Kenyataan Seputar DBD

Neraca. Selama hampir dua abad, penyakit dengue digolongkan sejajar dengan demam, pilek, atau diare, yaitu sebagai penyesuaian diri seseorang terhadap iklim tropis. Namun sejak timbulnya wadah DBDdi Filipina pada tahun 1953-1954, yang disertai renjatan, perdarahan saluran cerna, dan berakhir dengan meninggalnya penderita, maka pandangan awam pun berubah.

Dan sejak itu, istilah haemorrhagic fever atau DB digunakan. Momok yang menempati urutan ke delapan wabah yang mengancam wilayah Asia Tenggara dan Pasifik Barat setiap tahunnya. Penyakit DB termasuk golongan penyakit Arbovirus, singkatan dari Arthropod-borne viruses, artinya virus yang ditularkan melalui gigitan binatang arthropoda sejenis nyamuk yang disebut Aedes Aegypti. Nyamuk betina menghisap darah untuk kebuhan reproduksi. Tiga hari setelah menghisap darah maka ia akan bertelur sebanyak 100 butir.

Nyamuk Aedes Aegypti diduga berasal dari benua Afrika terutama Etiopia, kemudian terbawa oleh kapal dagang ke daerah pesisir Asia Tenggara dan kemudian masuk ke dalam pedalaman. Bila nyamuk betina menghisap darah orang yang menderita DB maka virus akan masuk ke dalam tubuh nyamuk. Nah untuk mengetahui seputar kenyataan dari DBD, ada baiknya simak beberapa hasil penelitian yang terangkum, berikut datanya;

Kenyataan Seputar Nyamuk

Nyamuk itu tidak menggigit tapi mengisap Jenis nyamuk lebih dari 2500 macam Nyamuk suka menghisap darah manusia yang memakai baju warna terang daripada yang warnanya gelap Nyamuk tidak hanya mengisap darah manusia tapi juga kerbau, burung dan hewan lainnya. Nyamuk terbang di sekitar mangsa sekitar 15 detik sebelum mengisap Nyamuk jantan suka mengisap vegetarian Nafas orang bisa digunakan sebagai pendeteksi oleh nyamuk, terutama saat tidur atau olahraga Goresan di kulit akibat gigitan nyamuk merupakan reaksi alergi terhadap liur nyamuk yang disuntikkan ke tubuh kita guna mencegah pembekuan darah.

Tips Menghindari Nyamuk

Pasang gorden pintu, jendela dengan kasa penutup Pasang kelambu tempat tidur Berselimut saat tidur Gunakan zat penolak nyamuk Hindari gantung pakaian di kamar Jagalah kebersihan sanitasi lingkungan Jangan biarkan ada genangan air

Related posts