Cara Memperkuat Sinyal Smatphone

Mengalami kehilangan sinyal saat menggunakan Android tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Saat kehilangan sinyal, semua lalu lintas data yang terhubung akan terhambat sehingga kita akan ketinggal info-info menarik saat itu.

Cara terbaik agar sinyal Android tidak hilang secara tiba-tiba biasanya dengan aplikasi-aplikasi tertentu. Namun ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal di Android tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Sebenarnya masalah sinyal di smartphone ini sepenuhnya bergantung operator penyedia jaringan. Tapi, ada kalanya sinyal jadi lemah gara-gara perangkat kita yang bermasalah. Yuk coba cara memperkuat sinyal di smartphone kamu berikut!

1. Hapus Aplikasi Perusak Sinyal

Jangan salah, ada lho aplikasi yang bisa merusak sinyal, seperti aplikasi Android yang bisa merekam panggilan. Aplikasi ini ini akan mengganggu proses kamu melakukan panggilan suara karena bekerja bersamaan dengan sinyal yang diterima.

2. Lepas Casing Pelindung Smartphone

Cara memperkuat sinyal smartphone selanjutnya adalah dengan melepas casing. Casing pelindung berguna untuk menjaga bodi smartphone agar tidak tergores. Tapi jika salah pilih casing bisa membuat sinyal terganggu lho, seperti casing yang terbuat dari metal dan menutupi bagian antena.

Makanya saat sinyal di smartphone kamu bermasalah, coba lepas casing dulu. Jika ternyata setelah dilepas casing-nya jadi stabil lagi, jangan dipake casing-nya dan beli casing eksternal baru.

3. Masuk Airplane Mode

Berguna untuk mematikan semua fungsi jaringan di smartphone, ternyata airplane mode juga bisa digunakan untuk memperkuat sinyal di smartphone. Pasalnya dengan masuk ke airplane mode, maka kamu bisa me-refresh sinyal yang masuk.

4. Pilih Mode Jaringan yang Tepat

Jika berada di daerah yang seluruh wilayahnya terjangkau 4G LTE, ada baiknya pilih mode jaringan LTE Only. Tapi jika di daerah kamu sinyalnya tidak stabil, pilih saja jaringan 2G/3G/LTE. Tujuannya agar saat tidak ada jaringan, maka smartphone kamu akan mencari jaringan yang tersedia.

5. Matikan Smartphone

Semua cara memperkuat sinyal di atas sudah dicoba tapi sinyalnya tetap tidak stabil? Matikan smartphone kamu. Jangan dinyalakan dulu, biarkan saja mati sampai kamu berada di daerah lain yang memang jaringannya stabil. Yah, terputus sebentar dengan internet tidak akan menyebabkan kematian bukan?

BERITA TERKAIT

Cara Tepat Merawat Luka Terbuka

Luka terbuka atau luka di permukaan kulit adalah hal yang sering terjadi. Hanya saja luka ini kerap dianggap sepele dan…

Cara Atasi Smartphone Lemot

Perkembangan teknologi gadget saat ini semakin marak dan selalu ada update dari waktu ke waktu. Ada banyak sekali smartphone yang…

Ubah Cara Kerja PNS

Presiden Jokowi pernah mengingatkan semua Gubernur dan Ketua DPRD jangan membuat peraturan daerah (Perda) yang menyebabkan tambah ruwet buat masyarakat,…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Tahun Ini, Samsung Bakal Hadirkan Smartphone Empat Kamera

Samsung sedang menyiapkan smartphone dengan empat kamera belakang. Menurut laporan, smartphone tersebut bukan dari keluarga seri Galaxy Note, Galaxy S,…

BlackBerry Key2 LE Resmi Diluncurkan

TCL Communications, perusahaan teknologi asal Tiongkok mengumumkan smartphone BlackBerry teranyarnya, yakni BlackBerry Key2 LE. Smartphone ini kembali mengusung keyboard Qwerty.…

Menjaga Layar Smartphone Tidak Baret

Tahukah kamu, kalau layar adalah salah satu komponen smartphone yang sensitif dan memiliki risiko kerusakan tinggi? Sebab, letaknya berada di…