WhatsApp Tak Lagi Beri Dukungan Untuk BlackBerry OS ? - Per 31 Desember 2017

Wacana mencabut dukungan untuk BlackBerry 10, BlackBerry OS dan sejumlah platform mobile lawas lainnya sudah dilontarkan oleh WhatsApp sejak tahun lalu, namun keputusan itu beberapa kali ditunda.

Namun kali ini agaknya tak bakal ada lagi perpanjangan nafas untuk para pengguna WhatsApp di BlackBerry. Dalam sebuah support update di situsnya, WhatsApp menegaskan bahwa dukungan untuk aplikasinya di BlackBerry 10 dan BlackBerry OS bakal benar-benar berakhir pada 31 Desember 2017.

Sistem operasi lawas lain yang bernasib serupa adalah Windows Phone 8.0 dan yang versi lebih tua. Sementara, dukungan WhatsApp untuk OS Nokia S40 masih diberikan hingga 31 Desember 2018, dan Android versi 2.3.7 atau yang lebih lama hingga 1 Februari 2020.

Pencabutan dukungan tak berarti WhatsApp akan serta-merta tidak bisa digunakan lagi di sejumlah platform lawas tersebut. Namun, WhatsApp mengingatkan sejumlah fitur mungkin tak bisa lagi digunakan. “Anda tak bisa lagi membuat akun baru, atau memverifikasi ulang akun yang sudah ada sebelumnya. Tapi, Anda masih bisa terus menggunakan WhatsApp,” tulis keterangannya.

Mengapa WhatsApp menghentikan dukungan untuk beberapa OS di atas? Alasannya, sederhana saja, yakni memprioritaskan alokasi sumber daya tim WhatsApp untuk platform lain yang lebih baru. “Platform (yang dihentikan dukungannya) ini tidak memmiliki kapabilitas yang kami perlukan untuk mengembangkan fitur aplikasi WhatsApp di masa depan,” terang WhatsApp.

Penghentian dukungan WhatsApp untuk BlackBerry 10 dan BlackBerry OS tidak mempengaruhi perangkat-perangkat BlackBerry yang dirilis mulai BlackBerry Priv karena sudah beralih menggunakan Android. Ini termasuk BlackBerry Aurora dan KeyOne yang belakangan dirilis di Indonesia.

Berdasaekan keterangannya yang Dikutip dari situs WhatsApp menyebutkan , seperti yang telah diumumkan di blog kami, WhatsApp tidak akan lagi didukung pada BlackBerry 10 setelah 31 Desember 2017.

Hingga saat itu, kami mendukung setiap perangkat BlackBerry 10 yang memiliki Rilis Perangkat Lunak versi 10.0.10.82 atau yang lebih baru, yang umumnya dikenal sebagai sistem operasi BB versi 10.0.10.648.

Catatan: BlackBerry Priv dan DTEK50 adalah perangkat Android yang didukung.

Anda dapat memeriksa versi sistem operasi BB Anda pada setelan telepon: Setelan Sistem > Tentang > Kategori : Umum > Rilis Perangkat Lunak.

Jika versi OS BB Anda lebih lama dari 10.0.10.648, Anda perlu menunggu pembaruan perangkat lunak dari operator seluler Anda. Pada umumnya, operator layanan seluler bertanggung jawab untuk merilis pembaruan perangkat bagi telepon BlackBerry 10 Anda. Untuk memperbarui secara manual dari setelan telepon Anda:

Buka Setelan Sistem > Pembaruan Perangkat Lunak. Ketuk Periksa Pembaruan.

Catatan: Hanya pembaruan perangkat lunak resmi BlackBerry 10 saja yang didukung. Versi rilis awal (pre-release) dan versi pengembang mungkin tidak kompatibel dengan WhatsApp.

Seperti diketahui, tahun lalu, WhatsApp mengumumkan bakal memberhentikan dukungan aplikasinya untuk beberapa platform, yakni BlackBerry OS, BlackBerry 10, iOS 6, Windows Phone 7, Nokia Symbian S60, dan Nokia S40.

Aplikasi chatting bernuansa hijau itu mematok akhir 2016 sebagai waktu yang tepat untuk menyudahi kiprahnya di BlackBerry 10 dkk. Kini, menjelang tutup tahun, WhatsApp tiba-tiba merevisi rencana itu.

Dalam unggahan situs resminya WhatsApp mengatakan masih akan memperpanjang napasnya di BlackBerry 10 dan beberapa platform lain hingga 2017 mendatang.

WhatsApp bakal tetap hadir di BlackBerry OS dan BlackBerry 10 setidaknya hingga 30 Juni 2017 mendatang. Platform lain yang mendapatkan keputusan serupa adalah Nokia S40 dan Symbian S60.

Sementara itu, pada awal tahun 2017, platform yang diwacanakan tak lagi bisa mengakses WhatsApp adalah Android 2.1, Android 2.2, Windows Phone 7, dan iOS 6. "Beberapa platform tak memiliki kapabilitas yang kami butuhkan untuk mengekspansi fitur-fitur WhatsApp di masa depan," begitu alasan yang diberikan WhatsApp.

Bersamaan dengan itu, WhatsApp juga menganjurkan pengguna untuk memperbarui sistem operasi ke versi Android 2.3 ke atas, Windows Phone 8 ke atas, dan iOS 7 ke atas, agar tetap bisa menjajal WhatsApp.

Namun, bagi pengguna BlackBerry OS dan BlackBerry 10, tak ada pilihan lain untuk menjajal WhatsApp. Jika merasa benar-benar butuh aplikasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari, pengguna harus beralih ke platform lain sebelum pertengahan 2017 mendatang.

BERITA TERKAIT

Moody’s Beri Peringkat Ba2 Obligasi WIKA

NERACA Jakarta – Lembaga rating, Moody's Investors Service menyematkan peringkat Ba2 untuk obligasi senior yang akan diterbitkan PT Wijaya Karya…

Lagi, MNC AM Gelar Edukasi Pasar Modal

Tahun ini, MNC Asset Management akan menggelar sosialisasi dan edukasi dihadapan komunitas banker wanita mengenai pentingnya berinvestasi reksa dana. Branch…

Jasa Raharja Banten Bantu 53 UMKM Selama 2017

Jasa Raharja Banten Bantu 53 UMKM Selama 2017 NERACA Serang - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Provinsi Banten selama tahun…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Jaringan 5G Siap Mengudara Tahun 2018

Hanya berjarak dua minggu setelah spesifikasi peralatan 5G ditetapkan, operator telekomunikasi Amerika Serikat AT&T mengumumkan akan meluncurkan jaringan mobile 5G…

Cara Isi Batrai Ponsel Yang Benar

Banyak orang keliru memperlakukan ponsel mereka. Tanpa disadari, pengguna sering kali melakukan hal fatal dalam menggunakan ponsel mereka. Salah satunya…

OPPO Resmi Rilis OPPO F5 Red Di Indonesia

OPPO resmi meluncurkan OPPO F5 Red di Indonesia. Seri ini kembali diluncurkan OPPO untuk memenuhi antusiasme pecinta OPPO F5 6GB…