Cara Memperkuat Sinyal Smatphone

Mengalami kehilangan sinyal saat menggunakan Android tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Saat kehilangan sinyal, semua lalu lintas data yang terhubung akan terhambat sehingga kita akan ketinggal info-info menarik saat itu.

Cara terbaik agar sinyal Android tidak hilang secara tiba-tiba biasanya dengan aplikasi-aplikasi tertentu. Namun ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal di Android tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Sebenarnya masalah sinyal di smartphone ini sepenuhnya bergantung operator penyedia jaringan. Tapi, ada kalanya sinyal jadi lemah gara-gara perangkat kita yang bermasalah. Yuk coba cara memperkuat sinyal di smartphone kamu berikut!

1. Hapus Aplikasi Perusak Sinyal

Jangan salah, ada lho aplikasi yang bisa merusak sinyal, seperti aplikasi Android yang bisa merekam panggilan. Aplikasi ini ini akan mengganggu proses kamu melakukan panggilan suara karena bekerja bersamaan dengan sinyal yang diterima.

2. Lepas Casing Pelindung Smartphone

Cara memperkuat sinyal smartphone selanjutnya adalah dengan melepas casing. Casing pelindung berguna untuk menjaga bodi smartphone agar tidak tergores. Tapi jika salah pilih casing bisa membuat sinyal terganggu lho, seperti casing yang terbuat dari metal dan menutupi bagian antena.

Makanya saat sinyal di smartphone kamu bermasalah, coba lepas casing dulu. Jika ternyata setelah dilepas casing-nya jadi stabil lagi, jangan dipake casing-nya dan beli casing eksternal baru.

3. Masuk Airplane Mode

Berguna untuk mematikan semua fungsi jaringan di smartphone, ternyata airplane mode juga bisa digunakan untuk memperkuat sinyal di smartphone. Pasalnya dengan masuk ke airplane mode, maka kamu bisa me-refresh sinyal yang masuk.

4. Pilih Mode Jaringan yang Tepat

Jika berada di daerah yang seluruh wilayahnya terjangkau 4G LTE, ada baiknya pilih mode jaringan LTE Only. Tapi jika di daerah kamu sinyalnya tidak stabil, pilih saja jaringan 2G/3G/LTE. Tujuannya agar saat tidak ada jaringan, maka smartphone kamu akan mencari jaringan yang tersedia.

5. Matikan Smartphone

Semua cara memperkuat sinyal di atas sudah dicoba tapi sinyalnya tetap tidak stabil? Matikan smartphone kamu. Jangan dinyalakan dulu, biarkan saja mati sampai kamu berada di daerah lain yang memang jaringannya stabil. Yah, terputus sebentar dengan internet tidak akan menyebabkan kematian bukan?

BERITA TERKAIT

Cara Agar Smartphone Lebih Awet

Smartphone telah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh pengguna internet di berbagai usia. Karena dianggap sangat berharga, pengguna smartphone sedapat…

Cara Mudah Dapat Penghasilan Tambahan - Lewat Medsos

Internet telah berkembang secara pesat. Terbukti dari data Kominfo tentang pengguna internet di Indonesia yang saat ini sudah mencapai 63…

Xsight, Cara Cerdas Berbisnis di Era Digital

NERACA Jakarta - Teknologi telah mengubah proses pengambilan keputusan menjadi sangat bergantung pada hasil data dan analisa dibandingkan naluri, sehingga…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Pemerintah Daerah Diminta Bentuk Pasukan Siber - Atasi Haox

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai seluruh institusi pemerintahan daerah perlu memiliki cyber troops atau pasukan siber untuk menangkal…

Mengatasi Memori Penuh Pada Smartphone

Pastinya kamu akan kesal ketika ingin menginstal aplikasi Android atau memasukkan data ke smartphone kamu, tapi memori smartphone kamu sudah…

Intip Hasil Benchmark Oppo A83 dan F5 Youth

Berdasarkan hasil uji benchmark  Oppo A83 dan F5 Youth yang dilakukan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, mengatakan  A83 mendapatkan…