Cara Memperkuat Sinyal Smatphone

Mengalami kehilangan sinyal saat menggunakan Android tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Saat kehilangan sinyal, semua lalu lintas data yang terhubung akan terhambat sehingga kita akan ketinggal info-info menarik saat itu.

Cara terbaik agar sinyal Android tidak hilang secara tiba-tiba biasanya dengan aplikasi-aplikasi tertentu. Namun ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal di Android tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Sebenarnya masalah sinyal di smartphone ini sepenuhnya bergantung operator penyedia jaringan. Tapi, ada kalanya sinyal jadi lemah gara-gara perangkat kita yang bermasalah. Yuk coba cara memperkuat sinyal di smartphone kamu berikut!

1. Hapus Aplikasi Perusak Sinyal

Jangan salah, ada lho aplikasi yang bisa merusak sinyal, seperti aplikasi Android yang bisa merekam panggilan. Aplikasi ini ini akan mengganggu proses kamu melakukan panggilan suara karena bekerja bersamaan dengan sinyal yang diterima.

2. Lepas Casing Pelindung Smartphone

Cara memperkuat sinyal smartphone selanjutnya adalah dengan melepas casing. Casing pelindung berguna untuk menjaga bodi smartphone agar tidak tergores. Tapi jika salah pilih casing bisa membuat sinyal terganggu lho, seperti casing yang terbuat dari metal dan menutupi bagian antena.

Makanya saat sinyal di smartphone kamu bermasalah, coba lepas casing dulu. Jika ternyata setelah dilepas casing-nya jadi stabil lagi, jangan dipake casing-nya dan beli casing eksternal baru.

3. Masuk Airplane Mode

Berguna untuk mematikan semua fungsi jaringan di smartphone, ternyata airplane mode juga bisa digunakan untuk memperkuat sinyal di smartphone. Pasalnya dengan masuk ke airplane mode, maka kamu bisa me-refresh sinyal yang masuk.

4. Pilih Mode Jaringan yang Tepat

Jika berada di daerah yang seluruh wilayahnya terjangkau 4G LTE, ada baiknya pilih mode jaringan LTE Only. Tapi jika di daerah kamu sinyalnya tidak stabil, pilih saja jaringan 2G/3G/LTE. Tujuannya agar saat tidak ada jaringan, maka smartphone kamu akan mencari jaringan yang tersedia.

5. Matikan Smartphone

Semua cara memperkuat sinyal di atas sudah dicoba tapi sinyalnya tetap tidak stabil? Matikan smartphone kamu. Jangan dinyalakan dulu, biarkan saja mati sampai kamu berada di daerah lain yang memang jaringannya stabil. Yah, terputus sebentar dengan internet tidak akan menyebabkan kematian bukan?

BERITA TERKAIT

Ini Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Meski sepele, tapi bau mulut bisa berdampak pada kepercayaan diri seseorang. Selain itu, bau mulut juga bisa jadi pertanda beberapa…

ESDM Terbitkan Tata Cara Penetapan Tarif Listrik Investasi

    NERACA   Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan telah menandatangani Peraturan Menteri (Permen)…

Cara Tepat Obati Asam Urat

Selain kolesterol, asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang dianggap sebagai penyakit orang tua. Padahal sebenarnya, kolesterol tinggi dan…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

Meski sekarang smartphone Android sudah dibekali dengan spesifikasi tinggi dan RAM yang besar, tapi masih saja ada keluhan kinerja smartphone…

Honor 10 Lite Smartphone Berbasis Android Pie Resmi Dirilis

Setelah meluncurkan Honor Magic 2, vendor smartphone asal Tiongkok ini merilis Honor 10 Lite. Ini adalah smartphone berbasis Android Pie…

Oppo A7 Siap Ramaikan Pasar Smartphone Indonesia

Oppo akhirnya mengumumkan kehadiran smartphone terbarunya ke pasar Indonesia. Sesuai dengan kabar yang beredar sebelumnya, kali ini perusahaan asal Tiongkok…