Kemenpu Akan Percepat Waduk Karian

Rabu, 18/01/2012

Serang- Kementerian Pekerjaan Umum akan berupaya mempercepat pembangunan Waduk Karian di Kabupaten Lebak dalam upaya mengantisipasi banjir akibat meluapnya Sungai Ciujung.

"Salah satu upaya jangka panjang mengantisipasi banjir di wilayah Banten adalah pembangunan Waduk Karian di Kabupaten Lebak. Tahun ini rencananya akan dilaksanakan tender," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak di Serang, Senin.

Ia mengatakan, selain rencana pembangunan Waduk Karian di Lebak, untuk mengantisipasi banjir akibat luapan air sungai Ciujung, pihaknya juga akan meningkatkan kapasitas atau debit air sungai Ciujung dari 1.600 m kubik perdetik menjadi 2.600 m kubik perdetik.

"Pembangunan waduk Karian pokoknya diusahakan secepatnya. Selain itu juga perlu meningkatkan kapasitas Sungai Ciujung menjadi 2.600 m kubik per detik," katanya.

Hermanto mengatakan, luapan air dari Sungai Ciujung yang menyebabkan banjir hingga ke tol Jakarta-Merak di Km 57-58, terjadi akibat debit air Sungai Ciujung melebihi kapasitas sungai. Ketika curah hujan tinggi, debit air di Sungai Ciujung mencapai 2.600 m kubik per detik. Padahal, kapasitas sungai hanya 1.800 m kubik per detik.

"Dulu sejak terjadi banjir serupa Tahun 2001, kemampuan daya tampungnya sudah ditingkatkan dari 800 m kubik perdetik menjadi 1.800 m kubik perdetik. Tentunya dengan kejadian ini harus ditingkatkan lagi menjadi 2.600 m kubik per detik," kata Hermanto Dardak usai meninjau lokasi pasca banjir di Desa Undar-andir Kecamatan Kragilan Serang, bersama Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri didampingi Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Menurutnya, banjir yang terjadi tahun 2001 akibat luapan Sungai Ciujung lebih besar dibanding yang terjadi tahun ini, karena banjir pada 2001 tidak hanya merendam jalan tol, tapi sampai ke jalan arteri. Untuk itu, pihaknya akan berupaya meningkatkan kapasitas Sungai Ciujung mengantisipasi banjir serupa, jika terjadi curah hujan tinggi.

Gubernur Banten Ratu ATut Chosiyah mengatakan, untuk mengantisipasi banjir dalam jangka panjang, Pemerintah Provinsi Banten akan segera berkordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum (Kemenpu) untuk bisa mempercepat proses pembangunan waduk Karian di Kabupaten Lebak.

"Keberadaan waduk Karian tentunya diharapkan akan mampu mengantisipasi banjir seperti ini, karena nantinya bisa menampung aliran air dari Sungai Ciujung dan Cidurian," kata Ratu Atut.

Proses pembangunan waduk Karian di Kabupaten Lebak tersebut, saat ini sedang dalam proses pembebasan lahan yang meliputi sekitar empat kecamatan di Kabupaten Lebak.

Sedangkan untuk penanganan banjir di sejumlah kecamatan di Kabupaten Pandeglang, pihaknya sedang berupaya membangun sodetan sungai Cilemer, yang rencananya bisa selesai pada tahun ini.