Pelita Samudera Bidik Pendapatan Tumbuh 20% - Genjot Bisnis Angkutan Tambang

NERACA

Jakarta – Sukses mencatatkan saham perdananya di pasar modal, PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) terus menggenjot target bisnis akhir tahun bisa tumbuh positif. Dimana tahun ini, emiten pelayaran ke-31 di 2017 ini menargetkan bisa membukukan laba bersih dari Rp 50 miliar, dibandingkan tahun lalu merugi.

Direktur Utama PSSI, Iriawan Ibarat menyatakan, kinerja perusahaan sampai dengan kuartal IV-2017 sesuai dengan target. Untuk tahun ini, PSSI membidik pendapatan tumbuh di atas 20% menjadi sekitar US$ 49 juta.”Jadi ini sesuai dengan rencana kami yang dipaparkan sebelum listing,"ujarnya di Jakarta, kemarin.

Disebutkan, rencananya, 60% dana hasil IPO akan digunakan untuk membeli satu unit kapal mother vessel senilai US$ 8 juta atau setara Rp 108,28 miliar guna meningkatkan kapasitas armada dan akan direalisasikan pada kuartal pertama tahun 2018. Lalu 20% dana IPO akan digunakan untuk melunasi sebagian utang kepada Bank UOB Singapura sebesar US$ 2 juta. Sisa dana IPO akan digunakan untuk modal kerja, seperti pembelian bahan bakar, suku cadang dan pemeliharaan.

Untuk tahun depan, kinerja PSSI akan banyak ditopang kinerja perusahaan tambang batubara. Pasalnya, perusahaan bisa turut kecipratan berkah dari adanya kenaikan harga batubara.”Industri batubara sangat baik dan kami harap bisa berlanjut pada tahun depan. Outlook cukup stabil dan kami mendapatkan keuntungan dari kestabilan industri batubara,"jelasnya.

Dia menyatakan, tahun ini, PSSI bisa mengerjakan pengangkutan 30 juta tonase batubara. Tahun depan, diprediksi jumlah pengangkutan akan meningkat. Pelanggannya terdiri dari pelanggan domestik dan asing. Pelayaran diantaranya seperti di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, maupun antar pulau seperti Kalimantan-Jawa. "Tahun depan kami harapkan akan berkembang. Tapi belum bisa share (jumlah tonase)," ujarnya.

Sebagai informasi, debut perdana di pasar modal saham PSSI sempat melonjak 68,89% dari harga initial public offering (IPO) sebesar Rp135 per saham ke level Rp228 per saham. Peningkatan tersebut terjadi setelah transaksi saham perseroan dengan frekuensi 60 kali dan volume 46.511 lot. Dengan peningkatan harga tersebut, kapitalisasi pasar perseroan sempat mencapai Rp1,15 triliun.

Namun, saham PSSI bergerak melandai dan berada pada level harga Rp178 per saham atau naik 31,85% pada pukul 10.10 WIB. PSSI merupakan emiten ke-31 yang mencatatkan saham perdana di papan perdagangan BEI sepanjang tahun berjalan. Dalam aksi IPO, PSSI menggalang dana sebesar Rp135,81 miliar. Tercatat hingga 30 Juni 2017, aset yang dimiliki PT Pelita Samudera Shipping sebesar US$ 90,33 juta. Adapun total liabilitas perusahaan sebesar US$ 42,5 juta dan ekuitas sejumlah US$ 47,83 juta.

Di semester pertama tahun ini, perusahaan berhasil mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 43,6% year on year (yoy) menjadi US$ 19,85 juta dari sebelumnya US$ 13,83 juta. Pada periode ini, perusahaan berhasil memperoleh laba bersih sebesar US$ 207.925. Padahal pada semester pertama 2016, perusahaan merugi sebesar US$ 8,03 juta dan merugi sebesar US$ 12,4 juta di akhir tahun lalu.

BERITA TERKAIT

Ace Hardware Siapkan Capex Rp 200 Miliar - Targetkan Pendapatan Tumbuh 10%

NERACA Jakarta – Tahun ini, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) Rp 200 miliar. Dana…

Gelar Rights Issue, SCMA Bidik Rp 3,58 Triliun

Cari pendanaan di pasar modal lewat penerbitan saham baru atau rights issue, kini tengah marah dilakukan emiten. Begitu juga halnya…

Laba Bank Jatim Tumbuh 12,7%

      NERACA   Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) mencatatkan kinerja yang positif. Bank…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

PP Presisisi Serap Dana IPO Rp 201,3 Miliar

Sejak debut perdananya di pasar modal, PT PP Presisi Tbk (PPRE) mengklaim sudah menghabiskan dana initial public offering (IPO) sebesar…

Investor Saham di Sulawesi Utara Tidak Panik

Investor di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tidak terpengaruh dengan runtuhnya selasar gedung PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin…

MNC Sekuritas Agen Penjual Sukri SR-010

Sebagai perusahaan sekuritas yang memberikan jasa keuangan yang menyeluruh, PT MNC Sekuritas membuktikan komitmen dalam menyediakan beragam produk investasi yang…