Toyota Indonesia Sudah Ekspor Kendaraan ke 80 Negara

Setelah tiga dekade, negara tujuan ekspor kendaraan dan komponen dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kini sudah bertambah menjadi lebih dari 80 negara. Pada 1987, tujuan ekspor TMMIN hanya meliputi lima negara, termasuk Brunei Darussalam dan negara-negara lain di Asia Pasifik.

Kini produk dari Toyota Indonesia sudah bisa diterima di lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika dan Oseania. "Yang jadi concern kami adalah bagaimana agar bisa lebih kompetitif," kata Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono dalam media gathering di Jakarta, disalin dari laman Antara.

Dalam kurun tiga dekade, total ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota mencapai lebih dari 1,1 juta unit, 833.500 unit kendaraan terurai, 1.47 juta unit mesin utuh serta lebih dari 648 juta potong komponen dengan total nilai mencapai 19 miliar dolar AS atau Rp250 triliun.

Pada paruh pertama tahun 2017, produksi kendaraan utuh di pabrik TMMIN mencapai 114.000 unit. Toyota Fortuner penduduk angka produksi tertinggi sebesar 44.000 unit, diikuti dengan Toyota Kijang Innova sebanyak 33.000 unit dan Toyota Vios sebanyak 16.000 unit.

Selain itu, Toyota Indonesia juga berusaha meningkatkan rasio komponen lokal pada hasil produksinya. Pada Etios Valco, Vios, Yaris dan Sienta jumlah komponen lokal mencapai hingga 80 persen, sementara pada segmen MPV dan SUV kandungannya mencapai 85 persen.

"Kami harapkan kandungan lokalnya bisa semakin tinggi dengan harapan industri Indonesia bisa sejajar dengan negara negara lain bisa lebih kompetitif," imbuh Yui Hastoro, Direktur Business Management & Technical.

Dibandingkan tahun lalu, performa ekspor kendaraan bermerek Toyota pada paruh pertama 2017 meningkat 18 persen menjadi 99.000 unit, tepatnya 88 persen dari total ekspor nasional kendaraan Indonesia semester satu berdasarkan data Gaikindo. Ekspor terbanyak ditempati Toyota Fortuner sebanyak 33.000 unit.

Sementara itu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap usulan penyesuaian regulasi pajak kendaraan dari segmen sedan agar setara dengan SUV (sport utility vehicle) serta MPV (multi purpose vehicle) akan meningkatkan pasar domestik sedan.

Jongkie D Sugiarto Ketua I Gaikindo mengatakan jika pasar domestik sedan meningkat, maka hal itu ikut mendorong agen pemegang merek (APM) yang memproduksi mobil MPV dan SUV di Indonesia agar merakit sedan untuk pasar domestik serta ekspor. "Tidak boleh hanya menjadi basis produksi untuk kendaraan MPV, karena permintaan ekspor masih sedan, Australia dan beberapa negara Asia misalnya," kata Jongkie.

Jongkie mengatakan Gaikindo siap menjembatani dialog antara APM dengan pemerintah agar membicarakan hal-hal yang bisa meningkatkan ekspor. "Kami mendorong dan membantu,” katanya.

BERITA TERKAIT

Standar Keamanan Produk Perluas Ekspor Mamin - Tingkatkan Daya Saing

NERACA Jakarta – Pengembangan inovasi dan penerapan standar keamanan produk mampu memacu daya saing industri makanan dan minuman (mamin) nasional…

Indonesia-Australia Jajaki Tarif BM Nol Persen - Perdagangan Bilateral

NERACA Jakarta – Indonesia dan Australia tengah menjajaki kerja sama bilateral untuk pemberlakuan tarif bea masuk nol persen (0%) terhadap…

Kemitraan Indonesia-Uni Eropa Didorong Lebih Seimbang

NERACA Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendorong perundingan dari Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa (IEU CEPA)…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Brio Satya Jadi Model Terlaris Honda Pada September 2017

Honda mencatatkan angka penjualan kendaraan sebanyak 15.112 unit sepanjang bulan September 2017. Penjualan tersebut didukung beberapa model andalan, terutama Brio…

Diskon Besar

Federasi pembuat mobil Jerman memperkirakan adanya kenaikan penjualan mobil tahun 2017 menyusul langkah cepat konsumen untuk membeli mobil baru yang…

Crown Rancangan Ulang Dipamerkan di Tokyo Motor Show

Toyota Motor Corporation (TMC) dijadwalkan akan memamerkan Crown Concept, sedan mewah Toyota yang dirancang ulang dari nol, di Tokyo Motor…