Internet telah berkembang secara pesat. Terbukti dari data Kominfo tentang pengguna internet di Indonesia yang saat ini sudah mencapai 63 juta orang. 95% dari total pengguna ternyata sering menggunakan internet untuk mengakses media sosial (Medsos). Sejak online shopping semakin laris di Indonesia, pengguna media sosial pun tidak hanya menggunakan media sosial untuk update status atau bersosialisasi dengan pengguna lain. Mereka juga menggunakan media sosial untuk mencari dan membeli barang-barang secara online.
Fenomena ini membuat banyak produsen yang menjual barang mereka lewat BBM, WhatsApp, Facebook, atau juga Instagram. Dari sini bisa kita tarik kesimpulan kalau ternyata media sosial juga bisa dijadikan lahan untuk mencari penghasilan tambahan. Jika kamu tertarik untuk mencari penghasilan tambahan dengan menawarkan produk atau juga jasa lewat Instagram, kamu bisa cek tips berikut untuk memaksimalkan usaha kamu:
1. Buat akun Media Sosial khusus jualan
Ini yang paling mudah. Kamu cukup download aplikasi medsos kamu dan buat satu akun yang akan kamu pakai untuk berjualan atau menawarkan jasa. Oh iya, jangan lupa buat nama akun yang gampang dicari ya.
2. Buat Desain yang menarik untuk postingan di Media Sosial
Pastikan kamu menyiapkan gambar yang menarik untuk di-posting di akun medsos anda. Kamu bisa foto produknya dan diedit dengan berbagai aplikasi untuk edit foto yang ada di Play Store atau App Store. Selain foto, kamu juga bisa membuat gambar yang bagus dengan aplikasi Adobe Photoshop. Selain produknya, kamu juga bisa edit gambarnya dengan menaruh keterangan jenis produknya atau bahannya. Ini supaya pelanggan kamu langsung paham dan bisa langsung pesan.
3. Pakai Caption/ Keterangan
Untuk mempermudah pencarian, jangan lupa pakai hashtag. Apalagi kalau Instagram kamu belum terlalu banyak followers-nya. Hashtag yang kamu pakai harus sesuai dengan jenis produk yang kamu tawarkan ya. Misalnya kalau produk kamu tas, berarti kamu bisa pakai hashtag #JualTasImport #JualTasImportMurah #JualTasImportOri #JualTasImportBerkualitas dan lain-lain.
4. Repost foto testimoni pelanggan
Kalau kamu sudah punya pelanggan setia yang selalu puas sama layanan kamu, jangan lupa untuk repost testimoninya di akun kamu ya. Ini penting untuk meningkatkan rasa percaya pelangganmu, terutama pelanggan baru. Karena banyak pelanggan yang pasti takut tertipu kalau belanja online. Nah cara untuk mengatasi rasa kurang percaya itu adalah dengan testimoni pelanggan lain.
5. Taruh kontak
Nah ini yang paling penting. Pastikan di bio kamu selalu ada info kontak untuk pelanggan. Untuk lebih gampang kamu bisa taruh nomor kontak kalau yang sekarang ramai adalah nomer WhatsApp kamu. Nah tapi kami punya cara yang lebih gampang yaitu direct WhatsApp. Agar pelanggan kamu lebih mudah menghubungi.
Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…
Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX NERACA Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…
InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…
Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…
Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX NERACA Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…
InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…