Wisata Pantai Losari, Sulawesi

Pantai Losari telah dikenal di kota Makassar dan merupakan ikon yang menjadikan kota tersebut banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Sebelum mengalami relokasi para pedagang, pantai ini terkenal dengan sebutan pantai meja terpanjang karena dari ujung ke ujung dipenuhi oleh para pedagang atau warung. Akan tetapi saat ini telah mengalami relokasi para pedagang yang tidak jauh tempatnya dari pantai tersebut.

Dari pihak pemerintah sangat memperhatikan area pantai losari dengan membangun anjungan seluas 100 ribu km persegi yang bertujuan pantai akan lebih terawat dan lebih indah, sehingga para turis yang berkunjung tidak akan kecewa karena kebersihan pantai tersebut terjaga dengan baik. Umumnya para pengunjung datang ke lokasi pantai pada sore hari sekitar jam 15.00 sampai jam 21.00 WITA. Para pengunjung tersebut dari berbagai macam, baik pengunjung lokal maupun mancanegara. Mereka memadati area dipinggir pantai Losari untuk melihat matahri tenggelam dan udara yang teduh.

Para pengunjung yang datang pun tidak akan merasa sepi karena banyak para penjual dagangan dan makanan yang menawarkan makanan khas laut yang masih sangat fresh. Selain itu, ada dibangun sebuah restauran berbentuk kafe yang melayani para turis/pengunjung untuk menikmati suasana pantai tersebut. Restauran tersebut berada di atas kapal tradisional Bugis-Makassar yaitu phinisi dengan berbagai menu dari laut. Mulai dari cumi-cumi, lobster, ikan pari dan ikan laut lainnya tersedia. Untuk harga makanan tersebut bervariasi mulai dari Rp. 7.500, hingga mencapai Rp. 25.000/porsi. Harga tersebut sangat terjangkau bukan, ditemani dengan suasana udara laut di pantai ini.

Pantai Losari berada di kota Makassar yang memiliki kuliner khasnya tersendiri, menyajikan berbagai makanan dengan citarasa daerahnya, sangat menarik perhatian para pengunjung untuk menikmatinya. Mulai dari pisang ijo, coto makassar, sop konro, pisang epek, pallu butung dan masih banyak lagi. Untuk lebih menarik minat pengunjung, pengelola pantai menyediakan hot spot untuk ber internet dengan gratis.

Lokasi

Untuk letak lokasi pantai losari tepat berada di Jantung Kota Makassar, di jalan penghibur yang berada di sebelah barat kota Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk akses ke lokasi pantai bila dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar dan dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan mobil dan motor. Bila berangkat dri Bandara Udara Hasanuddin, dapat ditempuh sekitar 45 menit dengan motor dan mobil.

Pantai Losari merupakan obyek wisata rakyat sehingga tidak dikenakan tiket masuk untuk membayarnya, atau gratis. Jadi siapapun yang ingin berkunjung ke lokasi tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Selain itu, disekitar obyek wisata pantai tersedia berbagai jenis kendaraan, mulai dari bus, taksi, becak tersedia. Mereka semua siap mengantar para pengunjung untuk pergi kemana saja yang pengunjung inginkan. Bila ingin menikmati suasana kota Makassar, disanah terdapat berbagai fasilitas mulai dari penginapan dari berbagai model dan restoran, rumah sakit, tempat ibadah yang berada di Jalan Penghibur. Selain itu, jalan somba opu, tidak jauh dari obyek wisata, terdapat sebuah tempat perbelanjaan kerajinan emas dan souvenir khas Kota Makassar.

Berbagai panorama yang cukup mempesona dan memberikan suasana yang sangat berkesan diantara para pengunjung dan udara pantai yang sangat terasa, membuat perjalanan semakin berkesan. Belum lagi berbagai macam kuliner laut dan khas daerah Makassar memberikan ke unikan tersendiri. Berada di anjungan pantai losari sambil menikmati deru ombak yang menghantam bendungan dipinggir pantai, terasa sangat mengasyikkan.

Bila Anda berkunjung ke kota Makassar jangan lupa untuk mendatangi pantai Losari, karena belum afdol bila ke Makassar tetapi tidak datang ke pantai Losari. Berbagai oleh-oleh dari lokasi pantai dapat membuat hadiah kenang-kenangan yang berarti. Suasana khas budaya Makassar pun akan membuat perjalanan libur Anda lebih, kaya dan beragam, karena dapat mengetahui dan belajar adat istiadat setempat dan kesantunan serta ketegasan dari masyarakat Makassar. Pantai Losari aksesnya mudah dijangkau karena letaknya yang bedekatan dengan kota Makassar, sehingga transportasi banyak tersedia.

Related posts