Model-Model Baru Yang Menawan pada Tahun Naga - Mercedes-Benz Indonesia

Neraca. Keadaan ekonomi negara yang terus mengalami pertumbuhan sepanjang tahun 2011 mendorong sektor industri otomotif khususnya bagi kendaraan roda empat hingga ke titik tertinggi dalam sejarah. Pada tahun 2011, rekor baru untuk penjualan kendaraan roda empat Indonesia berhasil dicetak dengan meraih angka 890.569 unit, naik 19% dibandingkan dengan tahun 2010.

Pertumbuhan positif ini turut dirasakan oleh Mercedes-Benz Indonesia seperti terlihat pada penjualan ritel baik untuk kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga bus dan truk, di mana terdapat kenaikan sebesar 16% pada tahun 2011 yaitu sebesar 5.331 unit dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 4.594 unit.

Kontribusi pertumbuhan terbesar terjadi pada kendaraan niaga Mercedes-Benz (van, truk dan bus) yang mencapai pertumbuhan sebesar 38%. Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan akan kendaraan truk besar (heavy duty truk) seiring dengan perkembangan industri pertambangan di Tanah Air.

Mengikuti tren kendaraan ramah lingkungan, pada segmen kendaraan Premium khususnya Mercedes-Benz didominasi dengan penjualan kendaraan berteknologi CGI (Charged Gasoline Injection) yang memungkinkan kendaraan untuk menghasilkan tenaga lebih besar namun lebih hemat bahan bakar hingga 10% dibandingkan teknologi mesin biasa.

Setelah pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada awal tahun 2010 lalu, kendaraan Mercedes-Benz dengan teknologi CGI telah menguasai 47% penjualan kendaraan Mercedes-Benz (1.702 unit) dibandingkan dengan non CGI dan pada tahun 2011 meningkat menjadi 69% (2.483 unit) atau dapat dikatakan menguasai hampir separuh dari total seluruh kendaraan di segmen Premium Indonesia (2011: 6.105 unit).

Komitmen Mercedes-Benz dalam menghadirkan kendaraan-kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan sejalan dengan sertifikasi Eco-Industry yang diberikan oleh TUV Rheinland kepada Mercedes-Benz Indonesia sebagai perusahaan otomotif pertama di dunia yang dapat dijadikan contoh perusahaan ramah lingkungan. Selain pada produknya, Mercedes-Benz Indonesia juga menjalankan konsep ini pada kegiatan sehari-harinya seperti penghematan energi dengan lebih banyak menggunakan penerangan dan energi alami dalam kegiatan operasional, menggunakan tombol penerangan otomatis pada fasilitas produksi, penghematan pada penggunaan lampu dan pendingin ruangan yang menghasilkan penghematan sebesar: 20% pada produksi kendaraan penumpang, 35% pada produksi kendaraan niaga dan 30% pada kegiatan dalam ruang kantor.

Di samping itu dilakukan juga penanaman pohon Albizia Salman (trembesi) untuk carbon offset dan juga pemanfaatan limbah misalnya dengan memanfaatan limbah kayu untuk menghasilkan sesuatu yang berguna. Dalam hal kepuasan pelanggan, Mercedes-Benz terus menerus meningkatkan kualitas pelayanannya melalui jaringan dealer resminya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada 2011, sejumlah kegiatan dilakukan untuk melakukan beberapa pembangunan dan perbaikan pada jaringan dealer resmi agar mencapai standar kualitas pelayanan maupun tampilan showroom dan workshop demi menjaga maupun meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Hal tersebut di atas bahkan dapat dibuktikan dengan terpilihnya dealer resmi asal Indonesia sebagai pemenang dalam ajang penghargaan kelas dunia Regional Service Excellence Awards 2011 (yang dinilai oleh J.D Power) selama 7 tahun berturut-turut mengalahkan 77 jaringan dealer Mercedes-Benz dari Asia Tenggara, bahkan 6 dealer resmi Mercedes-Benz Indonesia berhasil menduduki posisi 10 besar. Dalam ajang penghargaan ini Indonesia berhasil menduduki posisi nomor satu yang diraih oleh PT Kedaung Satrya Motor dan posisi kedua diraih oleh PT Hartono Raya Motor Surabaya.

Pada 3 Februari 2012 lalu, Mercedes-Benz Indonesia juga telah menobatkan PT Citra Karya Pranata (Bandung) sebagai dealer terbaik Mercedes-Benz di Indonesia dalam ajang Dealer of The Year 2011 yang diadakan di Qi Lounge, The Sultan Hotel kemarin. Setelah melewati pertumbuhan yang sangat positif pada 2011, Mercedes-Benz Indonesia bertekad akan melanjutkan kesuksesan yang lebih besar lagi pada 2012 ini. Dengan memperkirakan pertumbuhan sebesar 3%-5% pada sektor industri otomotif di Indonesia yang diyakini akan mencapai angka hampir satu juta unit di tahun ini, Mercedes-Benz Indonesia optimistis akan menjadi bagian dari pertumbuhan tersebut.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Mercedes-Benz Indonesia mempersiapkan jajaran produk baru yang akan diperkenalkan kepada para konsumen pada 2012 yang diyakini akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan penjualan Mercedes-Benz baik pada kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga dan mempertahankan posisi Mercedes-Benz Indonesia sebagai pemimpin pasar.

Sejumlah model baru kendaraan Mercedes-Benz baik kendaraan penumpang maupun niaga akan hadir dan meramaikan industri otomotif Indonesia dan menjadikan Mercedes-Benz Indonesia pabrikan kendaraan Premium yang menyajikan jajaran produk yang terlengkap di kelasnya yang memberi keleluasaan kepada konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pada awal 2012 ini, Mercedes-Benz Indonesia memperkenalkan 2 sports car unggulan sekaligus : SLS 63 AMG Roadster (“The Best Cabriolet” - auto motor und sport Germany) dan C 63 AMG Coupe, kedua kendaraan performa tinggi ini hadir di Tanah Air dan turut mengawali tahun 2012 ini yang diyakini memiliki prospek yang lebih baik daripada tahun lalu.

Selain dua produk di atas, produk-produk menawan lainnya seperti: sports car SL-Class dan SLK 55 AMG, SUV premium M-Class (“The Best Off-Road Vehicle” – auto motor und sport Germany) dan juga MPV premium B-Class (meraih penghargaan dari Euro NCAP: Five Stars Outstanding Occupant Protection), akan hadir dan meramaikan pasar otomotif di Indonesia.

BERITA TERKAIT

"Public Chaos", Ujung Interpretasi Media yang Salah

  Oleh : Ricky Rinaldi, Peneliti Madya Lembaga Studi Informasi Strategis (LSIS) Tidak dapat dipungkiri bahwa aktor yang paling berperan…

Analis Bilang Koleksi Saham Sektor Konsumer - Daya Beli Masih Positif di Tahun Depan

NERACA Jakarta - Pelemahanan daya beli masyarakat hingga paruh pertama tahun ini yang di luar perkiraan banyak pihak, perlahan menunjukkan…

HIPMI Inginkan Jakarta Lebih Baik - Punya Gubernur Baru

    NERACA   Jakarta - Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (BPD Hipmi Jaya) mengharapkan Gubernur…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Brio Satya Jadi Model Terlaris Honda Pada September 2017

Honda mencatatkan angka penjualan kendaraan sebanyak 15.112 unit sepanjang bulan September 2017. Penjualan tersebut didukung beberapa model andalan, terutama Brio…

Diskon Besar

Federasi pembuat mobil Jerman memperkirakan adanya kenaikan penjualan mobil tahun 2017 menyusul langkah cepat konsumen untuk membeli mobil baru yang…

Crown Rancangan Ulang Dipamerkan di Tokyo Motor Show

Toyota Motor Corporation (TMC) dijadwalkan akan memamerkan Crown Concept, sedan mewah Toyota yang dirancang ulang dari nol, di Tokyo Motor…