BRI Bidik 200 Ribu Pelapak di Bukalapak - Beri Fasilitas Perbankan

NERACA

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) melakukan perjanjian kerja sama dengan perusahaan e-commerce Bukalapak.com. Dengan kerja sama ini, BRI akan menyediakan fasilitas perbankan kepada Bukalapak.com. Adapun fasilitas perbankan yang diberikan BRI ke Bukalapak.com meliputi layanan BRIVA online, layanan CMS payment priority, layanan E-pay, dan jasa perbankan lainnya.

BRIVA sendiri merupakan virtual account BRI yang dapat digunakan pelanggan untuk transaksi pembayaran melalui seluruh jaringan BRI dan ATM bank lainnya. Sementara, E-Pay ialah sarana pembayaran belanja online dengan menggunakan internet banking BRI.

Disebutkan, pembiayaan diberikan kepada pelapak di Bukalapak dan dalam tahap awal sebesar 10% total pelapak Bukalapak atau sebanyak 200.000 pelapak. Direktur Kelembagaan Bank BRI, Sis Apik Wijayanto berharap, adanya kerja sama ini dapat memberi manfaat nasabah ke BRI.”Kita harapkan membuka layanan masyarakat untuk belanja melalui Bukalapak. Bukalapak adalah marketplace yang dikenal di Indonesia," kata dia di Jakarta, Selasa (28/11).

Lanjut Sis, kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Apalagi, jumlah nasabah Bank BRI saat ini mencapai 52 juta. Sementara, pengguna internet banking dan SMS banking tembus 16 juta nasabah.”Pengguna internet banking, SMS banking sekitar 16 juta. Ini yang bisa dimanfaatkan belanja online, baik mobile banking, SMS banking atau menggunakan debit online. Kita harapkan 52 juta siapa tahu juga melakukan pembayaran ATM BRI, agen Brilink yang tersebar luas," jelas dia.

Ke depan, dia berharap, BRI memberikan pembiayaan ke pelapak di Bukalapak.com.”Yang juga kita harapakan sama-sama bagaimana transaksi keuangan para pelapak yang saat ini 2 juta nantinya kita pembiayaan apakah dengan kami kerja sama Bukalapak," ujar dia.

CEO Bukalapak.com Achmad Zaky mengatakan, kedua belah pihak memiliki misi yang sama yakni memajukan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dia berharap, kerja sama ini dapat mendorong kinerja UMKM.”Kami memiliki misi yang sama, bagaimana kita memajukan UKM di Indonesia. Dan BRI selama ini fokus UKM. Kita perlu dorong sama-sama," jelas dia.

Dia mengatakan, UMKM merupakan motor perekonomian Indonesia. Dia bilang, 60% ekonomi Indonesia ditopang UMKM. Lalu, sekitar 90% orang Indonesia bekerja di UMKM."Kalau didorong Bukalapak bersama BRI, menurut saya, Indonesia bisa maju sekali," ujar dia.

BERITA TERKAIT

Dorong Bisnis Lebih Agresif - Bukalapak Raih Kucuran Dana dari Mirae Asset

NERACA Jakarta –Pesatnya pertumbuhan bisnis e-commerce Bukalapak, mendorong beberapa perusahaan besar lainnya untuk ikut serta memberikan suntikan modal. Apalagi, Bukalapak…

Songsong Era Digital, Kemenperin Beri Pengarahan

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian menyambut kehadiran 375 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil rekrutmen tahun 2018. Jumlah tersebut terdiri…

Danai Untuk Modal Kerja - Asiaplast Beri Pinjaman TBE Rp 1,3 Miliar

NERACA Jakarta - Emiten produsen plastik, PT Asiaplast Industries Tbk (APLI) memberikan pinjaman kepada PT Tiga Berlian Electric (TBE) untuk…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Tiga Anak Usaha BUMN Bakal IPO di 2019

Menyadari masih sedikitnya perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang go public atau tercatat di pasar modal, mendorong Kementerian Badan…

Impack Pratama Beri Pinjaman Anak Usaha

Dukung pengembangan bisnis anak usaha, PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) melakukan perjanjian hutang piutang dengan anak usahanya PT Impack…

Layani Pasien BPJS Kesehatan - Siloam Tambah Tujuh Rumah Sakit Baru

NERACA Jakarta – Tidak hanya sekedar mencari bisnis semata di industri health care, PT Siloam International Hospital Tbk (SILO) terus…