Vivo Bakal Bangun Pusat Research Di Indonesia

Perusahaan teknologi asal China Vivo juga berencana untuk membangun research and development (R&D) center di Jakarta. "Saya pikir Apple juga mendirikan R&D di Indonesia karena menurut saya kami punya opini yang sama bahwa kami mengetahui pasar Indonesia sangat penting karena menurut saya ini semua tentang Indonesia," kata Peter Wang, Brand Director PT Vivo Mobile Indonesia, seperti dikutip dari Antara.

Peter mengatakan R&D center yang akan berlokasi di Jakarta tersebut akan menjadi pusat inovasi kedelapan yang dimiliki Vivo stelah memiliki empat pusat inovasi di China, dua pusat inovasi di Amerika Serikat dan satu pusat inovasi di Korea Selatan.  "Kami pikir Indonesia seharusnya menjadi pusat dari Asia Tenggara. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat cepat. Saya pikir kami berinvestasi di Indonesia bukan semata-mata investasi, tapi kami investasi untuk masa depan, untuk waktu yang lama. Dan Industri di sini lebih matang " ujar Peter.

Langkah Vivo membangun pusat inovasi tersebut juga sebagai langkah mencapai target yang ditetapkan Vivo tahun depan untuk Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen. Saat ini, Vivo telah memenuhi syarat TKDN 30 persen yang ditetapkan oleh pemerintah. "Tahun ini TKDN kami sudah 32 persen," kata Peter.

Selain itu, Perusahaan ini pun bertekad untuk dapat menduduki posisi tiga besar smartphone di Indonesia. "Sejauh ini secara global kami nomor 5, di Indonesia saat ini kami juga nomor lima, tapi target kami hingga akhir tahun ini nomor tiga, tapi ke depannya kami ingin menjadi nomor satu," paparnya.

Pada kuartal lalu, Peter mengatakan, Vivo menjadi pemimpin pasar di China. Di India, saat ini Vivo berada di peringkat kedua, sementara di Malaysia dan Thailand Vivo berada di posisi ketiga.

Saat ditanya mengenai vendor lain, salah satunya Nokia yang dikabarkan mendapat reaksi positif dari pasar China sejak "reinkarnasi" melalui Nokia 3310 versi baru, Peter enggan berkomentar.

"Di China dulunya Samsung juga nomor satu tapi sekarang Samsung  ya seperti itu. Karena  kami tidak mau bicara tentang brand lain, tapi kami dari sebuah perusahaan kecil di China sekarang menjadi kami menjadi salah satu terbesar di China. Dan Kami membuat setiap produk kami dengan kualitas yang sangat baik, dan kami melayani pengguna kami dengan sangat baik, dan merespons pengguna kami dengan sangat cepat " ujar dia.

Untuk mencapai posisi yang ditargetkan tersebut, saat ini Vivo fokus pada brand awareness. "Saat ini memang produk kami sangat bagus, tapi di Indonesia brand kami tidak terlalu terkenal, konsumen tidak terlalu familiar dengan brand kami, jadi tahun ini kami berinvestasi untuk brand kami sangat banyak," ujar Peter.

Jadi, menurutnya mulai Mei jika Anda berpergian ke luar kota dengan pesawat, di bandara akan melihat banyak brand kita,tidak hanya satu bandara tapi banyak bandara di Indonesia. Dan harapan kami Semua kota besar di Indonesia punya service center, tidak semua brand memilikinya " .

BERITA TERKAIT

Bantu UKM Kembangkan Bisnis, Salesforce Luncurkan Pro Suite

  NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…

Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Kenalkan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia

  Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Ciptakan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia NERACA Jakarta - Minat terhadap ‘Creative…

Kolaborasi dengan Timezone - Coocaa Indonesia Bagi THR TV 86 Inch dan Ratusan Juta Rupiah

Coocaa, sebagai brand TV no. 1 di Indonesia berkolaborasi dengan Timezone Indonesia ingin berbagi kebahagiaan serta perasaan dan pengalaman yang…

BERITA LAINNYA DI Teknologi

Bantu UKM Kembangkan Bisnis, Salesforce Luncurkan Pro Suite

  NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…

Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Kenalkan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia

  Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Ciptakan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia NERACA Jakarta - Minat terhadap ‘Creative…

Kolaborasi dengan Timezone - Coocaa Indonesia Bagi THR TV 86 Inch dan Ratusan Juta Rupiah

Coocaa, sebagai brand TV no. 1 di Indonesia berkolaborasi dengan Timezone Indonesia ingin berbagi kebahagiaan serta perasaan dan pengalaman yang…