Bank Banten Jalin Kerjasama dengan Tokopedia

NERACA

Serang -PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) menjalin kerja sama dengan PT Tokopedia dalam hal kemitraan strategis pada bidang layanan teknologi kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). "Kami merangkul mal online terbesar di Indonesia itu karena keunggulannya sebagai penyelenggara teknologi informasi yang mampu memberikan kemudahan bagi UMKM bertransaksi ketika berbelanja," kata Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa di Serang, akhir pekan kemarin.

Ia mengatakan di era perkembangan IT yang semakin pesat diantaranya perkembangan e-commerce, maka transaksi lebih cenderung beralih dari offline ke online, dan Tokopedia salah satu raksasa e-commerce yang memiliki anggota sekitar dua juta anggota, yang sangat tepat untuk dijadikan mitra kerja sama.

Penandatangan kerja sama yang ditandatangani oleh Dirut Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa dan Senior Business Development Tokopedia Levana Tiyasa dilakukan disela-sela peluncuran produk UMKM "Kredit Usaha Bangun Banten", yang dihadiri Direksi Bank Banten, Komisaris Utama Bank Banten Zulkarnain, Dewan Komisaris Bank Banten dan Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ranta Soeharta.

"Diluar layanan yang diberikan oleh jaringan kantor yang tersebar di seluruh wilayah Banten, Bank Banten berusaha mengembangkan kemudahan informasi layanan UMKM dengan melakukan kerja sama dengan mitra strategis yakni dengan Tokopedia, yang tentunya telah dikenal luas oleh masyarakat," kata Fahmi.

Selain Tokopedia, Bank Banten juga telah menjalin kerja sama dengan mitra strategis lainnya seperti PT Jamkrida Banten dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dalam bidang penjaminan kredit, serta PT Sadulur Tri Ardhana Telekomunikasi (Startel) dalam bidang kemudahan pembayaran angsuran kredit.

Sebelumnya Bank Banten meluncurkan Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) "Kredit Usaha Bangun Banten" dalam upaya memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Banten. Peluncuran produk Kredit Usaha Bangun Banten itu merupakan langkah awal dari salah satu strategi Bank Banten dalam mendukung pengembangan sektor UMKM khususnya dalam hal permodalan, kata Fahmi.

Ia mengatakan kredit tersebut secara khusus difokuskan di wilayah Banten, selaras dengan komitmen Bank Banten terhadap misi yaitu guna mendukung program pembangunan untuk pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat Banten, juga diharapkan dapat bersinergi dengan salah satu misi Provinsi Banten yakni meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

Ia menjelaskan Kredit Usaha bangun Banten adalah kredit usaha yang diberikan kepada pengusaha UMKM untuk membiayai kebutuhan modal kerja dan investasi dengan menyesuaikan kebutuhan dan target marketnya.

BERITA TERKAIT

BUMN Pastikan Kredit Inalum Bukan Bank BUMN - Ambil Alih Freeport

    NERACA   Jakarta - Deputi Jasa Keuangan, Survei dan Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan tidak ada perbankan…

Bank Syariah Mandiri Siapkan IPO di 2019 - Dinilai Momentum Tepat

NERACA Jakarta – Menyusul beberapa bank syariah yang sudah go public atau mencatatkan sahamnya di pasar modal lewat penawaran umum…

Pertengahan Tahun, PBB dan BPHTB Sukabumi Sudah Mencapai Rp13 Miliar lebih - Usulan Kerjasama Pembayaran Pajak Via Minimarket

Pertengahan Tahun, PBB dan BPHTB Sukabumi Sudah Mencapai Rp13 Miliar lebih Usulan Kerjasama Pembayaran Pajak Via Minimarket NERACA Sukabumi -…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Pertumbuhan Kredit Juni Double Digit

      NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan penyaluran kredit perbankan pada Juni 2018 masih di…

Literasi Keuangan Dinilai Masih Rendah

      NERACA   Jakarta - Asosiasi Teknologi Finansial atau Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) mengatakan literasi keuangan masyarakat di…

BI Sebut Ada Capital Inflow Rp6 Triliun - Bunga Acuan Naik

      NERACA   Jakarta - Modal asing masuk melalui Surat Berharga Negara sebesar Rp6 triliun setelah imbal hasil…