Somerset Hadir di The Greko Bandung

Somerset Hadir di The Greko Bandung

NERACA

Jakarta - Somerset serviced kini hadir di The Greko Asia Afrika Bandung ditandai dengan ditandatanganinya kesepakatan kerja sama The Ascott Ltd selaku pengelola dengan PT Maju Makmur Usaha Bersama selaku pengembang di Ascott Kuningan Jakarta.

Penandatangan kerja sama dilaksanakan oleh Direktur Utama The Greko Asia Afrika Bandung Francis Dina Kartantya dan Regional GM Indonesia and Australia, VP Global Ops The Ascott Limited Kenneth Rogers, Senin (19/2), disaksikan oleh Komisaris The Greko Asia Afrika Bandung Steve Kartantya, Direktur Marketing The Greko Asia Afrika Bandung Djeffry Sutanto.

Regional GM Indonesia and Australia, VP Global Ops The Ascott Ltd , Kenneth Rogers mengatakan, Somerset Asia Afrika Bandung merupakan brand ketiga yang dikembangkan di Indonesia, setelah sebelumnya Somerset Grand Citra di daerah Kuningan buka pada tahun 1996 dan yang kedua adalah Somerset Berlian Jakarta di daerah Permata Hijau yang buka pada tahun 2006.

Melalui kerjasama ini, pihak The Ascott Limited melalui brand Somerset, dipercaya untuk mengelola 136 unit, terdiri dari empat tipe, meliputi tipe studio sebanyak 76 unit, tipe satu kamar sebanyak 17 unit,tipe dua kamar 34 unit dan tipe 3 kamar sebanyak 9 unit dengan durasi kerjasama selama 10 tahun.

The Greko sendiri merupakan kawasan mix used terdiri dari 5 lantai Geko Creative Hub dan 12 lantai apartemen yang dikembangkan dengan konsep hunian hijau dan menjadi hub kreatif di Bandung.

Somerset Asia Afrika Bandung direncanakan mulai beroperasi pada kuartal 1 2019 yang ditawarkan dengan konsep serviced residence, yakni apartemen fully furnished yang bisa disewa baik untuk menginap dalam waktu yang singkat (daily stay) ataupun untuk waktu yang lama (satu bulan sampai dengan satu tahun).

Sebagai service residence, Somerset Asia Afrika Bandung juga menyediakan perlengkapan yang sama seperti di hotel yang di lengkapi housekeeping, sarapan pagi dan front ofiice.

Direktur Utama The Greko Asia Afrika Bandung Francis Dina Kartantya menyatakan optimismenya kerja sama ini akan mendulang sukses mengingat besarnya peluang bisnis di kota Bandung seiring pembangunan infrastruktur kereta cepat Jakarta-Bandung, double dekker Tol Cikampek, dan Bandara Kertajati.

Kenneth Rogers menambahkan, seiring meningkatnya kebutuhan untuk penginapan, terutama untuk business travelers, ketertarikan untuk tinggal di serviced residence semakin meningkat."Kami menawarkan ukuran ruangan yang lebih luas dari hotel, fasilitas dapur yang lengkap serta kenyamanan tinggal bersama keluarga dengan fasilitas yang setara hotel. Selain itu, kerjasama pengelolaan Somerset Asia Afrika Bandung ini karena property tersebut memiliki lokasi yang strategis dan hubungan yang baik dengan pemilik saham, serta potensinya bisnisnya yang bagus," ujar Rogers.

Terkait tingkat penghunian kamar (TKP), Rogers mengatakan, untuk tahap awal dapat mencapai 60 persen, acuannya berdasarkan data BPS Provinsi Jawa Barat pada bulan Desember 2017 dimana TPK atau okupansi hotel di Jawa Barat mencapai 56,67 persen.

Prosentase ini, menjadi nilai yang tertinggi dibandingkan tahun 2016. Adapun TPK tertinggi terjadi pada hotel bintang lima sebesar 79,63 persen sedangkan TPK terendah terjadi pada hotel bintang satu sebesat 44,69 persen.

Masih berdasar data BPS Provinsi Jawa Barat. pada Desember 2017, kedatangan tamu mancanegara melalui Bandara Husein Sastranegara mencapai 17.766 orang. Angka ini mengalami peningkatan 17,11 persen dibandingkan November 2017 yang tercatat 15.170 orang.

Adapun persentase kunjungan wisman menurut asal negara pada Desember 2017 masih didominasi Malaysia sebanyak 65,31 persen, Singapura sebanyak 28,84 persen."Kami optimistis dengan prospek bisnis di Indonesia seiring dengan meningkatnya wisatawan domestik dan internasional, dan properti yang kami kelola akan bisa memberikan pilihan alternatif fasilitas akomodasi untuk para traveler. Hal lni kami buktikan dengan rencana pengembangan bisnis kami. Selain mengembangkan bisnisnya di Kota Bandung, pada 2018 ini The Ascott Limited juga akan membuka beberapa properti lagi di kota lain yaitu Jakarta, Karawang, Bali dan Yogyakarta," kata Rogers.

The Ascott Ltd merupakan perusahaan asal Singapura yang telah berkembang menjadi pemilik-operator serviced residence internasional terbesar di dunia. Memiliki lebih dari 43,000 unit serviced residence yang beroperasi di kota-kota penting di Amerika, Asia Pasifik, Eropa dan Timur Tengah, serta lebih dari 30,000 unit yang sedang dikembangkan, sehingga berjumlah lebih dari 73,000 unit secara keseluruhan di 500 properti.

The Ascott Limited memiliki 6 brand yaitu Ascott, Citadines, Somerset, Quest, The Crest Collection and lyf. dimana portofolionya melingkupi lebih dari 130 kota di 30 negara. Ascott, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh CapitaLand Limited, perintis serviced residence bertaraf internasional di Asia Pasifik dengan pembukaan The Ascott Singapore pada tahun 1984.

Di tahun 2006, Ascott juga mendirikan Pan-Asian serviced residence real estate investment trust pertama di dunia, Ascott Residence Trust. Saat ini, perusahaan telah memiliki pengalaman usaha lebih dari 30 tahun dan memenangkan penghargaan merek serviced residence yang diakui oleh seluruh dunia.

Sedangkan di Indonesia, The Ascott Limited merupakan salah satu pelopor industri serviced residence di indonesia. Ascott membuka properti pertamanya di Indonesia pada tahun 1995. Saat ini Ascott memiliki delapan properti yang tersebar di empat kota besar yaitu Jakarta, Surabaya, Bali dan Makassar. Ascott juga akan membuka beberapa properti lagi di beberapa kota seperti Bandung, Jakarta, Karawang, Bali, dan Yogyakarta. Mohar/Ant

BERITA TERKAIT

Commercial Smart TV dan CreateBoard LG Raih Sertifikasi TKDN

  Commercial Smart TV dan CreateBoard LG Raih Sertifikasi TKDN NERACA Jakarta - PT. LG Electronics Indonesia (LG) baru saja…

SMF Komitmen Perkuat Peran dalam Pembiayaan Sektor Perumahan

NERACA Jakarta - Menyambut tahun 2024, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) berkomitmen untuk terus berfokus pada pembiayaan di sektor perumahan.…

Riset Ungkap Bogor Alami Kenaikan Harga Rumah Tertinggi pada Februari

NERACA Jakarta - Hasil riset Rumah123 mengungkapkan Bogor mengalami kenaikan harga rumah tertinggi di Jabodetabek hingga 6,4 persen, disusul Tangerang…

BERITA LAINNYA DI Hunian

Commercial Smart TV dan CreateBoard LG Raih Sertifikasi TKDN

  Commercial Smart TV dan CreateBoard LG Raih Sertifikasi TKDN NERACA Jakarta - PT. LG Electronics Indonesia (LG) baru saja…

SMF Komitmen Perkuat Peran dalam Pembiayaan Sektor Perumahan

NERACA Jakarta - Menyambut tahun 2024, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) berkomitmen untuk terus berfokus pada pembiayaan di sektor perumahan.…

Riset Ungkap Bogor Alami Kenaikan Harga Rumah Tertinggi pada Februari

NERACA Jakarta - Hasil riset Rumah123 mengungkapkan Bogor mengalami kenaikan harga rumah tertinggi di Jabodetabek hingga 6,4 persen, disusul Tangerang…