Merek FMCG Yang Dipilih Konsumen Saat Pandemi

 

NERACA

Jakarta - Kantar Indonesia, Worldpanel Division baru saja merilis publikasi teranyar nya, Brand Footprint Indonesia 2021. Brand Footprint adalah studi tahunan Kantar yang mengukur merek mana yang paling dipilih oleh konsumen. Brand Footprint meliputi lima sektor FMCG, yakni makanan, minuman, produk susu, perawatan rumah, dan perawatan tubuh.

Peringkat Brand Footprint Indonesia tahun ini mencakup 97% dari total rumah tangga baik di kota besar, kota kecil, dan daerah lainnya yang merepresentasikan 68 juta rumah tangga. General Manager Kantar Indonesia, Worldpanel Division, Venu Madhav mengungkapkan tahun 2020 merupakan tahun yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Banyak industri yang harus melewati jalan yang terjal untuk bertahan dan bertumbuh terlepas dari adanya tantangan pandemi. Industri FMCG mampu melewati berbagai tantangan dengan cara menerapkan strategistrategi yang berfokus pada kebutuhan konsumen yang dinamis dan juga terus berkembang,” katanya lewat konferensi virtual di Jakarta, Kamis (17/6).  

Lima kategori produk FMCG yang paling banyak dipilih konsumen, yakni mie instan, biskuit, kopi instan, deterjen, dan penyedap rasa memiliki keterikatan tersendiri dengan konsumen di Indonesia. Hal ini terlihat dari presentase jumlah konsumen yang membeli kategori-kategori tersebut setidaknya mencapai 95% atau dalam kata lain, 95 dari 100 rumah tangga di Indonesia pernah membeli produk dari kategori tersebut.

Sektor makanan mendominasi 10 peringkat teratas dan juga mendominasi peringkat 10 besar merek-merek yang bertumbuh pesat pada tahun 2020. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan pandemi yang membuat konsumen lebih banyak beraktivitas di rumah, termasuk memasak dan makan di rumah.

Indomie terus menjadi merek pilihan nomor satu bagi konsumen di Indonesia dan juga memegang posisi yang kuat di tingkat global, yakni di posisi ke-7 Global Brand Footprint 2021. Indomie menjadi pilihan bagi rumah tangga sebagai asupan makanan yang cepat dan rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia dan juga negara lain.

Merek-merek bumbu masak seperti Sasa, Masako, Royco, dan Bango menjadi pilihan teratas bagi konsumen Indonesia sepanjang tahun 2020 sebagai penunjang kegiatan memasak dari rumah yang semakin populer di masa pandemi ini.

Terkait dengan hadirnya pandemi di tahun 2020, preferensi masyarakat di sektor perawatan rumah dan sektor perawatan tubuh menunjukkan tren yang positif bagi produk-produk yang menawarkan perlindungan dari sisi kesehatan dan kebersihan.

Bermain di beberapa kategori juga merupakan salah satu strategi merek untuk memiliki kesadaran merek dan basis konsumen yang kuat. Beberapa merek seperti Lifebuoy (di posisi ke-8), Frisian Flag (di posisi ke-9), and Indofood (di posisi ke-12) mengamankan posisi mereka dalam peringkat 20 besar dengan bermain di beberapa kategori di sektor masing-masing.

Sementara itu, Commercial Director Kantar Indonesia, Worldpanel Division Adisti Bramanti menjelaskan lebih jauh bahwa, merek-merek diurutkan berdasarkan Consumer Reach Point (CRP). CRP merupakan matriks yang mengkalkulasikan jumlah rumah tangga yang membeli merek tertentu (penetrasi) dengan berapa kali merek tersebut dibeli (pilihan konsumen).

“Untuk meningkatkan CRP dalam keadaan yang fluktuatif di masa pandemi tentunya dibutuhkan strategi yang adaptif terhadap konsumennya; baik dari segi preferensi kegunaan dan manfaat produk, ketersediaan produk di tempat perbelanjaan, kesesuaian harga dan ukuran kemasan, ekspansi produk ke kategori lainnya, dan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli merek,” jelasnya.

BERITA TERKAIT

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…