuai kebutuhan dan kategori layanan di atas.

Salah satu layanan perawatan yang saat ini semakin tumbuh adalah Home Service. Suzuki telah menyediakan Home Service sejak tahun 2015, dan menjadi semakin masif penggunanya saat adanya pembatasan mobilitas masyarakat kala pandemi yang terjadi di tahun 2020. Salah satu Layanan Home Service yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan adalah melakukan service 1.000 km, 5.000 km dan berkala per 10.000 hingga 20.000 km, tidak hanya itu perbaikan ringan, ganti baterai, dan ganti pelumas, tetapi juga menangani perbaikan yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 120 menit atau 2 jam. Sebagai contoh, jika kendaraan mengalami masalah di lokasi, layanan ini akan melakukan pemeriksaan awal dan melakukan perbaikan jika memungkinkan dalam waktu singkat. Namun, untuk perbaikan yang lebih kompleks dan membutuhkan waktu lebih dari 2 jam, kendaraan akan dirujuk ke bengkel resmi untuk penanganan lebih lanjut. Setiap unit Home Service mampu menangani 3 hingga 4 lokasi yang berjarak sampai dengan 15 km dalam sehari, dengan didampingi oleh tim mekanik berpengalaman.

Salah satu keistimewaan dari layanan ini adalah tidak ada biaya tambahan yang dikenakan kepada konsumen di luar kebutuhan perawatan yang dilakukan. Semua layanan dan biaya yang diberikan melalui layanan Home Servicesepenuhnya sama dengan daftar harga yang berlaku di bengkel resmi, tanpa penambahan biaya kunjungan. Selain itu, Suzuki juga menetapkan garansi yang sama dengan garansi di Bengkel Resmi yaitu garansi pekerjaan hingga 500 km/14 hari kerja, garansi spare parts hingga 20.000 km/1 tahun dan tidak menggugurkan garansi kendaraan 3 tahun/100.000 km selama mengikuti jadwal perawatan berkala.

“Kemudahan era digital yang membuat pelanggan dapat dengan mudah menjadwalkan service hingga melakukan perawatan di rumah saja menjadi upaya yang terus kami tingkatkan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan setia kami," pungkas  Hariadi.

BERITA TERKAIT

ini Dia Biaya Servis Skutik Terbaru Yamaha LEXi LX 155 Selama 3 Tahun

NERACA Jakarta – Sejak diluncurkan pada awal bulan Januari tahun ini, kehadiran LEXi LX 155 memang sukses mencuri perhatian para pecinta…

Honda Komit Penuhi Target Elektrifikasi 100% di Tahun 2040

NERACA Tokyo – Director, President and Representative Executive Officer (Global CEO) Honda Motor Co., Ltd, Toshihiro Mibe menegaskan komitmennya untuk memenuhi…

Awal Kuartal II 2024, Penjualan Daihatsu Tembus 60 Ribu Unit

NERACA Jakarta – Mengawali kuartal II 2024, Daihatsu catatkan raihan penjualan yang baik. Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

ini Dia Biaya Servis Skutik Terbaru Yamaha LEXi LX 155 Selama 3 Tahun

NERACA Jakarta – Sejak diluncurkan pada awal bulan Januari tahun ini, kehadiran LEXi LX 155 memang sukses mencuri perhatian para pecinta…

Honda Komit Penuhi Target Elektrifikasi 100% di Tahun 2040

NERACA Tokyo – Director, President and Representative Executive Officer (Global CEO) Honda Motor Co., Ltd, Toshihiro Mibe menegaskan komitmennya untuk memenuhi…

Awal Kuartal II 2024, Penjualan Daihatsu Tembus 60 Ribu Unit

NERACA Jakarta – Mengawali kuartal II 2024, Daihatsu catatkan raihan penjualan yang baik. Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia…