Cara Memperkuat Sinyal Smatphone

Mengalami kehilangan sinyal saat menggunakan Android tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Saat kehilangan sinyal, semua lalu lintas data yang terhubung akan terhambat sehingga kita akan ketinggal info-info menarik saat itu.

Cara terbaik agar sinyal Android tidak hilang secara tiba-tiba biasanya dengan aplikasi-aplikasi tertentu. Namun ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal di Android tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Sebenarnya masalah sinyal di smartphone ini sepenuhnya bergantung operator penyedia jaringan. Tapi, ada kalanya sinyal jadi lemah gara-gara perangkat kita yang bermasalah. Yuk coba cara memperkuat sinyal di smartphone kamu berikut!

1. Hapus Aplikasi Perusak Sinyal

Jangan salah, ada lho aplikasi yang bisa merusak sinyal, seperti aplikasi Android yang bisa merekam panggilan. Aplikasi ini ini akan mengganggu proses kamu melakukan panggilan suara karena bekerja bersamaan dengan sinyal yang diterima.

2. Lepas Casing Pelindung Smartphone

Cara memperkuat sinyal smartphone selanjutnya adalah dengan melepas casing. Casing pelindung berguna untuk menjaga bodi smartphone agar tidak tergores. Tapi jika salah pilih casing bisa membuat sinyal terganggu lho, seperti casing yang terbuat dari metal dan menutupi bagian antena.

Makanya saat sinyal di smartphone kamu bermasalah, coba lepas casing dulu. Jika ternyata setelah dilepas casing-nya jadi stabil lagi, jangan dipake casing-nya dan beli casing eksternal baru.

3. Masuk Airplane Mode

Berguna untuk mematikan semua fungsi jaringan di smartphone, ternyata airplane mode juga bisa digunakan untuk memperkuat sinyal di smartphone. Pasalnya dengan masuk ke airplane mode, maka kamu bisa me-refresh sinyal yang masuk.

4. Pilih Mode Jaringan yang Tepat

Jika berada di daerah yang seluruh wilayahnya terjangkau 4G LTE, ada baiknya pilih mode jaringan LTE Only. Tapi jika di daerah kamu sinyalnya tidak stabil, pilih saja jaringan 2G/3G/LTE. Tujuannya agar saat tidak ada jaringan, maka smartphone kamu akan mencari jaringan yang tersedia.

5. Matikan Smartphone

Semua cara memperkuat sinyal di atas sudah dicoba tapi sinyalnya tetap tidak stabil? Matikan smartphone kamu. Jangan dinyalakan dulu, biarkan saja mati sampai kamu berada di daerah lain yang memang jaringannya stabil. Yah, terputus sebentar dengan internet tidak akan menyebabkan kematian bukan?

BERITA TERKAIT

Kemenkeu Sebut Pajak E-Commerce Soal Tata Cara

      NERACA   Jakarta - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara memastikan pengenaan pajak terhadap transaksi…

Cara Pemerintah Tambal Defisit BPJS Kesehatan Rp 9T

NERACA Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dikatakan mengalami defisit anggaran hingga mencapai Rp9 triliun. Hal tersebut seperti…

Kolaborasi Online Konvensional cara Amazon

    Oleh: Bhima Yudhistira Adhinegara Peneliti INDEF               Agresifitas e-commerce atau toko online memang makin menjamur. Meskipun share…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Pemerintah Targetkan Koneksi Internet Cepat Sebelum 2024

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bahwa seluruh Indonesia akan terjangkau dan terkoneksi dengan internet berkecepatan tinggi sebelum tahun…

Oppo F5 Resmi Meluncur Di Pasar Indonesia

Setelah meluncur di sejumlah negara, Oppo akhirnya resmi membawa Oppo F5 ke pasar Indonesia. "Sejak 2012 kami menghadirkan Findway dengan…

Trik Memilih Smartphone Masa Kini

Semakin berkembangnya era teknologi pada saat ini, memungkinkan kita untuk selalu update mengenai banyak hal mulai dari aplikasi, game dan…