Asli Rakitan Indonesia - BMW Seri 5

BMW Indonesia terus menunjukkan eksistensinya dalam menggarap pasar premium di tanah air. Kali ini gebrakannya dengan memperkenalkan generasi seri 5 yang dirakit di Indonesia alias CKD (completely knocked down).

Ini merupakan model ketiga yang dirakit di Indonesia, setelah sebelumnya ada seri 3 dan X1. BMW menawarkan dua varian seri 5, masing-masing BMW 520i dan 528i, keduanya dibekali mesin 4 silinder berkapasitas 2.0 liter berteknologi TwinPower Turbo.

BMW mengatakan, perakitannya akan dimulai minggu ini juga, dengan pemasarannya akan mulai dilakukan di Januari 2012 mendatang. Selanjutnya, BMW seri 5 diesel akan menyusul di Februari 2012. ”Kami akan meningkatkan produksi sampai dua kali lipat mulai tahun depan, agar bisa membawa lebih banyak model-model BMW rakitan lokal,” papar Presiden Direktur BMW Indonesia, Ramesh Divyanathan.

Selain itu, BMW 520d dengan teknologi BMW Advanced Diesel akan masuk jalur produksi pada Februari 2012 dan akan menjadi model BMW bermesin diesel pertama yang dirakit secara lokal. Ketiga model rakitan lokal ini bersama varian tertingginya, BMW 535i yang akan tetap diimpor secara utuh akan menjadi lini model BMW Seri 5 yang kuat dan lengkap untuk penetrasi pasar.

”Khusus untuk Seri 5, kami menghadirkan tenaga ahli dari perakitan kami di Jerman. 15 tenaga ahli telah bekerja selama kurang lebih dua bulan memberikan pelatihan kerja dalam proses produksi dan persyaratan kualitas,” tambah Ramesh. Lebih lanjut, saat ini produksi Seri 5 mampu menghasilkan empat unit per hari untuk ketiga model yang berbeda, dengan rencana peningkatan menjadi delapan unit perhari di 2012.

Sementara itu, untuk BMW 520i dan 528i terbaru yang dirakit di Indonesia akan tersedia di showroom resmi BMW yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan mulai melakukan penjualan pada awal Januari 2012 mendatang. Sayangnya, BMW Indonesia belum mau mengungkapkan kisaran harga jual dari BMW seri 5 lokal ini. Namun pastinya, setelah dirakit di tanah air, dipastikan harga jualnya akan terkoreksi menjadi lebih terjangkau. Jadi, tunggu saja Januari 2012

BMW 6 Series Gran Coupe, Pesaing Mercedes Benz CLS

Sukses dengan meluncurkannya BMW 6 seri GT, kini mobil asal Jerman ini, meluncurkan dengan versi terbarunya yaitu BMW Gran Coupe seri 6 dengan model empat pintu yang terbilang unik.

Grand Coupe seri 6 rencananya akan masuk di pasaran Amerika pada musim panas mendatang awal tahun 2013. Sedan mewah ini pun memiliki pesaing yang kuat antara lain Mercedes Benz CLS dan Audi’s new A7 Sportback. Mobil yang di produksi BMW ini menawarkan tempat duduk untuk 4+1, porsi ini berguna untuk mengangkut penumpang tambahan yang tidak dimiliki oleh sedan coupe lainnya.

Jika kita lihat, body dari BMW Gran Coupe seri 6 ini, pada dasarnya sama dari versi 2010 dengan panjang 5.007 m (197 inchi) dan memiliki wheelbase 2.968 mm (116,8 inci), hanya 111 mm (4,4 inci) lebih panjang dari coupe biasanya. Selain itu, varian Gran Coupe juga memiliki kapasitas bagasi 460 liter. Jika kursi belakang di copt, kapasitas angkut hingga 1.265 liter.

BMW 6 seri Gran Coupe 2013 rencananya akan memproduksi dalam tiga varian, yaitu Gran Coupe 640i dengan mesin twin power turbo 6 silinder dengan kekuatan 320 hp 450 Nm. Grand Coupe 640d yang memiliki mesin diesel twin power turbo 6 silinder dengan kekuatan sebesar 313 hp 630 Nm, serta Gran Coupe 650i dengan mesin twin power V8 yang bekeuatan 450 hp 650 Nm.

Related posts