Platform Mobil Bekas Moladin Raih Pendanaan Seri A Sebesar US$ 42 Juta

NERACA

Jakarta  - Moladin, platform mobil bekas omnichannel terkemuka di Indonesia, mengumumkan pendanaan seri A sebesar US$42 juta yang dipimpin oleh Sequoia Capital India dan Northstar Group. Pendanaan ini menjadi salah satu pendanaan seri A terbesar untuk sebuah perusahaan teknologi di Asia Tenggara. Pendanaan ini juga didukung oleh East Venture, Global Founders Capital dan K3 Ventures.  “Investasi yang menjadi salah satu pendanaan seri A terbesar di Asia Tenggara akan mendukung Moladin memperkuat posisinya sebagai platform mobil bekas terkemuka,” kata Andrew Khoo, Co-founder dan CEO Moladin.

Dimana, Moladin telah berkembang dalam hitungan bulan setelah peluncurannya dalam upaya menjadi dealer terkemuka di Indonesia, menjangkau lebih dari 15.000 agen dan dealer di tahun 2021. Hal ini didorong oleh model bisnis social commerce yang unik yang memberdayakan agen dan dealer mikro dengan menyederhanakan proses transaksi dan memungkinkan mereka untuk melayani pelanggan mereka dengan lebih baik. Pendanaan Seri A ini akan digunakan untuk membantu meningkatkan bisnis transaksi mobil Moladin yang sudah ada, memperluas jaringan cabang, dan juga untuk memasuki peluang tambahan baru seperti ritel, pembiayaan, dan servis. Visi Moladin adalah menjadi katalis positif dalam kegiatan mobilitas fisik dan sosial ekonomi setiap orang yang berada dalam ekosistem kami.

“Tidak seperti kebanyakan pemain lain, kami yakin sebagian besar pembeli dan penjual mobil bekas masih ingin berinteraksi dengan ahli, yang terpercaya untuk melakukan transaksi besar yang signifikan bagi mereka. Dengan menciptakan ekosistem otomotif digital lengkap (full-stack) yang didukung oleh jaringan agen dan dealer mikro berskala nasional, kami berharap dapat melayani penduduk Indonesia dengan kemampuan terbaik kami. Hal ini juga akan membantu menciptakan banyak pekerjaan yang juga mendukung ekonomi lokal dan para konsumen,” ujarnya.

Co-founder dan COO Jovin Hoon menambahkan, “Kami secara sadar telah memutuskan strategi yang terfokus untuk meningkatkan bisnis inti kami yang ada di Indonesia sebelum memperluas ke geografi dan peluang tambahan lainnya. Fokus ini telah membantu kami mengeksekusi dengan lebih baik dan tumbuh lebih cepat dari yang orang kira sebelumnya. Meskipun demikian, otomatisasi transaksi hanyalah langkah pertama dalam perjalanan panjang saat kami menjelajahi semua peluang untuk membantu kami mewujudkan visi kami dalam mendorong mobilitas yang lebih baik bagi semua” katanya.

“Pasar mobil bekas adalah salah satu kategori konsumen terbesar namun tidak terorganisir dengan baik di Asia Tenggara. Moladin telah mampu melayani agen dan konsumen akhir dengan lebih baik dengan berfokus pada membangun pasokan mobil bekas terbaik di platform mereka. Tim di Moladin telah membuat kami terkesan dengan eksekusi yang kuat dan dengan menjadi platform mobil bekas terbesar di Indonesia dalam waktu yang sangat singkat. Sequoia Capital India dengan senang hati mendukung Moladin dalam melanjutkan lintasan pertumbuhannya yang cepat,” ujar Abheek Anand, Managing Director di Sequoia India.

Sementara itu, Chee-Yann Wong, Managing Director dari Northstar Group, perusahaan ekuitas swasta terkemuka di Asia Tenggara, menambahkan “Sektor mobil bekas dan pembiayaan mobil sangat besar dan berkembang pesat di Indonesia. Mereka juga sangat terfragmentasi dan matang untuk adanya disrupsi digital. Kami terkesan dengan visi dan eksekusi strategis tim Moladin dan berharap dapat mendukung Moladin dengan jaringan dan sumber daya lokal kami,”tandasnya.

BERITA TERKAIT

Bantu UKM Kembangkan Bisnis, Salesforce Luncurkan Pro Suite

  NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…

Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Kenalkan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia

  Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Ciptakan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia NERACA Jakarta - Minat terhadap ‘Creative…

Kolaborasi dengan Timezone - Coocaa Indonesia Bagi THR TV 86 Inch dan Ratusan Juta Rupiah

Coocaa, sebagai brand TV no. 1 di Indonesia berkolaborasi dengan Timezone Indonesia ingin berbagi kebahagiaan serta perasaan dan pengalaman yang…

BERITA LAINNYA DI Teknologi

Bantu UKM Kembangkan Bisnis, Salesforce Luncurkan Pro Suite

  NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…

Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Kenalkan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia

  Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Ciptakan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia NERACA Jakarta - Minat terhadap ‘Creative…

Kolaborasi dengan Timezone - Coocaa Indonesia Bagi THR TV 86 Inch dan Ratusan Juta Rupiah

Coocaa, sebagai brand TV no. 1 di Indonesia berkolaborasi dengan Timezone Indonesia ingin berbagi kebahagiaan serta perasaan dan pengalaman yang…