Fuel Injection Vixion Buat Balapan Pun Bisa

NERACA -Motor injeksi unggulan Yamaha, Vixion, bukan hanya dapat digunakan di jalan raya maupun medan berat. Di lintasan balap pun Vixion bisa dipacu dan itu diaplikasikan pada tiga kali periode Yamaha Riding Academy (YRA) 2011.

YRA adalah sebuah kawah candradimuka bentukan Divisi Motorsport Yamaha Indonesia untuk pembibitan, pembinaan secara berjenjang para pembalap muda Yamaha Indonesia yang ingin berprestasi di olahraga balap motor hingga level internasional.YRA sebelumnya telah digagas Yamaha Indonesia sejak tahun 2004 dalam memfasilitasi minat dan bakat pembalap muda Yamaha Indonesia di cabang road race. Dan tahun ini, YRA kembali hadir dengan format dan kurikulum baru yang mengacu kepada metode pelajaran berbasis internasional secara terstruktur dan berkesinambungan.

Yamaha terlahir dengan gen motorsport yang kental, karena itu hingga sekarang Yamaha selalu berkontribusi aktif dengan prestasi yang menjulang dalam dunia balap mulai lokal seperti motoprix, indoprix hingga internasional mulai WSBK sampai MotoGP. Atas dasar inilah, YRA dihadirkan sebagai arena pembinaan pembalap muda Yamaha untuk dididik menjadi pembalap profesional dan siap berkompetisi hingga balapan dunia.

Tahun ini, Vixion dipakai sebagai motor latihan para pembalap didikan Yamaha di YRA. Untuk pertama kalinya Vixion digunakan sejak YRA digelar di 2004. Selama tiga kali periode YRA termasuk periode ketiga yang digelar 5-8 Desember di sirkuit Kenjeran, Surabaya, keunggulan teknologi Fuel Injection (FI) Vixion turut dimanfaatkan. Sebanyak 10 Vixion digunakan di Kenjeran ditambah tiga R6.

”Vixion dipakai dalam latihan YRA untuk adaptasi pembalap pada motor berkarakter sport dan juga untuk meningkatkan skill. Khususnya di periode ketiga ini sebagai latihan untuk persiapan final Yamaha Cup Race (YCR) di Malang dan Yamaha Asean Cup Race,” jelas Manager Motorsport Yamaha Indonesia, Ari Wibisono.

Sebanyak 20 pembalap Yamaha yang merupakan hasil seleksi 10 besar terbaik dari YRA periode pertama dan kedua, ambil bagian dalam YRA periode ketiga. 10 diantaranya yang akan membalap di final YCR dan Yamaha Asean Cup Race. Dari sisi teknis, Vixion dapat digunakan untuk balap karena keunggulan teknologi FI. ”Vixion mudah diseting, tidak perlu banyak modifikasi, cukup adjust (diatur atau disetel) ECU (Electronic Control Unit) nya sehingga diperoleh power untuk jadi sebuah motor kompetisi. Tinggal diganti bagian muffler (knalpot) yang berkarakter racing (balap). Jadi tidak banyak yang diubah ketimbang motor dengan karburator,” jelas M.Abidin, Assistant General Manager Technical Support Yamaha Indonesia.

Ditambahkannya lagi, latihan dengan menggunakan Vixion memudahkan pembalap saat menunggangi motor besar Yamaha lainnya seperti R6 dan R1 karena dua motor itu juga mempunyai teknologi F1. ”Jadi, feeling buka tutup handle gas bisa didapatkan. Tipikal mesin Vixion dan motor-motor besar Yamaha lainnya yang dipakai buat balap sama. Hanya cc, bodi dan pengendalian power yang beda,” terang Abidin.

Keunggulan lain Vixion untuk balap adalah frame (rangka) yang menggunakan delta box yang banyak digunakan pada motor berkarakter balap. Selain kokoh juga sangat menunjang saat bermanuver dan stabil. Selain FI, Vixion juga memiliki teknologi forged piston dan diasil cylinder yang merupakan teknologi balap Yamaha, sehingga makin menyempurnakan keunggulannya. Dibandingkan dengan motor dengan mesin sama sekelasnya, Vixion pun lebih unggul untuk balap.

Related posts