BRI Bidik 200 Ribu Pelapak di Bukalapak - Beri Fasilitas Perbankan

NERACA

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) melakukan perjanjian kerja sama dengan perusahaan e-commerce Bukalapak.com. Dengan kerja sama ini, BRI akan menyediakan fasilitas perbankan kepada Bukalapak.com. Adapun fasilitas perbankan yang diberikan BRI ke Bukalapak.com meliputi layanan BRIVA online, layanan CMS payment priority, layanan E-pay, dan jasa perbankan lainnya.

BRIVA sendiri merupakan virtual account BRI yang dapat digunakan pelanggan untuk transaksi pembayaran melalui seluruh jaringan BRI dan ATM bank lainnya. Sementara, E-Pay ialah sarana pembayaran belanja online dengan menggunakan internet banking BRI.

Disebutkan, pembiayaan diberikan kepada pelapak di Bukalapak dan dalam tahap awal sebesar 10% total pelapak Bukalapak atau sebanyak 200.000 pelapak. Direktur Kelembagaan Bank BRI, Sis Apik Wijayanto berharap, adanya kerja sama ini dapat memberi manfaat nasabah ke BRI.”Kita harapkan membuka layanan masyarakat untuk belanja melalui Bukalapak. Bukalapak adalah marketplace yang dikenal di Indonesia," kata dia di Jakarta, Selasa (28/11).

Lanjut Sis, kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Apalagi, jumlah nasabah Bank BRI saat ini mencapai 52 juta. Sementara, pengguna internet banking dan SMS banking tembus 16 juta nasabah.”Pengguna internet banking, SMS banking sekitar 16 juta. Ini yang bisa dimanfaatkan belanja online, baik mobile banking, SMS banking atau menggunakan debit online. Kita harapkan 52 juta siapa tahu juga melakukan pembayaran ATM BRI, agen Brilink yang tersebar luas," jelas dia.

Ke depan, dia berharap, BRI memberikan pembiayaan ke pelapak di Bukalapak.com.”Yang juga kita harapakan sama-sama bagaimana transaksi keuangan para pelapak yang saat ini 2 juta nantinya kita pembiayaan apakah dengan kami kerja sama Bukalapak," ujar dia.

CEO Bukalapak.com Achmad Zaky mengatakan, kedua belah pihak memiliki misi yang sama yakni memajukan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dia berharap, kerja sama ini dapat mendorong kinerja UMKM.”Kami memiliki misi yang sama, bagaimana kita memajukan UKM di Indonesia. Dan BRI selama ini fokus UKM. Kita perlu dorong sama-sama," jelas dia.

Dia mengatakan, UMKM merupakan motor perekonomian Indonesia. Dia bilang, 60% ekonomi Indonesia ditopang UMKM. Lalu, sekitar 90% orang Indonesia bekerja di UMKM."Kalau didorong Bukalapak bersama BRI, menurut saya, Indonesia bisa maju sekali," ujar dia.

BERITA TERKAIT

MUFG Beri Fasilitas Pembiayaan untuk Proyek Infrastruktur

  NERACA   Jakarta - Mitsubishi UFJ Financial Group, melalui entitas bank Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (MUFG) mengumumkan penandatanganan dua…

OJK Beri Apresiasi Presdir Kelola Mina Laut - Peduli Inklusi Keuangan

NERACA Jakarta – Berkat dedikasi dan komitmennya mendukung peningkatan literasi keuangan yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Presiden Direktur PT…

BRI Jalin Kerjasama dengan Bank Lampung

  NERACA   Bandar Lampung - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk kembali perkuat kerja sama dengan Bank Pembangunan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Pasar Reksadana Marak di Tahun Politik

Di tahun politik saat ini, invetasi reksadana masih menjadi pilihan utama bagi para investor pasar modal. Oleh karena itu, manajer…

BNI Rilis Convertible Bond Rp 2 Triliun

Dalam rangka perkuat modal, PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk akan mengeluarkan obligasi yang bisa dikonversi atau convertible bond guna…

BUMD dan Swasta di NTB Didorong Go Public

NERACA Mataram – Perbanyak jumlah emiten di pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) aktif melakukan roadshow dan edukasi pasar…